6 Rekomendasi Wisata Klaten Terbaik

Daya tarik wisata Klaten terletak pada nilai sejarahnya. Rekomendasi wisata Klaten terbaik di bawah ini bisa Anda kunjungi saat akhir pekan tiba.
Image title
18 November 2021, 15:18
6 Rekomendasi Wisata Klaten Terbaik
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Suasana pagi di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (2/6/2020). Pihak Taman Wisata Candi Prambanan berencana melakukan percobaan pembukaan tempat wisata Candi Prambanan dengan standar protokol kesehatan yang ketat selama pandemi COVID-19.

Kemegahan dan keindahan arsitektur Candi Prambanan sudah diketahui wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik utamanya terletak pada relief-reliefnya. Candi ini merupakan salah satu destinasi wisata Klaten terbaik yang wajib dikunjungi.

Selain Candi Prambanan, Kabupaten Klaten masih memiliki berbagai tempat wisata unik dan bisa disinggahi. Sebagian besar objek wisata itu, punya spot foto instagrammable. Bagi anak muda yang hobi berswafoto, tempat wisata Klaten masuk ke dalam rekomendasinya.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak soal wisata Klaten, simak ulasannya berikut ini.

6 Rekomendasi Wisata Klaten Terbaik

Secara administratif Klaten berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini bisa dibagi menjadi tiga wilayah berdasarkan daratannya. Di bagian utara, wilayah Klaten di dominasi oleh lanskap lereng Gunung Merapi. Cakupannya terdiri sebagian kecil Kecamatan Kemalang, Karangnongko, Jatinom dan Tulung. Sementara, untuk wilayah selatan merupakan daerah perbukitan dengan beberapa di antaranya gunung kapur. Bagian tengah Klaten umumnya yaitu kawasan pemukiman penduduk.

Dilihat dari letak geografisnya, Kabupaten Klaten berbatasan langsung dan dikelilingi oleh Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Boyolali. Di kota ini, Anda tidak bisa menemukan pantai berpasir putih yang indah atau semacamnya.

Namun demikian, hal tersebut bukan jadi alasan Anda tidak datang ke kota ini. Sebab, destinasi wisata Klaten punya keunggulan tersendiri ketimbang daerah lainnya di Jawa Tengah. Apalagi, kalau Anda mencari lokasi wisata sejarah yang pas untuk sarana edukasi.

Dilansir dari situs Klatenkab.go.id dan sumber lainnya, berikut daftar rekomendasi wisata Klaten terbaik yang sayang bila Anda lewatkan.

1. Candi Prambanan

WISATA CANDI PRAMBANAN DIBUKA KEMBALI
WISATA CANDI PRAMBANAN DIBUKA KEMBALI (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.)

Keindahan dan cantiknya arsitektur candi-candi di Indonesia yang sudah mendunia di antaranya yaitu Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Kendati tidak masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia, Candi Prambanan tetap diakui oleh UNESCO sebagai tempat situs warisan dunia.

Relief-relief candi yang berada di bagian dinding Candi Prambanan, menjadi pesona utama dari objek wisata Klaten ini. Kemegahan arsitektur dan cakupan wilayahnya, merupakan salah satu alasan kenapa Candi Prambanan disebut candi termegah di Asia Tenggara.

Candi Prambanan adalah candi Hindu, makanya kisah-kisah yang tertuang pada reliefnya bercerita tentang Ramayana dan cerita agama Hindu lainnya. Misalnya, terdapat salah satu relief di Candi Prambanan yang menyimpan kisah pohon kalpataru. Pada ajaran Hindu, pohon tersebut dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan.

Relief pohon kalpataru pada candi di objek wisata Klaten ini, digambarkan tengah mengapit singa. Makna yang terkandung di dalam relief tersebut, dapat menjelaskan bagaimana masyarakat Jawa pada abad ke-9 Masehi, sudah memiliki pemahaman tentang pengelolaan lingkungannya.

Pada waktu tertentu, Anda dapat menyaksikan secara pementasan Sendratari Ramayana. Kesenian ini adalah sebuah seni pertunjukan yang menyatukan ragam kesenian Jawa seperti tari, drama, dan musik dalam satu panggung momentum. Kisah yang diangkat biasanya yaitu cerita Ramayana.

Lokasi Candi Prambanan terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Objek wisata ini dibuka mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB. Sedangkan harga tiketnya yaitu sekitar Rp 30.000 per orang. Bila Anda berkunjung dan membawa rombongan keluarga, harganya akan turun sekitar Rp 12.500 (berlaku juga untuk mahasiswa/pelajar).

2. Candi Plaosan

 

WISATA CANDI PLAOSAN SEPI PENGUNJUNG
WISATA CANDI PLAOSAN SEPI PENGUNJUNG (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.)


Namanya mungkin tidak sepopuler Candi Prambanan, namun Candi Plaosan tetap menarik untuk Anda kunjungi. Sebab, meski tergolong candi Buddha, arsitektur candi tersebut memadukan gaya bangunan Hindu dan Buddha. Hal inilah yang menjadi keunikan Candi Plaosan.

Disebut juga dengan nama Candi Kembar, Candi Plaosan saat ini mulai menarik perhatian pengunjung lokal maupun mancanegara. Keindahan panoramanya akan semakin cantik, saat matahari terbenam. Anda bisa melihat langit sore Klaten dari sini.

Candi Plaosan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Arsitekturnya yang unik, kerap dimanfaatkan pengunjung sebagai latar untuk foto selfie. Lokasi Candi Plaosan berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak kira-kira 1 kilometer dari arah timur laut dari Candi Sewu.

Wisata Klaten ini sangat terjangkau. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000, Anda sudah bisa menikmati secara langsung kemegahan dan keunikan arsitektur candi tersebut.

3. Air Terjun Luweng Sampang

Green Canyon di Karawang
Ilustrasi Green Canyon di Indonesia (Instagram/@green_canyon_karawang)

 

Jika Anda mencari tempat wisata dengan view mirip green canyon di Amerika, cobalah datang ke Air Terjun Luweng Sampang. Panorama alamnya begitu indah dan kondisinya masih sangat asri.

Air Terjun Luweng Sampang bisa disebut green canyon mini di Klaten, karena tinggi air terjunnya hanya sekitar 5 meter. Anda bisa berlibur ke tempat ini sembari melepas penat.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dengan harga tiket masuk hanya sebesar Rp2.000 per orang.

4. Deles Indah

Aktivitas Gunung Merapi
Aktivitas Gunung Merapi (Antara | Aloysius Jarot Nugroho )

Pilihan terbaik untuk menikmati panorama Klaten dari ketinggian adalah dengan berkunjung ke Dales Indah. Sebuah dataran tinggi yang ketinggiannya sekitar 800-1300 meter.

Aktivitas vulkanis Gunung Merapi yang masih aktif mengeluarkan asap belerang, bisa disaksikan langsung dari puncak Deles Indah. Lokasinya berada Sidorejo, Kemalang, Jawa Tengah. Sedangkan tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang.

5. Agrowisata Gondang Winangoen

Kabupaten Klaten juga memiliki agrowisata, yang bernama Agrowisata Gondang Winangoen. Lokasinya berada di Jalan Solo-Jogja, Plawikan, Jogonalan, Plawikan, Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Di tempat ini Anda bisa menjajal aneka wahana seperti water park, water slide, flying fox, spyder web, kids zone, jembatan gantung, adventure area, agro therapy, marine bridge, dan wall climbing. Untuk tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang.

6. Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok di Klaten
Umbul Ponggok di Klaten (Dokumen Foto Klatenkab.go.id)

Wisata air di Klaten yang paling terkenal salah satunya yakni Umbul Ponggok. Sebuah kolam alami yang disulap menjadi wisata snorkling. Di tempat ini, Anda dapat berenang dan menyelam di kolam yang memiliki kedalaman 1,5-2,6 meter. Objek wisata Klaten ini sering dipilih sebagai lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut.

Menyelam di kolam Umbul Ponggok, Anda dapat menyaksikan ribuan ikan cantik yang berenang hilir-mudik di dekat Anda. Dasar kolamnya juga masih alami dengan pasir halus dan bebatuan. Lokasinya berada Ponggok, Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tiket masuk Umbul Ponggok relatif murah, per orangnya hanya sekitar Rp15.000. Selain itu, fasilitas penunjangnya juga lumayan lengkap.

Demikian ulasan tentang rekomendasi wisata Klaten terbaik. Tempat-tempat tersebut dapat Anda kunjungi bersama keluarga saat libur akhir pekan. Tak hanya keindahannya saja, Anda bisa mengetahui kehebatan peradaban bangsa Indonesia zaman dahulu, dengan mempelajari sejarahnya. Meski sebagian objek wisata Klaten sudah buka, protokol kesehatan harus selalu dipatuhi agar Anda terhindar dari risiko penularan virus corona.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait