5 Rekomendasi Wisata Pantai di Karawang, Murah, Terjangkau dan Bersih

Image title
18 November 2021, 09:48
Wisata Pantai di Karawang
Instagram/@iqbalfajarullah
Wisata Pantai di Karawang

Sejumlah tempat wisata di Karawang sangat menarik untuk diekplorasi, terutama wisata alamnya. Selain curug atau air terjun, Karawang memiliki beberapa wisata pantai yang indah, serta jarang diketahui wisatan luar daerah.

Wisata pantai di Karawang dapat menjadi pilihan alternatif saat berlibur di kota ini. Letaknya yang berada di pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, menjadikan Karawang sebagai salah satu daerah dengan potensi wisata bahari yang besar.

Sebagian besar wilayah pantai di Karawang banyak ditanami pohon mangrove. Habitat alami dari ikan glodok ini, menjadi daya tarik lain untuk memikat para pelancong untuk datang.

Meskipun tidak sebagus pantai di Bali dan Lombok, pesona dan pemandangan laut pantura di Karawang masih cukup bagus. Misalnya, pengunjung dapat melihat dengan jelas cantiknya langit jingga pada saat matahari terbenam (sunset) di pantai-pantai Karawang.

Jika Anda masih bingung pantai mana yang patut dikunjungi, rekomendasi daftar wisata pantai di Karawang berikut ini bisa jadi pilihan terbaiknya. Keindahan pantai-pantai tersebut dapat dijelajahi dan diabadikan dengan kamera ponsel Anda.

Sebelum membahas rekomendasi daftar wisata pantai di Karawang, ada baiknya Anda memahami karakteristik pesisir pantura terlebih dahulu. Hal ini penting agar Anda tidak berkespektasi terlalu tinggi terhadap wisata pantai di Karawang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini.

Karakteristik Pantai Utara Karawang

Berdasarkan data pada tahun 2008 yang dipublikasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, garis pantai utara di provinsi ini membentang dari Kabupaten Bekasi sampai Kabupaten Cirebon. Panjangnya mencapai 354,2 km. Sedangkan untuk panjang garis pantai Karawang sekitar 57 km. Sementara itu, letak pesisir utara berhadapan dengan perairan dangkal laut Jawa, dengan kondisi pantai umumnya landai, kemiring antara 0,06% di wilayah Teluk Cirebon hingga 0,4% di kawasan Ujung Karawang.

Rata-rata, pantai di utara pulau Jawa seperti Karawang memiliki pasir berwarna hitam agak kecoklatan. Dengan begitu, bisa dipastikan Anda tidak bisa menemukan pantai berpasir putih di pantura.

Meskipun tak berpasir putih, pantai di Karawang dan wilayah pantura lainnya, tetap memiliki keunikannya sendiri. Sebab, wisata pantai tidak melulu tentang pasir putih. Hal-hal pendukung lain semisal keramahan masyarakat sekitar dan lezatnya kuliner seafood, menjadi nilai tambah lebih bagi pantai di pesisir utara Jawa.

Di objek wisata Karawang, Anda bisa berkeliling melihat pemandangan laut pantura yang luas. Kemudian, Anda bisa menikmati semilir angin pantai sembari menyantap hidangan kuliner olahan laut khas Karawang.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftar 5 rekomendasi wisata pantai di Karawang yang nyaman dan bersih.

Daftar Wisata Pantai di Karawang

1. Pantai Samudera Baru

Di urutan pertama daftar objek wisata Karawangan khususnya pantai, adalah Pantai Samudera Baru. Lokasinya berada Jalan Sungai Buntu, Kecamatan Sungaibuntu, Kabupaten Karawang. Pasir pantainya juga cukup bersih, sehingga Anda bisa bersantai di tempat ini dengan nyaman.

Daya tarik dan keunikan utama Pantai Samudera Baru adalah pemandangan laut Jawa yang luas. Tekstur pasirnya pun sangat lembut, Anda bisa melepas alas kaki dan berjalan-jalan di tepi pantai untuk merasakannya.

Hembusan angin dan suara ombak yang cukup tenang di Pantai Samudera Baru, dapat membuat Anda betah berlama-lama di lokasi wisata ini. Selain itu, cobalah ajak teman dan keluarga untuk berwisata ke pantai ini.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...