8 Tips Screenshot di Laptop atau PC dengan Singkat dan Mudah

Image title
7 Oktober 2021, 10:42
8 Cara Screenshot di Laptop dengan Singkat dan Mudah
burst/pexels.com
Ilustrasi cara merekam layar laptop

Kegiatan menangkap tampilan layar atau screenshot sangat diperlukan para pengguna laptop dan komputer. Akan tetapi, tidak semua orang tahu caranya, karena tidak semudah melakukannya di layar smartphone.

Screenshot adalah gambar dari hasil tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Lazimnya, keperluan screenshot untuk bahan presentasi, atau sekadar meng-copy, dan membagikannya ke orang lain melalui media sosial atau aplikasi pesan singkat. 

Advertisement

Aneka ragam fitur screenshot sudah ada dalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi screenshot layar laptop yang tersedia di pasaran. Meskipun dalam prosesnya sangat mudah untuk dilakukan, faktanya masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara screenshot laptop atau komputer Windows.

Terbukti kata kunci "cara screenshot laptop" cukup marak di mesin pencari internet. Padahal caranya cukup mudah dan bisa langsung dipraktikkan di perangkat laptop atau PC masing-masing di rumah.

Berikut rangkuman cara screenshot laptop dan PC yang dirangkum dari situs pricebook.co.id:

1. Menekan Tombol PrintScreen untuk Screenshot Layar PC atau Laptop

Cara pertama dan sering digunakan untuk screenshot di laptop dengan satu tombol yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc atau PrtScr). Untuk lebih jelasnya, berikut langkah screenshot dengan menggunakan satu tombol.

Langkah pertama, siapkan tampilan layar yang akan di screenshot.

Langkah kedua, tekan tombol 'Prt Sc' pada keyboard. Umumnya tombol ini ada di bagian paling atas keyboard laptop, dan biasanya, posisi tombol ini ada di deretan pojok kanan atas.

Langkah ketiga, bukalah apilkasi paint yang sudah satu paket dengan perangkat Windows. Kemudian, tekan menu 'paste' atau tekan 'ctrl + v'. Alternatif lainnya, Anda juga bisa melakukan ini dengan klik kanan pada mouse atau mouse pad, lalu pilih paste.

Langkah keempat, hasil tangkapan layar akan langsung terlihat di paint, selanjutnya, Anda dapat menyimpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Anda juga dapat memilih format gambar lainnya sesuai kebutuhan, misalnya PNG.

Bila Anda tidak menemukan aplikasi Paint atau ingin mencoba menggunakan fitur lainnya, bisa juga dengan menggunakan Microsoft Word. Hasil tangkapan layar bisa langsung dilihat dengan mem-paste dan meletakkannya.

Bagi Anda para pengguna laptop atau PC juga harus memperhatikan, bahwa tidak semua laptop bisa melakukan cara screenshot di atas. Hal itu disebabkan adanya kombinasi lain seperti tombol Prt Sc dengan tombol lainnya.

2. Kombinasi Tombol 'Windows' + 'Prt SC'

Metode tangkapan layar laptop yang pertama ini sudah dilakukan mulai dari Windows XP masih berjaya. Walau sudah tidak diperbaharui lagi, cara screenshot di laptop pada Windows XP ini masih dilakukan pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10.

Cara screenshot di Windows:

  • Tekan Logo "Windows" + "Print Screen (Prt Sc)" secara bersamaan pada keyboard komputer.
  • Setelah itu layar laptop atau komputer akan berkedip sebentar, hal ini menunjukkan kalau proses screenshot sudah selesai.
  • Lalu gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

3. Menggunakan Snip & Sketch

Hanya dengan menekan tombol "Windows" + "Shift" + "S". Kemudian setelah selesai, akan muncul jendela baru, tempat layar yang ditangkap muncul.

Untuk melakukan screenshot, cukup gerakkan kursor bersimbol '+' dan letakkan pada bagian layar laptop atau komputer yang ingin disimpan. Metode ini mirip dengan ketika kita ingin memotong (crop) gambar.

Bagian layar yang terekam, akan berubah warna menjadi terang, dan setelah selesai, hasil screenshot akan muncul pada sudut kanan bawah layar laptop atau komputer.

Pilih untuk melihat hasil screenshot pada clipboard, dan mengedit gambar dengan menambahkan atau mengurangi bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon bergambar disket untuk menyimpan hasil screenshot dan memilih folder tempat menyimpannya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement