6 Wisata Pantai Pacitan Terindah, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Image title
18 November 2021, 11:40
6 Wisata Pantai Pacitan Terindah, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan
pringkuku.pacitankab.go.id
Pesona pantai Srau di Pacitan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi sejumlah pantai cantik nan eksotis yang berada di ujung Pulau Sumatera hingga Papua. Di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur, terdapat satu daerah dengan deretan pantai indahnya. Kota ini adalah Kabupaten Pacitan. Meskipun pantainya begitu menawan, keelokan wisata pantai Pacitan belum banyak dijamah oleh wisatawan mancanegara.

Wisata pacitan seperti pantai-pantainya bisa menarik minat dari wisatawan lokal di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Melansir Pacitankab.go.id, pada tahun 2019 Pacitan mendapat Rp 13,059 miliar dari sektor wisatanya. Nilai ini lebih tinggi dari target Rp 12,5 miliar.

Sarana media sosial seperti Instagram bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan pantai eksotis di Pacitan. Pantai berpasir putihnya begitu pas dengan minat anak muda millennial sekarang, yang hobi berburu spot foto selfie instagrammable.

Wisata Pacitan, termasuk beragam pantai cantik di dalamnya, tidak hanya bisa dikunjungi oleh pasangan yang tengah kasmaran. Pengunjung yang ingin mengajak berlibur keluarganya, dapat memilih wisata pantai pacitan. Destinasi ini tidak kalah menawan dibanding pantai di Bali ataupun Lombok.

Untuk mengetahui wisata pantai Pacitan yang paling indah, simak ulasannya berikut ini.

6 Wisata Pantai Pacitan Terindah

Kabupaten Pacitan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur. Secara geografis, wilayah Pacitan hampir 85% adalah perbukitan. Termasuk Pegunungan Seribu yang membentang di bagian selatan Pulau Jawa. Sementara sisanya adalah dataran rendah.

Melihat letak geografisnya, berada selatan Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Umumnya pantai-pantai bagian selatan pulau Jawa, memiliki keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Selain birunya air laut, rata-rata pasir pantai khususnya wisata Pacitan, berwarna putih.

Menghabiskan waktu liburan di wisata pantai Pacitan, wisatawan dapat menyaksikan panorama alam pantai eksotis seperti di Bali. Merangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi wisata pantai terindah di Pacitan.

1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo (djkn.kemenkeu.go.id)

Bagi wisatawan yang mencari destinasi unik dan menarik, cobalah datang ke Pantai Banyu Tibo di Pacitan. Dinamakan demikian, karena di pantai tersebut terdapat air terjun yang menghadap langsung ke laut lepas. Unik bukan? Pemandangan seperti ini sangat jarang ditemui di pantai manapun di Indonesia. Dengan begitu, pengunjung dapat merasakan suasana liburan di air terjun serta pantai cantik sekaligus.

Lokasi Pantai Banyu Tibo berada Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kondisi pasirnya begitu bersih dan berwarna putih. Lanskap alamnya pun sangat keren. Anak muda milenial akan betah berlama-lama di pantai ini.

Jangan lupakan juga tebing karang yang berada di sekitar Pantai Banyu Tibo. Panorama seperti ini menjadi nilai tambah bagi pantai tersebut.

Jika ingin berburu dan menyaksikan matahari terbenam, Pantai Banyu Tibo bisa jadi pilihan terbaiknya. Selain itu, pemandangan Pantai Banyu Tibo tambah cantik dengan adanya perpaduan warna dari pasir putih dan birunya air laut.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan (pacitankab.go.id)

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata andalan di Pacitan. Sebab, dari segi sarana pendukungnya seperti fasilitas dan akses jalannya, sudah ditata cukup baik.

Keindahan pemandangan di Pantai Klayar terletak pada lanskap alamnya. Selain itu, pasir putihnya yang bersih dan eksotisnya lautan luas di pantai ini akan membuat pikiran jauh lebih tenang.

Pengunjung dapat mendengar bunyi unik yang berasal dari suara ombak yang masuk ke celah-celah lubang karang. Lokasi Pantai Klayar terletak di Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Akses jalan masuknya terbilang strategis, karena baik sepeda motor hingga bus pariwisata dapat melaluinya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...