5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Wajah hingga Obat Eksim

Image title
1 November 2021, 13:32
Ilustrasi Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan
Pixabay
Ilustrasi Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Kecantikan kulit selalu berdampak lurus terhadap keindahan penampilan. Sehingga perawatan kulit kerap menjadi komoditas kebutuhan sekunder, terutama para kaum hawa. Salah satu opsi untuk perawatan kulit alami atau herbal bisa dilakukan dngan menggunakan buah kemiri yang telah diekstraksi menjadi minyak.

Mengenal Buah Kemiri

Murdjiati dan Gardjito dalam bukunya, Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia, menyatakan asal usul tanaman kemiri masih diperdebatkan. Tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru.

Secara biologis, tanaman ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.

Dalam tradisi nusantara, kemiri juga memiliki beragam nama seperti kembiri, gambiri, hambiri, kemili, kemiling uah kareh; kaminting. Ada juga yang menyebut muncang; dèrèkan, pidekan, miri; kamèrè, komèrè, mèrè; kumbè; dan pelleng dari Bugis.

Kemiri juga memiliki nama lain yang kerap digunakan dalam komunikasi antarpedagang dan antarnegara, seperti candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Adapun pohonnya biasa disebut dengan varnish tree atau kukui nut tree.

Dalam kebutuhan bumbu masak, kemiri menjadi salah satu pilihan agar masakan kaya rasa dan penuh kelezatan. Dalam proses pemanfaatannya, biji kemiri  juga digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. 

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan atau bumbu dapur saja, namun juga digunakan sebagai bahan campuran cat. Kemiri juga bisa digunakan untuk menjadi minyak. Sehingga bisa digunakan bagi tubuh di bagian luar.

Kandungan Nutrisi Minyak Kemiri

Dilansir dari Klikdokter.com, minyak kemiri memiliki manfaat terhadap produk kecantikan. Hal itu dilansir dari beberapa kandungan dan komposisi yang tersedia. antara lain:

Vitamin A, C, D, dan E. Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Kemiri juga mengandung asam lemak sehat, seperti asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6). Asam lemak ini memberikan nutrisi yang baik untuk kulit.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...