Ratri Kartika W.
20 September 2022, 12:15

Video: Proses Pemakaman Ratu Elizabeth Telan Biaya Rp 136 Miliar

Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis, 8 September 2022 lalu tentu menarik perhatian seluruh dunia. Ia telah menduduki posisi sebagai pemimpin monarki Britania Raya selama 70 tahun.

Prosesi pemakaman Elizabeth pun digelar secara besar-besaran dan disiarkan keseluruh dunia setidaknya selama 8,5 jam. Seremoni ini diperkirakan menjadi acara kenegaraan paling mahal yang pernah digelar di Inggris. Media Inggris memperkirakan biaya penyelenggaraannya bisa melebihi 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 136,4 miliar.

Walau begitu jumlah pengeluaran sebenarnya tidak mungkin diungkapkan ke publik. Pengeluaran ini kemungkinan akan dibiayai oleh sebagian pembayar pajak dan juga tagihan yang ditanggung oleh keluarga kerajaan.

Ratu Elizabeth II dimakamkan secara privat, bersebelahan dengan mendiang suaminya Pangeran Philip yang telah meninggal lebih dulu pada 9 April 2021.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.