Kumpulan Kata Mutiara Pelecut Motivasi Agar Lebih Baik

Kumpulan kata mutiara dari berbagai sumber dana tokoh bisa menjadi teman dalam menjalani hidup. Dengan menggunakan bahasa yang sederhana diharapkan kata mutiara ini dapat menjadi pelecut motivasi
Image title
16 September 2021, 12:20
Kumpulan Kata Mutiara Pelecut Motivasi Agar Lebih Baik, kumpulan kata mutiara
https://freerangestock.com/

Setiap perjalanan seseorang tidak pernah sama. Ada yang lurus, namun juga tak sedikit yang berliku. Meski demikian perjalanan tidak boleh berhenti hanya karena ada cobaan di tengah jalan. Semuanya tetap harus dilanjutkan. Bila berhenti karena kurang motivasi, Katadata.co.id menghimpun kumpulan kata mutiara dari berbagai sumber sebagai referensi dalam kegiatan harianmu. 

Kumpulan kata mutiara di bawah ini akan menjadi pelecut semangat dari hari-harimu yang butuh motivasi. Karena terkadang dengan mengingat kata mutiara yang sederhana, hari-hari kita akan penuh warna.

Bila dirimu membaca tulisan di bawah ini dan merasa terisi dan kembali berenergi, ada baiknya untuk berbagi kepada sanak handai taulan. Terutama bagi yang membutuhkan pencerahan dengan kumpulan kata mutiara yang sederhana dan penuh makna. 

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Pembangkit Motivasi

1. "Dunia ini penuh dengan orang-orang baik. Jika tidak menemukannya, jadilah salah satunya"

Dunia ini penuh dengan orang-orang baik. Namun, bila ada orang yang jahat terhadap kita, jangan pernah putus asa. Karena kebaikan akan selalu datang pada orang-orang yang tepat dan keburukan akan selalu menimpa kepada orang yang melakukan.

Tetaplah berbuat baik agar di dunia ini selalu ada orang yang penuh dengan kebaikan.

2. "Mimpi tidak berguna kecuali kamu mewujudkannya"

Bila hanya menjadi pemimpi semua orang bisa menjadikannya. Namun tidak semua bisa mewujudkan apa yang dia mimpikan. Segeralah bangun dari tempat tidurmu, angkat kaki serta tanganmu dan bergeraklah mencapai segala mimpi yang ingin kamu wujudkan.

3."Hidup membutuhkan perjuangan, karena tidak ada satu hal pun yang bisa sukses tanpa sebuah perjuangan"

Berjuanglah karena hidup di dunia ditakdirkan untuk perjuangan. Jika hidup tanpa perjuangan, maka esensi kehidupan telah hilang semuanya dan berjalan sama saja.

Tidak akan ada yang membedakan antara sang pejuang dan sang pecundang bila kita hidup tanpa perjuangan. Tuhan akan melihat ada hamba-hamba yang rela menyisihkan waktu istirahatnya untuk tetap bekerja dan yang rela mengadahkan tangannya untuk memohon. Jangan sekali-kali meremehkan arti perjuangan, karena hidup tidak akan pernah berjalan tanpa kucuran darah dan keringat.

4. "Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan"

Jika ada keraguan dalam hatimu, maka singkirkanlah sejauh-jauhnya. Kuatkan hati dan keyakinan setiap dalam perjalanan. Karena keraguan bisa menghancurkan 1.000 langkah yang telah dirancang.

Mimpi terkadang berhenti bukan karena adanya kegagalan namun akibat adanya ketakutan yang tumbuh dalam diri yang tumbuh bersemai dengan penuh rasa minder. Oleh karenanya bila ada keraguan terbersit dalam hati, berdoalah agar Tuhan memberi kekuatan, kesabaran dan keyakinan.

5. "Sukses adalah menyukai diri sendiri, menyukai apa yang kamu lakukan, dan menyukai bagaimana kamu melakukannya"

Segala sesuatu bila dilakukan dengan cinta maka akan memberikan hasil yang maksimal. Bila sesuatu tidak didasari dengan rasa suka maka hasilnya akan nampak terpaksa. Maka cintailah setiap apa yang dilakukan. Bila tidak pelajari dan kenali dahulu, karena rasa tidak suka disebabkan oleh rasa tidak tahu.

Seandainya ketika sudah berusaha mengenali namun tetap tidak bisa menyukai, maka tinggalkanlah.

6. "Sukses itu belum final, kegagalan tidaklah fatal. Semua itu adalah keberanian untuk melanjutkan yang diperhitungkan"

Kesuksesan dan kegagalan sifatnya hanya sementara, semuanya akan silih berganti dan mendapatkan bagiannya secara adil. Sehingga mereka yang sudah berusaha dan mengalami kegagalan, maka yakinlah kegagalan hanya salah satu dari bagian proses perjalanan. Begitu pula dengan keberhasilan, bila sudah di tangan jangan langsung berpuas diri. Karena masih ada banyak perjalanan lagi di depan yang harus dihadapi.

7. "Hidup ini singkat, berubahlah ketika kamu punya kesempatan. Karena suatu saat ketika kamu ingin berubah, kamu tak punya kesempatan"

Kesempatan tak pernah datang dua kali. Maka, ambillah setiap ada momen untuk perubahan menuju lebih baik. Bila momen itu tak segera diambil, penyesalanlah yang akan menghampiri. Selagi muda, kuat dan mampu melakukan banyak hal, ambillah segala kemungkinan untuk berhasil.

8. "Ketika seseorang mengatakan kamu tidak bisa melakukannya, lakukan dua kali dan ambil gambar sebagai bukti"

Perjalanan manusia dari yang tidak bisa melakukan apa-apa hingga menjadi ahli di bidangnya, merupakan akumulasi dari segala tindakan yang terus berulang. Tindakan yang terus diulangi itu akan menjadi evaluasi untuk terus mengalami perbaikan dari hari ke hari. Makanya, jangan pernah mengatakan tidak bisa, kalau belum pernah mencoba.

Setelah berhasil melakukan hal yang ditakuti sebelumnya, ambillah gambar dengan segala pencapaian yang dilakukan. Sebagai bukti bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini.

9. "Bersyukur atas keberhasilan itu sudah biasa, namun bersyukur atas kegagalan itu baru luar biasa"

Tak banyak orang yang menyadari bahwa kegagalan adalah salah satu proses penting dalam pelajaran kehidupan. Belajar dari kegagalan orang dapat menghargai bahwa berhasil perlu proses. Kesabaran yang panjang, doa yang tak pernah putus, dan konsisten terhadap niat dan cita-cita. Maka bersyukurlah bila sat berjuang harus bertemu dengan kegagalan. Bisa jadi itu adalah guru terbaik dalam kehidupan.

10. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kau benci"

Ini adalah kutipan dari ulama Islam, Imam Ghazali. Darinya dapat disimpulkan bahwa untuk menghadapi apa yang kita sukai bukanlah satu hal yang sulit. Namun saat bersabar dengan yang sedang dibenci barulah itu sebuah perjuangan. Karena menghadapi apa yang tidak disukai banyak pelajaran yang bisa diambil. Seperti pelajaran sabar, bertoleransi, dan lapang dada terhadap keadaan.

Barang siapa yang bersabar, maka Tuhan juga akan meningkatkan derajatnya.

11. "Jangan hanya bermalas-malasan, jadikan hidup kita lebih bermakna dengan bekerja"

Seseorang yang menghabiskan waktunya hanya untuk berleha-leha, masa hidupnya akan sia-sia. Rasa malas harus dilawan, karena apabila dibiarkan akan menjadi watak yang membentuk identitas dalam diri.

Banyak nasihat yang mewajibkan kita untuk terus bekerja keras. Semakin keras kita bekerja, semakin besar pula dampak yang datang kepada kita.

12. "Waktumu terbatas, jadi jangan sia-siakan untuk menjalani kehidupan orang lain"

Jangan pernah bekerja hanya untuk memuaskan hasrat orang lain. Bekerjalah karena kita suka dan bangga dengan pekerjaan kita. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan rasa bangga dapat menjadi penuntun saat ada kendala dan masalah yang datang menimpa.

Ditambah lagi hidup kita di dunia saat ini terlampau singkat bila hanya ingin sekedar mengikuti apa yang orang lain suka.

13. "Setiap orang punya jatah untuk gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda"

Setiap orang yang lahir di dunia dalam keadaan tanpa memiliki pengetahuan, sehingga wajar bila harus menghadapi kegagalan. Oleh karenanya dengan kegagalan orang akan belajar dan selalu berusaha lebih baik dan menjemput keberhasilan di masa depan.

Siapa yang berhasil menjadikan kegagalan sebagai pembelajaran, dia akan berhasil. Makanya, selagi muda habiskan jatah gagalmu.

14. "Bersiaplah dalam kesunyian dan biarkan kesuksesanmu membuat kebisingan"

Biarkanlah orang berkata apa pun, dan bungkam mereka dengan prestasi. Kita tidak bisa menuruti setiap omongan orang karena setiap kepala selalu berbeda isinya. Telinga kita juga tidak bisa mendengarkan semua ucapan, karena pemikiran kita ada batasnya.

Lebih baik menghabiskan energi yang kita miliki untuk membuat suatu kejutan besar. Lalu biarkan prestasi yang akan membungkam mulut semua orang yang sempat meragukanmu.

15. "Ke mana pun kamu pergi, lakukanlah dengan segenap hati"

Jangan pernah melakukan suatu tindakan dengan setengah hati. Karena hal itu hanya akan membuang energi. Semakin suka dengan apa yang kita lakukan, semakin besar pula nilai yang dihasilkan.

Bila kita terbiasa melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, masyarakat sekitar juga akan melihat dengan senang. Hal itu disebabkan mereka yang bekerja dengan penuh hati akan memancarkan kebahagiaan dari wajah dan pesona mereka.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait