Pendidikan Tatap Muka Berjalan, Sekolah Tetap Harus Waspada

Rezza Aji Pratama
10 September 2021, 18:11
pendidikan tatap muka, pendidikan, protokol kesehatan
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) perdana di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Labu 14 Pagi, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, (30/8/2021). Dinas Pendidikan DKI Jakarta resmi mengeluarkan petunjuk teknis sekolah tatap muka yang akan digelar mulai hari ini. Aturan petunjuk teknis itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 882 Tahun 2021 tentang teknis pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi Covid-19.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengingatkan pihak sekolah dan orang tua agar tetap waspada seiring dengan dimulainya pendidikan tatap muka di 610 lembaga pendidikan.

Taga Radja Gah, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Peserta Didik, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menegaskan pihaknya telah melakukan penilaian terhadap sekolah-sekolah yang menjalankan pembelajaran tatap muka.

Hal penting yang diperhatikan terkait dengan protokol kesehatan dan ketersediaan ruang isolasi di tiap sekolah. Jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan, Dinas Pendidikan akan langsung meniadakan pembelajaran tatap muka. 

“Manajemen risiko telah berjalan dengan baik. Pesan penting pada semua sekolah adalah menerapkan segala manajemen risiko yang telah dibentuk,” ujarnya, dalam diskusi dalam Katadata Forum Virtual Series, Jumat (10/10).

Taga menjelaskan pendidikan tatap muka digulirkan karena peserta didik mengalami kehilangan pengalaman belajar selama masa pendidikan virtual. Padahal menurutnya, anak-anak di bawah lima dan sepuluh tahun harus mendapatkan pendidikan multi reseptor melalui aktivitas langsung. 

“Pada banyak tempat, sekolah juga digunakan sebagai perbaikan gizi, salah satu contohnya pembiasaan minum susu, makan sehat, dan sebagiannya,” Taga menambahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...