Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui

Nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui umat muslim merupakan pondasi dalam beragama. Percaya adanya malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Berikut nama dan tugas malaikat beserta dalilnya.
Image title
17 September 2021, 12:10
Nama malaikat dan tugasnya merupakan rukun iman yang kedua, sifat malaikat, jumlah malaikat.
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/aww.
Nama malaikat dan tugasnya merupakan rukun iman yang kedua.

Nama malaikat beserta tugasnya wajib diketahui oleh umat muslim. Pasalnya, percaya kepada malaikat Allah SWT merupakan rukun iman kedua yang menjadi pilar keyakinan seorang muslim terhadap agama Islam.

Malaikat merupakan bentuk jamak dari kata malakun yang berarti pengutusan. Malaikat diciptakan dari nur (cahaya) dan tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Walau demikian, malaikat merupakan satu-satunya mahluk yang paling taat kepada Allah SWT dan senantiasa mengawasi perilaku manusia.

Aturan untuk beriman kepada nama malaikat dan tugasnya tertuang dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285:

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….” (Q.S. Al-Baqarah ayat 285). 

Allah SWT juga telah menjelaskan perihal malaikat dan sifatnya dalam Al-Quran surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya: “Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya,”.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

Dalam Islam, ada banyak jumlah malaikat dan total pastinya hanya diketahui oleh Allah SWT. Bagi seorang muslim, wajib untuk mengetahui dan mengimani 10 nama malaikat dan tugasnya, sebagai berikut:

1. Malaikat Jibril

Bertugas menyampaikan wahyu Allah SWT dan meniupkan roh ke dalam janin. Tugas tersebut termaktub dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 102.

قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: "Katakanlah, Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah)." (QS. An Nahl: 102).

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas memberi rezeki kepada mahluk hidup. Selain itu, malaikat Mikail bertugas mengatur panas, hujan, dan tanaman yang ada di bumi.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil ditugaskan untuk meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan. Dalam Al-Quran surat Az-Zumar ayat 68 disebutkan:

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ

Artinya: "Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS. Az Zumar: 68).

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa mahluk hidup. Tugas ini tertuang dalam Al-Quran surat As-Sajdah ayat 11, yang berbunyi:

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Artinya: "Katakanlah, malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan." (QS. As Sajdah: 11).

5. Malaikat Raqib

Mencatat semua amal baik manusia selama hidup.

6. Malaikat Atid

Mencatat semua amal buruk manusia semasa hidup.

Tugas malaikat Raqib dan Atid ini dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Qaf ayat 17-18.


اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْدٌ

Artinya: "(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri." (QS. Qaf: 17).

7. Malaikat Munkar

Menanyakan manusia di dalam kubur tentang keburukan-keburukan yang dilakukan semasa hidup.

8. Malaikat Nakir

Menanyai manusia di dalam kubur tentang kebaikan-kebaikan yang dilakukan semasa hidup.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Tanggung jawab ini tertuang dalam Al Quran surat Az Zukhruf ayat 77 yang berbunyi:

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ ۖ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ

Artinya: "Dan mereka berseru, "Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja." Dia menjawab, "Sungguh, kamu akantetap tinggal (di neraka ini)." (QS. Az Zukhruf: 77).

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Sifat-sifat Malaikat

Sifat-sifat malaikat sudah pernah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis, di antaranya:

  • Tercipta dari cahaya

Dalam hadis riwayat Muslim, dari Aisyah Radhiyallahu’anha, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api,” (HR. Muslim).

  • Taat kepada Allah

Dalam Al-Quran surat At-Tahrim ayat 6 Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”.

  • Bukan pria atau wanita

Malaikat diciptakan tidak memiliki jenis kelamin spesifik dan tidak pula memiliki nafsu.

  • Tidak makan dan minum

Dalam Al-Quran surat Adz-Dzariyat ayat 24-28 diceritakan, suatu hari Nabi Ibrahim pernah didatangi seorang tamu. Beliau lantas menyuguhkan tamunya itu dengan daging sapi. Namun, ketika dipersilakan, tamu tersebut menolak untuk makan. Segera Nabi Ibrahim menyadari ia adalah  seorang malaikat.

  • Bersayap

Dalam Al-Quran surat Al-Fathir ayat 1, Allah berfirman:

“Segala puji bagi Allah Pencipta Langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-nya.” (Q.S Al-Fathir ayat 1).

  • Tidak bosan dengan perintah Allah SWT

Malaikat memiliki sifat taat dan tidak pernah bosan dengan perintah Allah SWT. Hal ini tertuang dalam Al-Quran surat Al-Anbiya’ ayat 20.

“Mereka (para malaikat) selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (Q.S Al-Anbiya' ayat 20).

Jumlah Malaikat

Allah menjadikan malaikat sebagai pasukan-Nya (junudullah) dengan jumlah yang hanya diketahui Allah. Namun, dalam Al-quran dan hadis terdapat dalil yang menyebutkan jumlah malaikat, walaupun tidak dinyatakan secara pasti, seperti dalam Al-Quran surat Al Muddatsir ayat 27-30.

"Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.  (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga)." (QS. Al-Muddatsir: 27 – 30).

Dalam peristiwa isra’ mi’raj, Rasulullah SAW pernah menceritakan kejadian luar biasa yang dialami, termasuk ketika beliau menyaksikan baitul ma’mur, tempat malaikat salat.

"Kemudian ditunjukkan kepadaku baitul ma’mur. Akupun bertanya kepada Jibril, beliau menjawab, ‘Ini Baitul Ma’mur, setiap hari ada 70.000 malaikat yang salat di dalamnya. Setelah mereka keluar, mereka tidak akan kembali lagi, dan itu menjadi kesempatan terakhir baginya." (HR. Bukhari 3207, Muslim 164, Nasai 448 dan yang lainnya).

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait