Menlu Retno Tekankan Prinsip Dasasila Bandung di KTT Peringatan GNB

Rezza Aji Pratama
12 Oktober 2021, 08:46
Retno marsudi
Katadata
Menlu Retno Marsudi menghadiri KTT peringatan 60 tahun Gerakan Non-Blok di Beograd.

Pemerintah Serbia mendukung langkah Indonesia menominasikan arsip Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok GNB) ke-1 di Beograd pada 1961 sebagai Memory of the World UNESCO.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dalam KTT peringatan 60 tahun GNB di Serbia pada Senin (11/10), Presiden Serbia Aleksandar Vucic berjanji akan membantu upaya Indonesia tersebut. Menteri Luar Negeri Serbia Nikola Selakovic bahkan langsung merilis surat dukungan atas prakarsa Indonesia.

“Kesempatan KTT Peringatan di Beograd ini adalah waktu yang tepat untuk mengusung nominasi tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (12/10).

Retno melanjutkan dalam KTT peringatan 60 tahun GNB di Serbia, Indonesia mendapatkan kesempatan pertama untuk berbicara. Dalam kesempatan itu, Menlu menyampaikan tantangan global saat ini saat ini lebih kompleks dengan persoalan pandemi Covid-19 dan perubahan iklim. Ia mengutip tiga prinsip dalam Dasasila Bandung yang masih relevan untuk menghadapi tantangan saat ini.

Pertama, nilai dan prinsip persamaan antar negara. Retno mencontohkan prinsip ini harus diterapkan terhadap distribusi vaksin terhadap dunia internasional. Menurutnya, akses vaksin yang tidak merata saat ini masih terjadi.

Diskriminasi dan politisasi vaksin bahkan memperlebar ketimpangan vaksin dan kesulitan untuk pulih secara bersama. Kesetaraan dan kesamaan akses terhadap vaksin menjadi ujian moral paling besar bagi kita semua. Ia pun mendorong seluruh negara anggota GNB harus menggaungkan solidaritas untuk kesetaraan akses vaksin Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...