UI Jadi Kampus Terbaik Versi Webometrics, UGM Urutan Kedua

Rezza Aji Pratama
4 Februari 2023, 08:30
Bus listrik UI melaju saat uji coba di kawasan Balai Sidang Univeritas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022). Tim Universitas Indonesia (UI) bersama Mobil Anak Bangsa (MAB) membuat bus listrik dengan kapasitas 64 penumpang dan mampu menempuh jar
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Bus listrik UI melaju saat uji coba di kawasan Balai Sidang Univeritas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai kampus terbaik di Indonesia oleh lembaga pemeringkatan internasional The "Webometrics Ranking of World Universities" untuk edisi Januari 2023. 

Melansir Antara, Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan pencapaian ini diraih berkat keberhasilan universitas memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator. Pertama, visibility atau web contents impact (dengan bobot 50%). Ini merupakan jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi.

Kedua, transparency atau openness (dengan bobot 10%) yanng merupakan jumlah kutipan dari 310 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles. Ketiga, excellence atau scholar (dengan bobot 40%). Ini merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10% teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Pada edisi Januari 2023 pemeringkatan tersebut menetapkan UI berada di peringkat ke-10 se-Asia Tenggara. Adapun di level dunia, UI menempati peringkat 551 atau melesat naik sebesar 26 peringkat dari tahun lalu.

Ari mengatakan Universitas Indonesia terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat. Ia pun menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

Indikator-indikator tersebut memperhitungkan komitmen mengajar, hasil penelitian, the perceived international prestige, hubungan dengan komunitas termasuk sektor industri dan ekonomi dari universitas.

Berikut ini peringkat terbaru universitas di Indonesia versi Webometrics:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Brawijaya
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta
  6. Universitas Syiah Kuala
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  8. Telkom University / Universitas Telkom
  9. Institut Teknologi Bandung 
  10. Universitas Bina Nusantara

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...