Prancis Lolos ke 16 Besar, Patahkan Kutukan Juara Piala Dunia

Rezza Aji Pratama
27 November 2022, 07:31
Prancis
Antara

Juara bertahan Prancis memastikan diri menjadi tim nasional pertama yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022, setelah menyapu bersih dua kemenangan beruntun.

Pada pertandingan Sabtu (27/11) malam, Prancis sukses menundukkan Denmark dengan skor akhir 2-1. Dua gol Prancis dicetak oleh Kylian Mbappe sedangkan Denmark membalas dengan gol Andres Christensen. Dengan kemenangan ini, Prancis kini mengumpulkan 6 poin setelah sebelumnya juga memenangkan pertandingan melawan Australia. 

Advertisement

Enam poin yang dikumpulkan Perancis membuat Les Bleus memimpin klasemen grup D. Pesaing terdekatnya, Australia, baru mengumpulkan 3 poin sedangkan Denmark dan Tunisia masing-masing baru memiliki 1 poin. 

Pada pertandingan pamungkas grup nanti, Prancis akan melawan Tunisia pada Rabu (30/11). Dengan demikian, poin milik Prancis sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh Denmark maupun Tunisia. 

Kendati datang ke Piala Dunia 2022 sebagai juara bertahan, Prancis dibayangi kutukan juara. Pasalnya, tiga juara bertahan sebelumnya yakni Italia, Spanyol, dan Jerman selalu gagal masuk babak 16 besar. Italia yang memenangkan Piala Dunia 2006 justru gagal di Piala Dunia 2010. Begitu pula dengan juara Piala Dunia 2010, Spanyol yang gagal di fase grup Piala Dunia 2014. Kala itu, Jerman keluar sebagai juara tetapi tersingkir di gelaran Piala Dunia 2018.

Hasil positif Kylian Mbappe dkk ini membuka asa Prancis untuk mempertahankan gelar juara. Dalam sejarahnya, hanya dua negara yang berhasil melakukan hal tersebut. Tim Nasional Italia pada 1934 dan 1938 serta Brasil pada Piala Dunia 1958-1962.

“Saya bangga sekali terhadap apa yang telah dilakukan pemain-pemain saya malam ini," kata  Pelatih Prancis Didier Deschamps seperti dikutip AFP.

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement