Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui

Image title
17 September 2021, 12:10
Nama malaikat dan tugasnya merupakan rukun iman yang kedua, sifat malaikat, jumlah malaikat.
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/aww.
Nama malaikat dan tugasnya merupakan rukun iman yang kedua.

Nama malaikat beserta tugasnya wajib diketahui oleh umat muslim. Pasalnya, percaya kepada malaikat Allah SWT merupakan rukun iman kedua yang menjadi pilar keyakinan seorang muslim terhadap agama Islam.

Malaikat merupakan bentuk jamak dari kata malakun yang berarti pengutusan. Malaikat diciptakan dari nur (cahaya) dan tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Walau demikian, malaikat merupakan satu-satunya mahluk yang paling taat kepada Allah SWT dan senantiasa mengawasi perilaku manusia.

Aturan untuk beriman kepada nama malaikat dan tugasnya tertuang dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285:

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….” (Q.S. Al-Baqarah ayat 285). 

Allah SWT juga telah menjelaskan perihal malaikat dan sifatnya dalam Al-Quran surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya: “Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya,”.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

Dalam Islam, ada banyak jumlah malaikat dan total pastinya hanya diketahui oleh Allah SWT. Bagi seorang muslim, wajib untuk mengetahui dan mengimani 10 nama malaikat dan tugasnya, sebagai berikut:

1. Malaikat Jibril

Bertugas menyampaikan wahyu Allah SWT dan meniupkan roh ke dalam janin. Tugas tersebut termaktub dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 102.

قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: "Katakanlah, Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah)." (QS. An Nahl: 102).

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas memberi rezeki kepada mahluk hidup. Selain itu, malaikat Mikail bertugas mengatur panas, hujan, dan tanaman yang ada di bumi.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil ditugaskan untuk meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan. Dalam Al-Quran surat Az-Zumar ayat 68 disebutkan:

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ

Artinya: "Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS. Az Zumar: 68).

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa mahluk hidup. Tugas ini tertuang dalam Al-Quran surat As-Sajdah ayat 11, yang berbunyi:

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Artinya: "Katakanlah, malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan." (QS. As Sajdah: 11).

5. Malaikat Raqib

Mencatat semua amal baik manusia selama hidup.

6. Malaikat Atid

Mencatat semua amal buruk manusia semasa hidup.

Tugas malaikat Raqib dan Atid ini dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Qaf ayat 17-18.


اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْدٌ

Artinya: "(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri." (QS. Qaf: 17).

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...