7 Wisata Curug Subang Terindah

Wisata curug Subang bisa dikunjungi saat akhir pekan. Tak hanya indah, tempat wisata di Subang ini bisa menghilangkan stres Anda.
Image title
17 November 2021, 17:50
7 Wisata Curug Subang Terindah
Instagram/@lahinikandodi
Wisata curug Subang

Destinasi wisata Subang sangat layak untuk dikunjungi selama libur akhir pekan. Beragam wahananya bisa dinikmati sembari melepas penat. Tempat wisata di Subang didominasi oleh wisata alam. Salah satu di antaranya yaitu wisata air terjun atau curug.

Wisata curug Subang akan menawarkan pengalaman liburan yang berbeda. Sebab, kebanyakan air terjun di Subang kondisinya masih sangat alami. Sehingga, bagi Anda yang ingin mencari ketenangan saat berwisata, curug di Subang jadi pilihan terbaiknya.

Merangkum beberapa informasi dari situs-situs pariwisata, berikut daftar 7 wisata curug Subang yang bisa Anda dikunjungi saat libur akhir pekan.

1. Curug Cibareubeuy

Suara gemuruh air terjun di Curug Cibareubeuy dapat menenangkan pikiran Anda. Selain itu, rindangnya pepohonan dan jernihnya air di tempat ini, bisa menyegarkan mata Anda.

Lokasinya Curug Cibareubeuy berada di Dusun Nagrak, Ciater, Subang, Jawa Barat. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menelusuri jalan setapak selama kurang lebih 40 menit. Meski melelahkan, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di Curug Cibareubeuy. Selain itu fasilitas di tempat ini cukup lengkap, Anda bisa berkunjung ke Curug Cibareubeuy dengan nyaman.

2. Curug Cileat

Curug Cileat merupakan air terjun tertinggi di Subang. Ketinggian wisata curug Subang ini mencapai 100 meter. Lokasinya berada di Kampung Cibogo, Perbatasan Desa Mayang dan Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Subang, Jawa Barat.

Untuk tiket masuk, harganya sangat murah yaitu sekitar Rp10.000.Di curug ini, Anda bisa melihat lanskap pepohonan hijau dan rindang. Selain itu terdapat beberapa air terjun lainnya yang lokasinya berdekatan dengan curug ini. Anda bisa mengunjunginya sekaligus menikmati suasana alam yang masih asri.

Mengingat letaknya berada di tengah hutan, Anda perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak selama 2 jam. Meski melelahkan, keindahan dari curug ini tidak akan mengecewakan Anda.

3. Curug Masigit

Penataan tempat wisata di Curug Masigit cukup rapih. Sehingga Anda bisa berlibur ke sini dengan nyaman. Curug Masigit tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat waktu libur akhir pekan. Biasanya masyarakat di sekitar Subang akan datang ke air terjun ini.

Lokasi Curug Masigit berada di Desa Wisata Pasanggrahan, Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Daya tarik utama air terjun ini yaitu kondisi air jernih, udara sejuk, dan lebatnya pepohonan di sekitar area curug tersebut.

Anda bisa mengajak beberapa teman untuk berlibur ke Curug Masigit. Selain biayanya murah, curug ini menympan cerita menarik. Konon, nama Masigit memiliki arti “masjid”. Nama ini diambil karena pada zaman dulu, ada seseorang yang sering melaksanakan salat di atas curug.

4. Curug Ciangin

Baru dibuka untuk umum sejak 23 Desember 2015, Curug Ciangin sudah menarik perhatian para wisatawan domestik hingga luar daerah. Lokasi Curug Ciangin berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagrammable.

Untuk menikmati keindahan alam dan segarnya berenang di Curug Ciangin, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000. Selain fasilitas penunjangnya yang lengkap, akases jalan ke curug ini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua.

5. Curug Pongang

Pada waktu tertentu, air di Curug Pongang akan terlihat kebiruan. Anda bisa mengunjungi surga tersembunyi di Subang ini dan berenang di sana.

Lokasi Curug Pongang berada di perbatasan Subang dan Purwakarta. Jika Anda ingin pergi berlibur ke tempat ini, Anda harus menelusuri sawah dan perkebunan milik warga.

Kesegaran air di Curug Pongang bisa Anda rasakan dengan berendam dan berenang di kolamnya. Tempat ini masih sepi pengunjung, Anda dapat menenangkan pikiran sambil menikmati udara sejuk di air terjun.

6. Curug Goa Badak dan Wisata Alam Capolaga

Masih berada di kawasan wisata alam Capolaga, Curug Goa Badak bisa jadi tempat wisata di Subang yang patut Anda kunjungi.

Curug Goa Badak memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Kondisinya masih alami dan airnya sangat jernih. Di air terjun ini terdapat kolam dangkal, yang bisa Anda manfaatkan untuk berenang.

Selain itu, di dekat Curug Goa Badak terdapat Curug Cimuja. Curug Cimuja terbentuk dari aliran Sungai Cimuja dan beberapa sungai yang melingkari kawasan ini. Di tempat ini, Anda bisa melihat keindahan dari air terjun tersebut.

Dari cerita masyarakat sekitar, konon Curug Muja sering dipakai sebagai tempat untuk melakukan pemujaan. Sehingga, ada kemungkinan nama Cimuja berasal dari kata “Pemujaan”. Di area wisata alam Capolaga, setidaknya terdapat empat curug yang bisa Anda jelajahi. 

Daya tarik utama dari wisata alam Capolaga adalah keberadaan aliran sungai dan air terjun Cimuja. Selain itu, Anda bisa berkemah di kawasan wisata ini. Tike masuk wisata alam Capolaga pada hari biasa sekitar Rp15.000. Sedangkan pada akhir pekan harganya Rp. 17.000. Anda bisa mengajak teman-teman untuk berkemah di tempat ini. 

7. Curug Kaliangkak

Memiliki ketinggian sekitar 5 meter, Curug Kaliangkak merupakan salah satu “surga tersembunyi” di Kabupaten Subang. Sebab kecantikan dan eksotisnya panorama alam di sini, belum banyak diketaui wisatawan. Anda bisa memilih air terjun ini sebagai destinasi pelepas penat dan stres.

Selain suasana alamnya yang asri, kondisi kolam air di bawah air terjun ini sangat jernih dan berwarna kebiruan. Sehingga Anda akan merasakan ketenangan yang merelaksasi pikiran Anda.

Daftar wisata curug Subang di atas, bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Meski pergi berlibur, diusahakan agar Anda tetap menjaga protokol kesehatan serta jangan lupa divaksin, sehingga terhindar dari penularan virus corona.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait