Tanihub Ekspor 14,5 ton Semangka ke Uni Emirat Arab

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 April 2021, 12:27
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kedua kiri) memperlihatkan semangka yang siap ekspor di gudang e-commerce TaniHub di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021).
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kedua kiri) memperlihatkan semangka yang siap ekspor di gudang e-commerce TaniHub di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021).

Startup TaniHub Group mengekspor 14,5 ton semangka senilai US$ 11.460 atau Rp 166,5 juta ke Uni Emirat Arab (UEA). Pelepasan ekspor di National Fulfillment Center TaniHub Cikarang Utara, Bekasi itu disaksikan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

TaniHub Group yang merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi pertanian. “Selamat untuk TaniHub Group atas ekspor perdana produk pertanian ini,” kata Lutfi melalui siaran pers, Rabu (21/4).

Produk semangka yang diekspor berasal dari petani binaan perusahaan di Lampung. TaniHub Group memperkirakan adanya potensi permintaan yang berkelanjutan dari pasar UEA mencapai 156 ton per bulan.

Selain ke UEA, TaniHub Group juga tengah menjajaki potensi ekspor semangka senilai Rp 15,31 miliar ke pasar Singapura, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

Tak hanya itu, TaniHub Group berencana mengekspor buah-buahan lain ke berbagai negara. Di antaranya, 58 ton semangka senilai Rp 667 juta, 28 ton nanas senilai Rp 504 juta, 57 ton pisang senilai Rp 826,5 juta, dan 38 ton jeruk senilai Rp 551 juta.

Lutfi menyatakan, produk domestik bruto (PDB) Indonesia harus tumbuh tiga kali lipat pada 2038. Jika tidak, Indonesia akan terperangkap dengan jebakan kelas menengah.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...