Revita Rita Rani
29 November 2022, 08:42

Video: PUPR Bangun Rumah Tahan Gempa Untuk Korban Gempa Cianjur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR)  akan segera membangun ulang rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat yang telah rusak berat, runtuh, atau yang harus direlokasikan. Pembangunan rumah menggunakan standar bangunan tahan gempa.

Kementerian PUPR sendiri telah mengembangkan teknologi bangunan tahan gempa sejak 2004 lalu, yang dinamai RISHA atau Rumah Instan Sederhana Sehat. Konstruksi rumah ini bak permainan lego yang dapat dibongkar pasang, menggunakan material beton bertulang sesuai standar teknis. Rumah ini diklaim tahan terhadap gempa horizontal.

Ditjen Perumahan PUPR mendata terdapat 2.272 rumah rusak dan telah diverifikasi untuk dibangun ulang.  Kementerian PUPR juga sudah mempunyai modul-modul rumah yang nantinya akan dibangun kembali. Namun demikian, Kementerian PUPR masih harus menunggu Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan tanahnya. 

Seperti apa rumah tahan gempa yang akan dibangun di Cianjur nantinya? 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.