Capres Berlatar Belakang TNI Punya Potensi Besar di Pemilu 2024

Image title
21 Desember 2021, 14:42
capres
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Sosok calon presiden (capres) dengan latar belakang TNI dinilai punya potensi besar meraup suara maksimal dalam gelaran Pemilu 2024. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan hal ini terkait dengan banyaknya generasi milenial dan generasi Z yang merasa kecewa dengan kepemimpinan warga sipil. Dedi juga menyebut hal ini dapat dibandingkan pada pemerintahan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang disebut lebih berprestasi.

Advertisement

"Mau tidak mau Susilo Bambang Yudhoyono tentu dianggap jauh lebih berprestasi dan itu representasinya adalah militer," ujar Dedi kepada Katadata pada Selasa (21/12).

Hal ini merujuk pada hasil survei Indopol Survey and Consulting yang menunjukkan sebanyak 19,69% responden dari kaum milenial dan generasi Z menginginkan tokoh nasional yang berlatar belakang TNI untuk menjadi presiden.

Berbeda pendapat, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menilai sampai saat ini belum terlihat siapa sosok TNI yang memiliki elektabilitas tinggi. Ujang menyebut hasil survei tersebut merupakan anomali karena seharusnya ada sosok TNI yang memiliki elektabilitas tinggi jika memang publik menginginkan sosok TNI menjadi calon presiden.

Lebih lanjut, Ujang menilai figur TNI yang diinginkan oleh generasi milenial dan generasi Z tidak lepas dari kepuasan terhadap institusi tersebut. Ujang menyebut jika dibandingkan dengan institusi kepolisian publik memang cenderung menyukai TNI.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement