Soal Koalisi, PDIP: Hubungan Dengan Golkar Berjalan Baik

Image title
27 Desember 2021, 13:51
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersepeda di Kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (28/2/2021). DPP PDI Perjuangan menggelar kegiatan "Gowes Bareng PDI Perjuangan" sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersepeda di Kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan akan berkoalisi dengan partai lainnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kendati demikian, partai berlogo banteng itu belum memutuskan siapa partai yang dipilih. 

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Arif Wibowo menegaskan PDIP sudah menjalin komunikasi dan hubungan dengan partai lain. Arif memberi contoh pertemuannya dengan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia menunjukkan hubungan antara PDIP dan Golkar berjalan baik.

Arief mengakui soal pilpres memang sulit dibicarakan di internal PDIP. Pasalnya, keputusan Kongres ke-5 PDIP pada 2019 silam telah memutuskan agar para kader tidak banyak bicara soal Pilpres 2024.

"Ya kita (kader PDIP) tidak ingin balap mendahului apalagi seolah-olah menjadi pengambil keputusan dalam soal yang strategis itu," ujar Arif dalam diskusi virtual pada Senin (27/12).

Lebih lanjut, Arif mengatakan koalisi partai politik merupakan suatu keniscayaan karena terdapat beragam sudut pandang. Atas hal tersebut Arif mengatakan koalisi partai akan berbasis pada kesepemahaman dan kesepakatan tentang Indonesia di masa depan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...