5 Rekomendasi Wisata Pantai di Karawang, Murah, Terjangkau dan Bersih

Wisata pantai di Karawang bisa Anda kunjungi saat libur akhir pekan. Meski tidak berpasir putih, pemandangan di objek wisata Karawang ini tetap indah dan cantik.
Image title
18 November 2021, 09:48
Wisata Pantai di Karawang
Instagram/@iqbalfajarullah
Wisata Pantai di Karawang

Sejumlah tempat wisata di Karawang sangat menarik untuk diekplorasi, terutama wisata alamnya. Selain curug atau air terjun, Karawang memiliki beberapa wisata pantai yang indah, serta jarang diketahui wisatan luar daerah.

Wisata pantai di Karawang dapat menjadi pilihan alternatif saat berlibur di kota ini. Letaknya yang berada di pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, menjadikan Karawang sebagai salah satu daerah dengan potensi wisata bahari yang besar.

Sebagian besar wilayah pantai di Karawang banyak ditanami pohon mangrove. Habitat alami dari ikan glodok ini, menjadi daya tarik lain untuk memikat para pelancong untuk datang.

Meskipun tidak sebagus pantai di Bali dan Lombok, pesona dan pemandangan laut pantura di Karawang masih cukup bagus. Misalnya, pengunjung dapat melihat dengan jelas cantiknya langit jingga pada saat matahari terbenam (sunset) di pantai-pantai Karawang.

Jika Anda masih bingung pantai mana yang patut dikunjungi, rekomendasi daftar wisata pantai di Karawang berikut ini bisa jadi pilihan terbaiknya. Keindahan pantai-pantai tersebut dapat dijelajahi dan diabadikan dengan kamera ponsel Anda.

Sebelum membahas rekomendasi daftar wisata pantai di Karawang, ada baiknya Anda memahami karakteristik pesisir pantura terlebih dahulu. Hal ini penting agar Anda tidak berkespektasi terlalu tinggi terhadap wisata pantai di Karawang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini.

Karakteristik Pantai Utara Karawang

Berdasarkan data pada tahun 2008 yang dipublikasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, garis pantai utara di provinsi ini membentang dari Kabupaten Bekasi sampai Kabupaten Cirebon. Panjangnya mencapai 354,2 km. Sedangkan untuk panjang garis pantai Karawang sekitar 57 km. Sementara itu, letak pesisir utara berhadapan dengan perairan dangkal laut Jawa, dengan kondisi pantai umumnya landai, kemiring antara 0,06% di wilayah Teluk Cirebon hingga 0,4% di kawasan Ujung Karawang.

Rata-rata, pantai di utara pulau Jawa seperti Karawang memiliki pasir berwarna hitam agak kecoklatan. Dengan begitu, bisa dipastikan Anda tidak bisa menemukan pantai berpasir putih di pantura.

Meskipun tak berpasir putih, pantai di Karawang dan wilayah pantura lainnya, tetap memiliki keunikannya sendiri. Sebab, wisata pantai tidak melulu tentang pasir putih. Hal-hal pendukung lain semisal keramahan masyarakat sekitar dan lezatnya kuliner seafood, menjadi nilai tambah lebih bagi pantai di pesisir utara Jawa.

Di objek wisata Karawang, Anda bisa berkeliling melihat pemandangan laut pantura yang luas. Kemudian, Anda bisa menikmati semilir angin pantai sembari menyantap hidangan kuliner olahan laut khas Karawang.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftar 5 rekomendasi wisata pantai di Karawang yang nyaman dan bersih.

Daftar Wisata Pantai di Karawang

1. Pantai Samudera Baru

Di urutan pertama daftar objek wisata Karawangan khususnya pantai, adalah Pantai Samudera Baru. Lokasinya berada Jalan Sungai Buntu, Kecamatan Sungaibuntu, Kabupaten Karawang. Pasir pantainya juga cukup bersih, sehingga Anda bisa bersantai di tempat ini dengan nyaman.

Daya tarik dan keunikan utama Pantai Samudera Baru adalah pemandangan laut Jawa yang luas. Tekstur pasirnya pun sangat lembut, Anda bisa melepas alas kaki dan berjalan-jalan di tepi pantai untuk merasakannya.

Hembusan angin dan suara ombak yang cukup tenang di Pantai Samudera Baru, dapat membuat Anda betah berlama-lama di lokasi wisata ini. Selain itu, cobalah ajak teman dan keluarga untuk berwisata ke pantai ini.

2. Pantai Pondok Bali

Ombak di Pantai Pondok Bali tidak terlalu besar, sehingga aman jika Anda ingin berenang di pantai ini. Pemandangan di area pantai ini cukup inda. Bila matahari terbenam, Anda dapat menyaksikan kecantikan langit oranye di pantai tersebut.

Di beberapa sudut Pantai Pondok Bali sudah disediakan gazebo dan ada sejumlah warung milik warga setempat. Anda bisa memanfaatkannya untuk berlindung dari teriknya cahaya matahari.

Waktu yang paling pas untuk datang ke Pantai Pondok Bali yaitu mulai pukul 15.00-17.00 WIB. Sebab, cuacanya cukup teduh dan Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan nyaman.

Lokasi Pantai Pondok Bali berada di  Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Karawang. Untuk tiketnya, harganya sekitar Rp 15.000 per orang.

3. Pantai Ciparage

Pantai Ciparage ini merupakan objek wisata Karawang yang sangat unik. Berbeda dari pantai pada umumnya, di sini terdapat sebuah sungai yang aliran airnya langsung bermuara di laut Pantai Ciparage.

Lingkungan di Pantai Ciparage masih terawat dan juga bersih. Anda bisa berlibur ke pantai ini dengan nyaman. Bisa dibilang, Pantai Ciparage merupakan surga tersembunyi di wisata Karawang.

Pantai Ciparage berlokasi di Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

4. Pantai Sedari

Objek wisata Karawang termurah dan bisa Anda kunjungi, salah satunya yakni Pantai Sedari. Berlokasi di Desa Sedari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, harga tiket masuk di pantai tersebut hanya sebesar Rp7.500 per orang.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Sedari cukup lengkap. Terdapat warung, tempat ibadah, dan kamar bilas. Jika tertarik memancing di tengah laut, Anda dapat menyewa perahu nelayan setempat.

Pasir Pantai Sedari memang berwarna hitam, namun kondisinya cukup bersih ketimbang pantai-pantai lain di pantura. Lokasi ini sangat cocok untuk melepas penat Anda.

5. Pantai Wisata Mangrove

Saat berkunjung ke Karawang, Anda tidak boleh melewatkan berwisata ke hutan Mangrove di dekat Pantai Sedari. Lokasinya berada di Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Untuk harga tiketnya relatif murah. Cukup membayar Rp7.500 per orang, Anda bisa menjelajahi kawasan hutan mangrove di tempat ini.

Selain berperan mencegah terjadinya abrasi, hutan mangrove di Karawang sudah menjadi eksosistem bagi hewan laut dan mikroorganisme kecil. Umumnya burung-burang laut seperti burung dara laut atau Chlidonias leucopterus dan jenis burung kuntul, akan membangun sarang sekaligus berkembang biak di kawasan ini.

Kawanan burung laut yang hilir-mudik di atas langit itu, bisa difoto dengan kamera ponsel Anda. Mengunjungi kawasan hutan mangrove di Karawang, bisa menjadi pengalaman berharga untuk Anda.

Demikian ulasan tentang rekomendasi wisata pantai di Karawang. Meski tidak berpasir putih, pantai-pantai dari daftar di atas tetap menarik untuk di kunjungi. Anda bisa pergi beribur dengan biaya yang sangat murah. Selain itu, sensasi meminum buah kelapa di tepi pantai sembari mendengar suara ombak, akan membuat pikiran Anda tenang dan rileks.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait