Presiden Jokowi Kritik Rivalitas di Kawasan Indo-Pasifik

Rezza Aji Pratama
28 Oktober 2021, 22:14
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-38 dan 39 secara virtual, Selasa (26/10)
Kementerian Luar Negeri
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-38 dan 39 secara virtual, Selasa (26/10)

Presiden Joko Widodo mengkritik rivalitas kawasan Indo-Pasifik sebagai mentalitas perang dingin yang tidak membawa manfaat.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengatakan dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi East Asia Summit, Presiden Jokowi mendorong seluruh pihak untuk memperkuat kerjasama konkret untuk mewujudkan kawasan yang aman, stabil, dan sejahtera. Sejumlah negara mitra juga mengkhawatirkan aliansi dan perkembangan geopolitik akan meningkatkan perlombaan senjata. 

Advertisement

“Negara mitra juga sepakat untuk menyelesaikan perselisihan di Laut Cina Selatan (LCS), Laut Cina Timur, dan Semenanjung Korea secara damai,” ujarnya, dalam konferensi pers, Kamis (28/10).

Mahendra melanjutkan, meskipun pemerintahan di regional sepakat untuk menghormati UNCLOS dan kebebasan navigasi di kasus LCS, ada perbedaan penekanan dalam konflik di wilayah itu. Ini misalnya penekanan terhadap hasil arbitrase LCS 2016 dan penekanan isu hak asasi manusia terutama di kawasan Hong Kong, Tibet, Xinjiang, dan Selat Taiwan. 

Sementara itu, dalam KTT ASEAN-Rusia, Presiden kembali menekankan kekhawatirannya soal persaingan di Indo Pasifik dan perebutan pengaruh yang semakin tajam. Tren ini akan mengarah pada perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan yang membuka peluang terjadinya proxy.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement