Hari Ini Pemerintah Gelar Sidang Isbat Penetapan Idulfitri

Pingit Aria
11 Mei 2021, 09:34
Calon pembeli memilih busana muslim di Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (10/5/2021). Meski masih dalam situasi pandemi, menurut pedagang di pasar tersebut penjualan busana muslim jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H mengalam
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/pras.
Calon pembeli memilih busana muslim di Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (10/5/2021). Meski masih dalam situasi pandemi, menurut pedagang di pasar tersebut penjualan busana muslim jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H mengalami peningkatan sebesar 60 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1442 H pada Selasa 11 Mei 2021 bertepatan tanggal 29 Ramadhan 1442 H. Sidang penetapan Hari Raya Idulfitri ini akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Isbat awal syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama, Selasa (11/5).

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan sidang isbat kali ini, sebagian undangan diminta hadir secara daring untuk menghindari potensi penularan virus corona. Undangan sidang isbat yang hadir secara fisik dibatasi hanya dihadiri Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi masyarakat.

Adapun pelaksanaan sidang Isbat, jadwal pelaksanaan akan terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 16.45 WIB berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Kemudian setelah Maghrib, Sidang Isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama yang diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

JALUR MUDIK ALTERNATIF JALUR SELATAN JAWA
JALUR MUDIK ALTERNATIF JALUR SELATAN JAWA (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.)

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriyah atau Idul Fitri jatuh pada Kamis 13 Mei berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...