Sudi Silalahi, Mantan Menteri Sekretaris Negara Era SBY Tutup Usia

Sudi Silalahi pernah dua kali menjabat posisi penting di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono
Image title
26 Oktober 2021, 07:23
Sudi Silalahi
Katadata

Mantan Menteri Sekretaris Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi meninggal dunia di usia 72 tahun. Ia berpulang pada Senin (25/10) malam di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Kabar ini disampaikan langsung oleh sejumlah koleganya. Yusril Ihza Mahendra, mantan Menteri Sekretaris Negara era SBY periode I, mengatakan almarhum Sudi Silalahi adalah orang yang ramah dan taat beribadah. Ia mengaku tidak pernah berjumpa dengan Sudi selama pandemi Covid-19. Ia menyebut terakhir berjumpa dengan mantan Mensesneg dan Sekretaris Kabinet itu  sekitar dua tahun lalu.

“Seperti biasa, kami ngobrol banyak hal. Saya kehilangan rekan dan sahabat yang baik yang dulu pernah bekerja bersama-sama untuk kepentingan negara,” ujarnya melalui akun Twitter miliknya @Yusrilihza_Mhd, Selasa (26/10).

Sudi Silalahi merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Lulusan Akabri 1972 ini lahir pada 13 Juli 1949. Ia dikenal dengan dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Saat SBY jadi Menko Polkam di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri, Sudi menjadi menjadi sekretaris SBY.

Sudi Silalahi juga menjabat sejumlah posisi penting di dua periode kepemimpinan SBY. Ia menjadi Sekretaris Kabinet pada periode 2004-2009 dan Mensesneg pada 2009-2014.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait