5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Wajah hingga Obat Eksim

Manfaat minyak kemiri untuk kecantikan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena harganya yang ekonomis dan lebih lramah terhadap tubuh karena terbuat dari bahan alami.
Image title
1 November 2021, 13:32
Ilustrasi Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan
Pixabay
Ilustrasi Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Kecantikan kulit selalu berdampak lurus terhadap keindahan penampilan. Sehingga perawatan kulit kerap menjadi komoditas kebutuhan sekunder, terutama para kaum hawa. Salah satu opsi untuk perawatan kulit alami atau herbal bisa dilakukan dngan menggunakan buah kemiri yang telah diekstraksi menjadi minyak.

Mengenal Buah Kemiri

Murdjiati dan Gardjito dalam bukunya, Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia, menyatakan asal usul tanaman kemiri masih diperdebatkan. Tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru.

Secara biologis, tanaman ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.

Dalam tradisi nusantara, kemiri juga memiliki beragam nama seperti kembiri, gambiri, hambiri, kemili, kemiling uah kareh; kaminting. Ada juga yang menyebut muncang; dèrèkan, pidekan, miri; kamèrè, komèrè, mèrè; kumbè; dan pelleng dari Bugis.

Advertisement

Kemiri juga memiliki nama lain yang kerap digunakan dalam komunikasi antarpedagang dan antarnegara, seperti candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Adapun pohonnya biasa disebut dengan varnish tree atau kukui nut tree.

Dalam kebutuhan bumbu masak, kemiri menjadi salah satu pilihan agar masakan kaya rasa dan penuh kelezatan. Dalam proses pemanfaatannya, biji kemiri  juga digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. 

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan atau bumbu dapur saja, namun juga digunakan sebagai bahan campuran cat. Kemiri juga bisa digunakan untuk menjadi minyak. Sehingga bisa digunakan bagi tubuh di bagian luar.

Kandungan Nutrisi Minyak Kemiri

Dilansir dari Klikdokter.com, minyak kemiri memiliki manfaat terhadap produk kecantikan. Hal itu dilansir dari beberapa kandungan dan komposisi yang tersedia. antara lain:

Vitamin A, C, D, dan E. Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Kemiri juga mengandung asam lemak sehat, seperti asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6). Asam lemak ini memberikan nutrisi yang baik untuk kulit.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Menelaah dari kandungan nutri minyak kemiri, ada beragam manfaat dan dampak yang bisa didapat bagi kulit. Mengutip Klikdokter.com, berikut manfaat minyak kemiri untuk kecantikan:

1. Menjadi Pelembap Kulit

Salah satu manfaat minyak kemiri untuk kecantikan adalah menjadi pelembap kulit. Penyebabnya adalah karena kemiri mengandung antioksidan yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Lalu, minyak ini dapat menyerap cepat ke dalam kulit dengan sempurna.

Kandungan antioksidan dan asam stearat pada minyak kemiri bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, E, dan F (omega-6) pada kemiri dapat menutrisi kulit agar tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan.

2. Menjadikan Wajah Lebih Bercahaya

Manfaat minyak kemiri untuk kecantikan untuk selanjutnya adalah membuat lebih bercahaya. Hal itu disebabkan kandungan vitamin A, C, dan E. Selain itu ada juga kandungan antioksidan yang dimiliki kemiri dapat membantu regenerasi kulit. Kondisi kulit akan menjadi lebih sehat dan bercahaya.

3. Membuat Wajah Menjadi Lebih Muda

Wajah awet muda merupakan hal yang diharapkan banyak orang. Sebagai salah satu resep minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, minyak ini kaya antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan membantu mengganti sel-sel kulit mati.

4. Mengobati Eksim dan Psoriasis

Selain untuk kecantikan wajah, minyak kemiri juga bisa digunakan bagi Anda yang memiliki keluhan kulit eksim atau menderita psoriasis. Hal ini dikarenakan sifat kemiri yang dapat melembapkan kulit dengan baik.

Minyak kemiri dapat meredakan gatal pada kondisi kulit seperti eksim. Lalu, kondisi seperti psoriasis dan rosacea juga dapat dikurangi gejalanya dengan minyak ini. Penyakit ini tentu meresahkan bagi penderitanya, dan sangat disarankan untuk digunakan dalam keseharian secara rutin. 

5. Merawat Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Minyak kemiri dapat diserap oleh lapisan kulit terdalam dan membantu perlindungan kulit dari kerusakan. Oleh karena itu, minyak ini dapat digunakan untuk menenangkan kondisi kulit yang terpapar sinar matahari dan membantu menghilangkan stretch mark.

 

Demikianlah lima manfaat minyak kemiri untuk kecantikan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Minyak herbal kemiri, selain mujarab dan juga aman karena terbuat dari bahan alami. Namun apabila ada gejala lainnya, segera dikonsultasikan dengan dokter kulit terdekat. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait