Mengenal Pantai Srau, Objek Wisata Pacitan Paling Cantik

Image title
18 November 2021, 10:25
Mengenal Pantai Srau, Objek Wisata Pacitan Paling Cantik
pringkuku.pacitankab.go.id
Pesona pantai Srau di Pacitan

Bagi masyarakat Jawa Timur, tentu tidak akan asing lagi dengan kecantikan pantai-pantai di Pacitan. Objek wisata Pacitan ini memang menjadi primadona dan menjadi andalan sebagai sumber pendapatan Pemda Kabupaten Pacitan.

Jika dilihat dari letak geografisnya, di bagian selatan Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Umumnya, wilayah seperti ini memiliki pantai berwarna putih yang indah dan menawan. Misalnya Pantai Srau. Wisata pantai Pacitan yang kerap dijuluki surganya pasir putih di Jawa Timur ini, bisa memikat perhatian wisatawan domestik dari berbagai daerah di Indonesia.

Advertisement

Pantai Srau memiliki pasir putih yang lembut dan menawan. Kemudian, arus ombaknya tidak begitu besar, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berjalan di tepiannya. Lokasi Pantai Srau dengan pusat kota Pacitan jaraknya tidak begitu jauh. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit. Akses pantai ini akan lebih mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua.

Selama perjalanan, wisatawan dapat menyaksikan seluk beluk tempat-tempat di Kabupaten Pacitan. Selain itu, berbagai macam olahan laut yang dijajakan di warung pinggir jalan bisa dicicipi sebelum sampai ke destinasi wisata pantai Pacitan tersebut.

Kawasan wisata Pacitan Pantai Srau sangat luas. Bahkan, pantai ini oleh para wisatawan dibagi menjadi tiga area yaitu pantai 1-3. Kondisi di area 1 hampir serupa dengan lanskap pantai pasir putih di laut selatan Jawa.

Sementara itu, pantai di area dua memiliki kawasan yang sangat luas. Pengunjung bisa bersantai di pantai ini sembari berjemur di bawah sinar matahari. Di Pantai Srau pun terdapat sebuah pantai lain yang diberi nama Pantai Wayang. Daya tarik utamanya yaitu sebuah  karang dengan beberapa lubang. Pemandangan ini juga bisa menjadi spot foto menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Suasana di Pantai Srau masih begitu asri. Merdunya suara gulungan ombak laut selatan, dan bersihnya pasir putih di pantai ini akan memaksa wisatawan untuk tetap tinggal di pantai ini. Selain itu, karena pantai ini pula yang menjadi alasan mengapa Pacitan disebut juga Paradise van Java.

Keindahan Pantai Srau

Pantai Srau di Pacitan
Pantai Srau di Pacitan (instagram/@disparporapacitan)

Lokasi Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan jaraknya sekitar 23 km. Tiket masuk Pantai Srau harganya sangat terjangkau. Untuk bisa menyaksikan secara langsung keindahan pantai ini, pengunjung cukup membayar Rp5.000.

Wisatawan yang berlibur ke sini akan dimanjakan dengan lembutnya pasir putih Pantai Srau. Kendati cakupan areanya begitu luas, pasir Pantai Srau tidak lengket. Sehingga, wisatawan bisa berjalan dengan leluasa ketika berkeliling pantai tersebut.

Satu hal yang wajib diketahui wisatawan, selain keindahan panorama alamnya, beberapa kegiatan outdoor seperti berkemah bisa dilakukan di area Pantai Srau. Disarankan agar memilih lokasi camping yang sesuai. Kegiatan tersebut akan tambah seru, jika matahari mulai terbenam. Cahaya jingga yang perlahan redup bisa diabadikan dengan kamera ponsel.

Jangan takut jika tidak memiliki tenda, sebab penginapan murah yang bersih dan nyaman tersedia di kawasan wisata Pacitan ini.

Seperti penjelasan di atas, waktu yang paling pas untuk datang ke Pantai Srau yaitu pagi hari atau siang menjelang sore. Jika berkunjung saat tengah hari, usahakan agar memakai sunscreen agar kulit tetap terlindung dari sengatan cahaya matahari.

Lanskap tebing menjorok ke tengah laut, menjadi pemandangan lain yang bisa dilihat pengunjung. Wisatawan dapat mengeksplorasi bukit tersebut. Mengingat, keelokan Pantai Srau bisa dilihat dari atas tebing-tebing itu. Menjelang sore, panoramanya akan semakin cantik.

Walaupun selalu ramai pengunjung, Pantai Srau tetap jadi pilihan terbaik untuk mereka yang ingin berlibur dengan suasana yang tenang dan tentram. Bersantai di pantai ini dapat menghilangkan stres yang bertumpuk.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement