Incar Kans Ekspor Daging, Afsel Ajak RI Kerja Sama Sertifikasi Halal

Rezza Aji Pratama
24 September 2022, 15:55
ekspor daging
Kemendag

Pemerintah Afrika Selatan mengajak Indonesia bekerja sama di bidang sertifikasi halal guna mendorong ekspor dagingnya ke Tanah Air.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan Afrika Selatan merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia. Kedua negara sebetulnya sudah mencanangkan pertemuan Joint Trade Committee (JTC) pada 2020 silam. Namun, pertemuan ini terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19.

“Kami mendorong agar tim teknis kedua belah pihak dapat segera menjalin komunikasi dan kembali menjajaki kelanjutan pertemuan JTC,” kata Mendag, Sabtu (24/9).

Dalam pertemuan G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) di Bali pada pada 21–23 September 2022, Menteri Zulhas menemui Menteri Perdagangan dan Perindustrian Republik Afrika Selatan Ebrahim Patel. Keduanya berkomitmen untuk meningkatkan perdagangan Indonesia dan Afrika Selatan.

Dalam pertemuan itu, Zulhas meminta meminta dukungan Pemerintah Afrika Selatan agar dapat memfasilitasi rencana investasi perusahaan asal Indonesia. Usulan ini disambut baik oleh Menteri Patel. Menurutnya, Pemerintah Afrika Selatan memang sedang mendorong investasi asing masuk ke negaranya. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...