8 Manfaat Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Image title
9 November 2021, 13:32
Ilustrasi manfaat membaca Surat Maryam untuk ibu hamil
Pexels/GR Stocks
Ilustrasi manfaat membaca Surat Maryam untuk ibu hamil

Bagi Anda para ibu muslim yang sedang hamil, rutin membaca Surat Maryam di masa kehamilan banyak membarikan manfaat. Dalam budaya Jawa, surat Maryam cukup populer untuk dibaca bersama enam surat lainnya terutama saat masa tujuh bulan atau dikenal dengan mitoni dan tingkeban.

Dalam tulisan Ana Syafaratain dalam bukunya yang berjudul Agar Momonganmu Cantik dan Tampan: Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam Bagi Ibu Hamil, menyebutkan surat Maryam menggambarkan bagaimana sanga ibunda Maryam berjuang melahirkan Nabi Isa As.

Dalam kisahnya disebutkan bahwa semenjak kecil Maryam diasuh oleh pamannya Nabi Zakaria AS yang saat itu masih belum memiliki keturunan. Karenanya di awal ayat Surat Maryam tercantum doa Nabi Zakaria yang memohon diberi keturunan agar bisa menjadi penerus risalah kenabiannya kelak.

Dari sanalah banyak kisah perjuangan antara anak dan orang tua, kisa masa persalinan, hingga Maryam diusir karena dianggap hamil tanpa bapak.

Manfaat Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat membaca surat Maryam selama masa kehamilan, sebagaimana dikutip dari website HaiBunda.com:

1. Memperkuat Dinding Keimanan

Surat Maryam berisi kehendak Allah SWT yang terjadi walau pun tidak sesuai dengan hukum alam. Ini menunjukkan Allah Maha berkehendak atas segala sesuatu dan tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya.

Hal ini menjadi sebuah teladan keimanan dan doa sebagai salah satu dari keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil agar dirinya serta anak yang dikandungnya memiliki keimanan dengan membaca dan meneladani kisah tersebut.

2. Menjadi Penolong Agar Dimudahkan Dalam Proses Bersalin

Manfaat membaca Surat Maryam untuk ibu hamil yang kedua adalah agar diberikan kemudahan dalam proses persalinan. Seperti halnya Maryam yang diberikan kemudahan dalam persalinan oleh Allah SWT sewaktu melahirkan Nabi Isa. Begitu juga ibu hamil yang istiqamah membaca Surat Maryam.

3. Menumbuhkan Rasa Kejujuran Sedari Kandungan

Sebuah harapan muncul saat membaca Surat Maryam, kelak sang jabang bayi bisa menjadi generasi yang jujur. Bacaan surat Maryam juga dapat menanamkan kejujuran pada janin yang dikandung. Sebab, di dalam surat tersebut dikisahkan mengenai kejujuran dan kesalehan Siti Maryam

4. Demi Meraih Kasih Sayang Allah SWT

Kasih sayang atau rahmat Allah SWT merupakan harapan semua orang. Oleh karenanya dengan membaca Surat Maryam diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan sang buah hati yang masih dalam kandungan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...