Konstruksi Bendungan Ameroro di Konawe Rampung di 2023

Cahya Puteri Abdi Rabbi
31 Desember 2021, 08:52
Pemandangan Bendungan Ladongi yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Bendungan Ladongi yang berkapasitas 45,9 juta meter kubik air dengan luas sekitar 222 hektare itu untuk me
ANTARA FOTO/Jojon/tom.
Pemandangan Bendungan Ladongi yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Bendungan Ameroro untuk memperkuat suplai air irigasi dan pengendalian banjir di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bendungan yang berada di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe ini ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2023.

Advertisement

"Bendungan Ameroro sendiri mulai dikerjakan pada 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp 1,6 triliun. Saat ini progres konstruksinya mencapai 26,82%," katanya, dalam keterangan resmi, Kamis (30/12).

Basuki mengatakan, Bendungan Ameroro merupakan satu dari tiga bendungan yang disiapkan untuk mengurangi risiko banjir dan menambah suplai air irigasi di Sulawesi Selatan.

Bendungan pertama yakni Ladongi, dengan kapasitas memiliki kapasitas tampung 45,9 juta meter kubik dan luas genangan sebesar 222 hektare. Bendungan ini akan dimanfaatkan untuk mengurangi risiko banjir sebesar 176,62 meter kubik per detik dan mengairi area irigasi seluas seluas 3.604 hektare.

Kedua, Bendungan Ameroro yang memiliki kapasitas tampung 54,53 juta meter kubik dengan luas genangan 244,06 hektare. Ketiga Bendungan Pelosika yang nantinya akan membendung Sungai Konawe dan kini masih dalam tahan persiapan (review design).

Pembangunan Bendungan Ameroro dilaksanakan dalam dua paket pekerjaan, yakni Paket I oleh kontraktor PT Wijaya Karya-PT Sumber Cahaya Agung-PT Basuki Rahmanta Putra (KSO) dan Paket II PT Hutama Karya- PT Adhi Karya (KSO).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement