Mengenal Terasering Panyaweuyan, Wisata Majalengka Paling Populer

Image title
15 November 2021, 14:41
Pesona Terasering Panyaweuyan yang mnejadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Majalengka
survive-giezag.org
Pesona Terasering Panyaweuyan yang mnejadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka dikenal sebagai salah satu kota wisata di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka). Memiliki bentang alam yang indah, wisata alam di Majalengka menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman, keluarga atau pasangan.

Salah satu destinasi wisata Majalengka yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Terasering Payaweuyan. Tempat ini menyuguhkan panorama alam cantik nan asri, dari gugusan bukit yang ditanami sayuran seperti daun bawang, bawang merah, selada dan lainnya.

Advertisement

Tiket masuk Terasering Panyaweuyan terbilang murah. Pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk menikmati pemandangan alam di tempat tersebut. Selain itu, udara sejuk di Terasering Panyaweuyan sangat cocok untuk mereka yang ingin mencari lokasi untuk melepas penat, dari hiruk-pikuk kesibukan di perkotaan.

Lokasi Terasering Panyaweuyan dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Nantinya, pengunjung akan melewati beberapa pemukiman warga sebelum sampai ke destinasi tersebut.

Meski disebut terasering, bukit Panyaweuyan sejatinya berbeda dengan beberpa daerah yang memiliki destinasi wisata semacam ini. Misalnya seperti terasering di Ubud, Bali. Tempat tersebut merupakan areal pesawahan yang ditanami padi. Sedangkan Terasering Panyaweuyan adalah wilayah di kaki Gunung Ciremai yang ditanami sayuran oleh penduduknya.

Seperti penjelasan di atas, warga yang tinggal di sekitar Terasering Panyaweuyan umumnya berprofesi sebagai petani. Tanahnya subur dan lokasinya berada di ketinggian, membuat tempat di area bukit ini sangat mudah ditanami sayur. Bahkan beberapa hasil bumi dari Terasering Panyaweuyan seperti daun bawang dan bawang merah sudah dikirim ke beberapa daerah.

Hal ini menjadi bukti bahwa daerah lereng perbukitan seperti Terasering Panyaweuyan, bisa menjadi lahan untuk perkebunan sayur. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Majalengka, wilayah Terasering Panyaweuyan khususnya Kecamatan Argapura, menempati urutan ke-5 sebagai daerah penghasil komoditi sayuran terbesar di Majalengka pada tahun 2020. Tercatat, produksi sayuran dari Kecamatan Argapura mencapai 26.312,90 ton.

Sebelumnya tempat ini memang hanya dijadikan sebagai perkebunan sayur. Namun semenjak viral di media sosial karena banyak fotografer profesional datang ke lokasi ini, Terasering Panyaweuyan kini menjelma sebagai ikon wisata Majalengka. Panorama alam yang cantik, ditambah lagi dengan keindahan dari Gunung Ciremai, membuat destinasi tersebut dipilih jadi tempat favorit untuk mengisi waktu liburan.

Lokasi Terasering Panyaweuyan

Wisata Majalengka didominasi oleh wisata alam. Salah satu yang paling populer adalah Terasering Panyaweuyan. Terletak di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tempat ini sangat mudah dijangkau oleh pengunjung yang mengendarai sepeda motor ataupun mobil.

Jika berangkat dari pusat kota Majalengka, waktu yang ditempuh untuk sampai ke Terasering Panyaweuyan yaitu kurang lebih 37 menit dengan jarak sekitar 19 km. Rute perjalanannya dimulai dari Alun-Alun Majalengka (Jalan Raya KH Abdul Halim/ Jalan Majalengka-Cikijing) menuju utara tepatnya ke Bundaran Cigasong. Setelah itu dilanjutkan sampai Jalan Pasukan Sindangkasih dan ke Terminal Maja. Dari terminal tersebut bisa diteruskan hingga ke Desa Sukasari Kidul, lokasi Terasering Panyaweuyan.

Sedangkan untuk wisatawan yang ingin berangkat dari Kota Cirebon, rute yang ditempuh bisa dari Terminal Harjamukti ke arah Sumber, Kabupaten Cirebon. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Rajagaluh hingga ke Alun-Alun Sukahaji. Dari tempat tersebut, wisatawan cukup mengikuti arah atau petunjuk sesuai Google Maps sampai ke lokasi Terasering Panyaweuyan.

Perlu diingat, karena lokasi Terasering Panyaweuyan berada di dataran tinggi. Sebelum berangkat alangkah baiknya pengunjung mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraannya. Sebab, rute perjalanan menuju Terasering Panyaweuyan didominasi jalur menanjak.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement