Panduan Lengkap Cara Download Video Instagram Terbaru

Image title
26 Oktober 2021, 15:30
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.
alexey malkin|123RF.com
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.

Pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2010,  Instagram semula hanya untuk mengunggah foto. Seiring berjalannya waktu, konten berbentuk video banyak dibagikan di platform tersebut. Tidak jarang, ada juga penggunanya yang download video dari instagram, untuk disimpan sebagai koleksi pribadi maupun untuk menciptakan konten baru.

Instagram merupakan aplikasi media sosial (medsos) terpopuler di Indonesia. Dari data yang dikeluarkan oleh Hootsuite (We are Social) pada Januri 2021, total pengguna instagram di negeri ini mencapai 85 juta jiwa. Aplikasi ini berada di peringkat ketiga di bawah Whatsapp dan Youtube.

Advertisement

Bahkan, survei We Are Social menunjukkan, Instagram menjadi platform media sosial terfavorit bagi generasi Z secara global pada April 2021. Persentasenya jauh melampaui platform media sosial lainnya, seperti Whatsapp dan Facebook.

Ada 32,9 % pengguna internet perempuan berusia 16-24 tahun yang menjadikan Instagram sebagai platform media sosial favoritnya. Sementara, pengguna internet laki-laki dengan rentang usia serupa yang menyukai Instagram mencapai 28,3 %. Data lengkapnya seperti terlihat dalam grafik berikut ini:

Instagram kerap mempembarui aplikasinya. Misalnya, ada fitur Instagram Reels yang diluncurkan Juni 2021 untuk menyaingi aplikasi Tiktok. Melansir dari laman resmi Instagram, fitur ini menyediakan tools untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik. Pengguna pun dimanjakan dengan berbagai audio dan efek yang ada pada fitur tersebut.

Banyak kalangan mulai dari artis sampai pejabat publik memanfaatkan Instagram Reels saat membuat video. Jika tertarik, Anda bisa lihat dan mengunduh video dari akun Instagram mereka. Konten-konten itu bisa dipakai sebagai referensi untuk menciptakan konten baru.

Untuk membantu Anda, Katadata.co.id menyusun beberapa cara untuk mengunduh video Instagram dengan resolusi gambar tinggi. Langkah ini sangat berguna bagi Anda yang sedang menghemat kuota internet.

Download Video dari Instagram Bisa Tanpa Aplikasi

Langkah pertama untuk mengunduh video instagram bisa dilakukan tanpa aplikasi. Anda bisa mengunjungi berbagai situs di internet yang menyediakan layanan tersebut. Cara ini terbilang praktis. Umumnya, Anda hanya perlu menyalin link tautan video dari instagram dan menaruhnya pada situs yang sudah dipilih.

Merujuk pada hasil pencarian google.com, situs video downloader ini jumlahnya sangat banyak. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan tiga situs paling populernya saja. Berikut ini daftarnya.

1. SaveForm.net

Mengutip dari laman resminya, SaveFrom.net adalah website penyedia layanan download foto dan video. Tidak hanya Instagram, berbagai konten audio visual dari medsos seperti Facebook, Twitter, dan Youtube bisa diunduh pada situs ini.

Situs ini mendukung video yang memiliki format MP4 dengan kualitas SD, HD, sampai 4K. Tidak hanya itu, SafeFrom.net bisa dipakai di berbagai browser seperti Mozila Fire Fox, Google Chrome, Opera, dan lainnya.

Untuk mulai megunduh video instagram, Anda harus melalui beberapa tahapan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi instagram dan cari video yang akan di-download.
  • Jika sudah dipilih, tahap berikutnya menyalin link URL dari video instagram tersebut.
  • Setelah itu, tenempelkan atau paste link tautan video yang sudah disalin sebelumnya.
  • Tunggu sampai thumbnail video instagram muncul.
  • Kemudian Anda bisa memilih kualitas dan resolusi dari video yang akan di-download.
  • Jika sudah, klik tombol donwload di situs SaveFrom.net.
  • Setelah menekan tombol itu, file video Instagram itu secara otomatis akan terunduh.

    2. Igram.io

Situs online yang satu ini memiliki tampilan website yang ringan. Hal ini akan memudahkan Anda saat akan mengunduh video dari instagram.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement