Bertemu Menlu Turki, Retno Marsudi Bahas Soal Afghanistan

Rezza Aji Pratama
22 September 2021, 13:41
retno marsudi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan sambutan sebelum menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Diplomasi Ekonomi untuk mendukung BUMN Go Global di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Kerja sama ini bertujuan memperkuat diplomasi ekonomi dalam mewujudkan visi BUMN Go Global yang diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memulai kampanye Indonesia dalam Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat dengan bertemu Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Minggu (19/9).

Dalam pertemuan bilateral itu, keduanya membahas soal situasi di Afghanistan terutama kaitannya dengan isu penghormatan perempuan. Perwakilan Indonesia dan Turki juga menekankan peran penting Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sebagai penyampai pesan kepada pemerintah sementara Afghanistan. 

Selain membahas Afghanistan, Menlu Retno juha menyampaikan apresiasi atas bantuan Turki dalam proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Kabul. Peristiwa ini terjadi tak lama setelah Taliban mengambil alih pemerintahan Afghanistan. Pada 20 Agustus 2021, Turki memberikan bantuan akses masuk ke Bandara Kabul untuk mengevakuasi WNI yang ada di Afghanistan. “Jadi oleh karena itu saya sampaikan secara khusus apresiasi Indonesia,” ujar Retno dalam Keterangan resmi, Rabu (22/9).

Selama beberapa hari ke depan, Retno akan mewakili Indonesia dalam pertemuan High Level Week Sidang ke-76 Majelis Umum PBB. Pada tahun ini, agenda tersebut dilakukan secara hybrid antara virtual dan pertemuan fisik. Presiden Sidang ke-76 Majelis Umum PBB adalah Menteri Luar Negeri Maladewa Abdulla Shahid. Tema Sidang Majelis Umum PBB tahun ini adalah “Building resilience through hope - to recover from COVID19, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations”.





Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...