Pemantauan Distribusi Vaksin Covid-19 Gunakan Teknologi Tinggi

Rizky Alika
29 Januari 2021, 20:36
Petugas kesehatan menyuntikan dosis kedua vaksin COVID-19 Sinovac ke seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (29/1/2021). Sebanyak 2.603 tenaga kesehatan di lingkungan RSUP Mohammad Hoes
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Petugas kesehatan menyuntikan dosis kedua vaksin COVID-19 Sinovac ke seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (29/1/2021). Sebanyak 2.603 tenaga kesehatan di lingkungan RSUP Mohammad Hoesin menerima dosis kedua vaksin.

Distribusi vaksin Covid-19 harus dipantau secara ketat agar kualitas vaksin tetap terjaga. PT Bio Farma (Persero) menggunakan dukungan teknologi untuk memastikan mutu vaksin yang dikirimkan ke berbagai provinsi.

"Bio Farma, serta grup kami, Indofarma dan Kimia Farma butuh dukungan teknologi untuk memastikan vaksin yang dikirim ke titik serah, apakah ke provinsi atau fasilitas kesehatan terakhir benar-benar memenuhi standar," kata Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/1).

Advertisement

Menurutnya, mutu vaksin yang telah sampai di daerah harus sesuai dengan standar Badan Pegawas Obat dan Makanan (BPOM). Oleh karena itu, standar mutu vaksin diawasi dengan ketat saat tahap pendistribusian.

Seiring dengan hal itu, Bio Farma telah mengembangkan sistem untuk memantau mutu vaksin yang didistribusikan ke provinsi secara real time. Selain itu, perusahaan pelat merah itu juga memiliki sistem untuk memastikan vaksin diberikan kepada orang yang tepat sasaran.

Meski begitu, pusat data untuk memantau suhu vaksin hingga ke tempat layanan kesehatan masih dikembangkan oleh Bio Farma. Seperti diketahui, vaksin Covid-19 produksi Sinovac harus disimpan dalam suhu 2-8 derajat celsius agar terjaga kualitasnya.

Sementara itu, berikut Databoks kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia: 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement