25 Makanan Khas Solo, Kota Kuliner di Jawa Tengah

Kota Surakarta atau Solo punya banyak destinasi wisata. Kulinernya pun beragam. Berikut ulasan tentang makanan khas Solo.
Image title
29 Oktober 2021, 18:55
Selat Solo adalah salah satu makanan khas Solo. Kuliner ini bisa ditemui di sejumlah rumah makan di Solo
indonesia.go.id
Ilustrasi makanan khas Solo

Solo atau Surakarta, dikenal sebagai kota yang kental akan budaya dan adat istiadat Jawa. Selain itu, kota ini punya berbagai makanan khas yang sangat menggugah selera.

Kuliner khas Solo bisa dibilang cukup beragam, seperti Timlo Solo, Cabuk Rambak, Nasi Liwet Solo, dan lainnya. Tidak hanya makanan, kota yang pernah dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memiliki sejumlah jajanan menarik. Wisatawan bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kota Solo, sembari berburu kuliner unik dan tidak biasa di sana. 

Ciri dari makanan khas Solo ialah penggunaan bumbunya. Aroma khas dan rasanya yang nikmat, akan menjadi kenangan yang sulit dilupakan saat mengunjungi kota ini.

Dilansir dari buku Wisata Kuliner Makanan Khas Solo, yang ditulis Miftah Sanaji (2010), serta sumber lainnya, berikut ciri-ciri dan daftar makanan khas Solo yang patut untuk dicoba:

Ciri Khas Makanan Solo

Sejak zaman dulu, makanan menjadi salah satu komponen penting dalam aktivitas tradisi Jawa. Hal ini pun berlaku di Solo. Keberadaan keraton Surakarta yang selalu menjaga kelestarian dan menjalankan tradisinya, memiliki andil besar dalam menciptakan makanan khas Solo, dengan berbagai macam cita rasanya.

Dilansir dari buku berjudul Kuliner Surakarta: Menciptakan Rasa Penuh Nuansa, aneka makanan yang menjadi pelengkap pada adat dan tradisi Jawa terekam dengan jelas dalam naskah Serat Centhini. Selain Jawa, sejak masa penjajahan terdapat sejumlah suku seperti Cina dan Arab, yang mendiami wilayah Surakarta. Keragaman suku ini pun terhadap terjadinya akulturasi budaya, termasuk kulinernya. 

Contoh akulturasi budaya pada kuliner khas Solo terlihat dalam masakan gulai dan sate yang terpengaruh dari masakan Arab, serta timlo dan wedang dari masakan masyarakat Tionghoa. Masa pendudukan Belanda pun ikut menginspirasi lahirnya makanan Selat Solo dan Bestik Lidah.

Di kehidupan sehari-hari, seperti tersurat dalam Serat Centhini yang ditulis Paku Buwono V (1814), rutinitas konsumsi makanan masyarakat Jawa umumnya tiga kali dalam sehari, dan menyantap kudapan dua kali. Semua itu dilakukan secara bersama-sama oleh satu keluarga.

Seorang kepala keluarga biasanya akan mendapat giliran pertama untuk mengambil makanan. Kemudian dilanjutkan oleh anggota keluarga lain atau tamu yang sedang berkunjung ke rumah.

Kentalnya adat Jawa dalam kehidupan masyarakat Solo bisa terlihat dalam rutinitas makan bersama di rumah. Nilai kesopanan akan selalu dijunjung tinggi, misalnya saat makan tidak boleh ada suara atau berbicara. Selain itu, ukuran atau jumlah makanan yang diambil mengikuti nilai kepantasan. Tidak lebih atau kurang. Melainkan secukupnya saja.

Secara umum orang Solo membagi makanan dalam empat kategori. Terdiri dari makanan utama, lauk-pauk, kudapan, dan minuman. 

Rasa Makanan Khas Solo

Untuk masakan kuliner khas Solo, rata-rata makanannya punya cita rasa gurih dan agak manis. Penggunaan bumbu seperti santan kelapa, gula pasir atau gula kelapa, dan garam lah yang menciptakan rasa tersebut.

Makanan Solo dapat dijumpai di berbagai tempat seperti rumah makan, warung, restoran, dan tentunya di rumah warga Solo sendiri. Selain itu, beberapa makanan khas Solo ada yang disajikan hanya pada acara adat tertentu. Telur rebus dan ikung contohnya. Kedua makanan ini sering ada dalam beberapa kegiatan adat di Solo.

Mengingat masakan Solo didominasi oleh budaya Jawa, maka tidak heran bila terdapat beberapa kesamaan kuliner dengan daerah lain. Misal, jika di Jogjakarta ada gudeg, di Solo pun ada makanan serupa. Namanya, Gudeg Ceker yang biasa disajikan antara waktu dini dan pagi hari.

Masakan Utama Masyarakat Solo

Olahan berbahan dasar beras, singkong, dan jagung, menjadi makanan utama yang sering disantap masyarakat Solo. Saat ini Kota Solo identik dengan kuliner nasi liwetnya yang terdiri dari nasi gurih, ayam suir, telur rebus, jeroan ayam, santan kental, dan tentunya sambal jipan.

Pada zaman dulu, masyarakat Jawa pada umumnya termasuk Solo, kerap mengkonsumsi nasi berbahan dasar singkong atau jagung. Nasi ini dikenal luas dengan nama Nasi Tiwul. Makanan ini masih bisa dijumpai di daerah pedesaan.

Lauk-Pauk

Menu makanan yang disajikan dengan hidangan utama dalam masakan Solo, dan berfungsi sebagai lauk-pauk dibagi menjadi dua klasifikasi. Pertama berasal dari nabati. Kedua dari hewani.

Untuk lauk nabati dibuat dari sayuran segar, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Contohnya seperti tempe bacem, lamtoro, bayam, kenikir, dan sebagainya. Sedangkan lauk hewani terdiri dari daging hewan yang halal serta sehat dikonsumsi. Misanya dendeng ragi, gadhon, gulai, sambel goreng hati, dan masih banyak yang lainnya.

Kudapan

Kudapan atau jajanan khas Solo sering juga disebut sebagai jajanan pasar. Sebab, makanan ini bisa dijumpai di pasar tradisional. Selain disantap sehari-hari, kudapan Solo juga sering menjadi pelengkap dalam acara adat.

Kudapan khas Solo umumnya memiliki cita rasa gurih. Dibuat dari bahan dasar seperti beras, singkong, ketan, dengan campuran parutan kelapa. 

Kudapan atau jajanan khas Solo yang sering diburu dan dijadikan oleh-oleh antara lain roti Ganep dan intip goreng.

Minuman

Untuk minuman, kota Solo punya beragam menu unik. Misal seperti wedang. Kota Solo memiliki beberapa di antaranya. Paling terkenal ialah wedang kacang, wedang jahe, wedang cemoe. 

Selain wedang, Kota Solo juga berbagai varian olahan jamu tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Contohnya adalah kunir asem, beras kencur, dan kunir asem. Minuman sejenis ini dapat dijumpai di hampir semua pinggir jalan atau warung dan kedai di Solo.

Daftar Makanan Khas Solo

1. Nasi Liwet

Nasi liwet biasanya disajikan di atas daun pisang. Kota Solo identik dengan makanan yang satu ini. Makanan Khas Solo ini bisa ditemui hampir di setiap sudut kota tersebut.

2. Sambel Goreng Labu Siam

Mengunjungi Kota Solo, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi nasi liwet yang di dalamnya di sajikan pula sambel goreng labu siap. Keberadaannya bakal membuat lidah kita semakin asyik merasakan kuliner nasi liwet.

3. Tengkleng

Makanan yang berbahan dasar jeroan daging kambing ini punya rasa yang lezat. Tengkleng menjadi salah satu kuliner terkenal asal Kota Solo.

4. Krengsengan

Memiliki tampilan mirip semur daging, krengsengan bisa dijadikan sebagai salah satu menu kuliner yang disantap ketika berada di Solo. Makanan khas Solo ini dibuat dari daging kambing dan biasa disajikan dengan petis.

5. Gudeg Ceker

Solo juga punya gudeg. Namanya gudeg ceker. Kuliner ini bisa ditemui di sekitar Jalan Monginsidi, Surakarta. Konon, warung yang menjajakan menu ini sudah ada sekitar tahun 1960-an dan tidak pernah sepi pengunjung.

6. Bakmi Ketoprak

Memiliki nama yang unik, makanan khas Solo ini dibuat degan bahan seperti daging, mie basah, bihun, dan sayuran lainnya. Menu ini cocok jadi alternatif kuliner ketika berkunjung ke Solo.

7. Selat Solo

Makanan yang menginspirasi lahirnya Selat Solo adalah steak. Dulu, masyarakat Solo memodifikasi steak yang disesuaikan dengan lidah mereka.

8. Soto Daging

Soto Daging bisa jadi pilihan makanan yang patut dicoba saat berada di Solo. Tempat paling populer yang menjualnya adalah Soto Gading.

9. Tongseng

Bagi masyarakat umum, tongseng sudah jadi makanan favorit dari Solo. Sehingga tidak mengherankan, makanan tersebut masuk daftar ini.

10. Timlo

Makanan khas Solo ini punya tampilan mirip sup. Kuahnya segar dengan perpaduan bumbu yang pas, membuat makanan ini enak untuk dimakan.

11. Tahu Acar

Bisa dibilang, makanan yang satu ini mulai susah ditemui. Bahan utamanya adalah tempe dan tahu. Tahu Acar memiliki kuah yang asam dan cocok dimakan pada siang hari.

12. Sate Kere

Sate kere dibuat dengan bahan tempe gembus. Tempe gembus sendiri adalah olahan ampas kedelai, sisa produksi tahu. Makanan ini jadi pilihan menarik untuk dicoba.

13. Sate Buntal

Sate buntal merupakan salah satu menu di warung sate di Kota Solo. Makanan ini dibuat dengan potongan daging dan diselimuti lemak kambing.

14. Cabuk Rambak

Cabuk rambak mulai sulit dijumpai saat ini. Padahal kelezatannya bisa membuat orang ketagihan saat menyantapnya.

15. Sambel Tumpang

Sambel tumpang dibuat dengan bahan dasar tempe. Olahan ini sangat mudah dijumpai di warung-warung makan di Kota Solo.

16. Brambang Asem

Walau nyaris punah, makanan berbahan dasar tempe gembus ini merupakan hidangan khas Kota Solo. Sehingga kurang lengkap jika datang ke Solo tidak mencicipinya.

17. Ayam Bacem

Selain tempe bacem, di solo ada rumah makan yang menghidangkan menu ayam bacem. Makanan ini dikenal punya rasa yang nikmat.

18. Oblok-Oblok

Makanan ini bisa dijumpai di warung-warung yang menghidangkan masakan Jawa. Sehingga untuk mencicipinya tidak terlalu sulit.

19. Jangan Lombok

Makanan ini salah satu menu favorit yang cocok dengan lidah orang Jawa. Untuk mencarinya di Solo pun tergolong mudah.

20. Bubur Lemu

Bagi orang Jawa, bubur lemu bukan hidangan yang asing. Bubur lemu dibuat dari bahan seperti beras dan santan.

21. Gado-Gado

Serupa tapi tak sama, gado-gado di Solo memakai sayuran seperti wortel, buncis, dan kentang.

22. Pecel Ndeso

Pecel ndeso punya cita rasa nikmat dengan sajian sambal berwarna kehitaman. Makanan ini adalah salah satu menu dari rumah makan bernama Pecel Solo.

23. Betik Lidah

Dalam penyajiannya, kuah betik lidah dituangkan dalam jumlah banyak. Makanan ini termasuk sebagai kuliner populer di Solo.

24. Risoles Kuah

Risoles kuah dibuat dengan bahan telur dan daging. Makanan ini selalu diburu oleh masyarakat di Solo.

25. Tahu Kupat

Tahu kupat di Solo hampir serupa dengan menu lainnya di sejumlah daerah. Tahu kupat dapat ditemukan dengan mudah di setiap sudut kota Solo.

Demikian ulasan tentang makanan khas Solo. Kota ini masih memegang adat dan istiadat Jawa. Mengunjunginya bisa jadi pengalaman menarik yang sulit dilupakan.

 

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait