Panduan Lengkap Cara Download Video Instagram Terbaru

Unggahan di Instagram cukup beragam. Selain foto, banyak video yang dibagikan di aplikasi ini. Berikut ini cara download video Instagram tanpa dan pakai aplikasi.
Image title
26 Oktober 2021, 15:30
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.
alexey malkin|123RF.com
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.

Pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2010,  Instagram semula hanya untuk mengunggah foto. Seiring berjalannya waktu, konten berbentuk video banyak dibagikan di platform tersebut. Tidak jarang, ada juga penggunanya yang download video dari instagram, untuk disimpan sebagai koleksi pribadi maupun untuk menciptakan konten baru.

Instagram merupakan aplikasi media sosial (medsos) terpopuler di Indonesia. Dari data yang dikeluarkan oleh Hootsuite (We are Social) pada Januri 2021, total pengguna instagram di negeri ini mencapai 85 juta jiwa. Aplikasi ini berada di peringkat ketiga di bawah Whatsapp dan Youtube.

Bahkan, survei We Are Social menunjukkan, Instagram menjadi platform media sosial terfavorit bagi generasi Z secara global pada April 2021. Persentasenya jauh melampaui platform media sosial lainnya, seperti Whatsapp dan Facebook.

Ada 32,9 % pengguna internet perempuan berusia 16-24 tahun yang menjadikan Instagram sebagai platform media sosial favoritnya. Sementara, pengguna internet laki-laki dengan rentang usia serupa yang menyukai Instagram mencapai 28,3 %. Data lengkapnya seperti terlihat dalam grafik berikut ini:

Advertisement

Instagram kerap mempembarui aplikasinya. Misalnya, ada fitur Instagram Reels yang diluncurkan Juni 2021 untuk menyaingi aplikasi Tiktok. Melansir dari laman resmi Instagram, fitur ini menyediakan tools untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik. Pengguna pun dimanjakan dengan berbagai audio dan efek yang ada pada fitur tersebut.

Banyak kalangan mulai dari artis sampai pejabat publik memanfaatkan Instagram Reels saat membuat video. Jika tertarik, Anda bisa lihat dan mengunduh video dari akun Instagram mereka. Konten-konten itu bisa dipakai sebagai referensi untuk menciptakan konten baru.

Untuk membantu Anda, Katadata.co.id menyusun beberapa cara untuk mengunduh video Instagram dengan resolusi gambar tinggi. Langkah ini sangat berguna bagi Anda yang sedang menghemat kuota internet.

Download Video dari Instagram Bisa Tanpa Aplikasi

Langkah pertama untuk mengunduh video instagram bisa dilakukan tanpa aplikasi. Anda bisa mengunjungi berbagai situs di internet yang menyediakan layanan tersebut. Cara ini terbilang praktis. Umumnya, Anda hanya perlu menyalin link tautan video dari instagram dan menaruhnya pada situs yang sudah dipilih.

Merujuk pada hasil pencarian google.com, situs video downloader ini jumlahnya sangat banyak. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan tiga situs paling populernya saja. Berikut ini daftarnya.

1. SaveForm.net

Mengutip dari laman resminya, SaveFrom.net adalah website penyedia layanan download foto dan video. Tidak hanya Instagram, berbagai konten audio visual dari medsos seperti Facebook, Twitter, dan Youtube bisa diunduh pada situs ini.

Situs ini mendukung video yang memiliki format MP4 dengan kualitas SD, HD, sampai 4K. Tidak hanya itu, SafeFrom.net bisa dipakai di berbagai browser seperti Mozila Fire Fox, Google Chrome, Opera, dan lainnya.

Untuk mulai megunduh video instagram, Anda harus melalui beberapa tahapan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi instagram dan cari video yang akan di-download.
  • Jika sudah dipilih, tahap berikutnya menyalin link URL dari video instagram tersebut.
  • Setelah itu, tenempelkan atau paste link tautan video yang sudah disalin sebelumnya.
  • Tunggu sampai thumbnail video instagram muncul.
  • Kemudian Anda bisa memilih kualitas dan resolusi dari video yang akan di-download.
  • Jika sudah, klik tombol donwload di situs SaveFrom.net.
  • Setelah menekan tombol itu, file video Instagram itu secara otomatis akan terunduh.

    2. Igram.io

Situs online yang satu ini memiliki tampilan website yang ringan. Hal ini akan memudahkan Anda saat akan mengunduh video dari instagram.

Igram.io memiliki fitur untuk mengunduh file foto dan video di Instagram. Situs ini bisa dijangkau menggunakan semua perangkat yang terhubung ke internet.

Mengutip dari laman resminya, ada tiga tahapan yang harus Anda lalui untuk menyimpan file video Instagram melalui situs ini. Berikut cara lengkapnya:

  • Buka aplikasi atau situs Instagram.
  • Kemudian kunjungi Igram.io
  • Salin URL atau tautan video yang akan Anda download.
  • Setelah itu, masukan link tersebut pada kolom kosong yang disediakan.
  • Selanjutnya klik tombol unduh.
  • Tunggu sebentar, dan file video dari instagram itu akan langsung tersimpan di perangkat Anda.

    3. Snapinsta.app

Snapinsta.app memiliki fitur yang hampir mirip dengan situs sebelumnya. Website ini pun mendukung semua format video yang ingin Anda download dari instagram. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengulangi langkah sebelumnya.

  • Pertama buka aplikasi atau situs Instagram.
  • Salin URL atau tautan video yang akan Anda download.
  • Setelah itu, kunjungi situs Snapinsta.app.
  • Masukan link tersebut pada kolom kosong yang disediakan.
  • Selanjutnya klik tombol unduh.
  • Jika sudah, file video instagram itu akan tersimpan.

Download Video Instagram Pakai Aplikasi

Langkah selanjutnya untuk menyimpan video dari Instagram menggunakan aplikasi yang tersedia di Google PlayStore dan Apple AppStore. Dalam ulasan ini Katadata.co.id merekomendasikan tiga aplikasi dengan size file kecil dan memiliki peforma bagus bila dipasang di ponsel pintar. Berikut ini daftarnya.

1. Videolife

Aplikasi android yang satu ini memiliki rating di Google PlayStore sebesar 4,6. Jika dilihat dari deskripsinya, aplikasi tersebut memiliki ukuran cukup ringan. Yakni hanya 6 MB. Hingga saat ini, aplikasi Videolife sudah diunduh sebanyak 10 juta kali.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu memasang terlebih dahulu aplikasi Videolife di ponsel Anda. Kemudian masuk ke Instgaram dan menyalin tautan video yang ingin Anda donwload. Setelah itu, buka kembali aplikasi ini dan secara otomatis video itu akan tersimpan di ponsel Anda.

2. QuickSave For Instagram

Dari deskripsi di Google PlayStore, sekitar 10 juta pengguna sudah memasang aplikasi ini. Aplikasi QuickSave For Instagram sangat mudah digunakan. Selain tampilannya yang user friendly, aplikasi ini ukuran filenya relatif kecil. Yakni hanya 5.6 MB.

Aplikasi ini mempunyai fitur yang fungsional. Dengan rating sebesar 4,3, QuickSave For Instagram ini bekerja cepat ketika mengunduh video.

Untuk meggunakannya, QuickSave For Instagram harus diinstal. Kemudian masuk ke aplikasi ini dari ponsel. Setelah itu, Anda hanya perlu menyalin tautan video dari Instagram yang akan di download. Jika tersalin, video instagram itu akan tersimpan secara otomatis.

3. Video Downloader For Instagram

Aplikasi ini memiliki rating di Google PlayStore sebesar 4,7. Ukurannya terbilang kecil, yaitu hanya 7,9 MB. Sampai saat ini Video Downloader For Instagram telah diunduh sebanyak 10 juta kali.

Cara pemakainnya pun mudah. Jika aplikasi ini sudah terpasang di gawai, Anda hanya perlu menyalin link URL video di instagram yamg akan di download.

Setelah itu, Anda harus masuk ke aplikasi ini dan menempelkan link tersebut pada kolom yang tertera. Jika sudah, klik tombol unduh dan file video instagram yang Anda inginkan bakal tersimpan.

Begitulah ulasan tentang cara untuk mengunduh video dari instagram. Anda bisa memilih beberapa cara ada di atas.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait