3 Fakta Unik Wisata Goa Lawa Purbalingga

Image title
19 November 2021, 09:55
Wisata Goa Lawa Purbalingga
Tripadvisor.com
Salah satu ruangan dalam wisata Goa Lawa Purbalingga

Salah satu wilayah kabupaten di Jawa Tengah adalah Purbalingga yang secara letak geografis berada di perbatasan dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat dan selatan. Melansit data BPS, jumlah Penduduk Kabupaten Purbalingga tahun 2021 sebanyak 1.021.443 jiwa.

Purbalingga dikenal dengan kekayaan industri dalam hal pembuatan bahan baku rambut manusia untuk dijadikan bulu mata palsu (eye-lash) atau juga dibuat wig atau rambut palsu serta sanggul maupun hair piece yang dipasang untuk memberikan tambahan rambut atau juga high-light secara temporer di rambu terutama saat pelaksanaan pesta pernikahan atau kegiatan lainnya.

Advertisement

Purbalingga juga memiliki kemapuan dalam bidang pembuatan knalpot kendaraan. Perseberannya pun sudah berada di hampir semua wilayah di Indonesia.

Namun, di luar industri tersebut ada satu keunggulan yaitu dalam bidang wisata. Salah satu yang paling populer adalah wisata Goa Lawa Purbalingga.

Mengenal Wisata Goa Lawa Purbalingga

Objek wisata ini berada di Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Ada banyak kisah yang tersimpan dalam goa ini dan menjadi legenda tutur dari masyarakat ke masyarakat secara turun temurun.

Bila dimaknai secara Bahasa Indonesia Goa Lawa berarti goa kelelawar. Goa Lawa merupakan tempat yang sangat populer di daerah kabupaten Purbalingga. Panjangnya mencapai 1,5 kilo meter dan luas hingga lima kilometer. Goa Lawa terbentuk dari endapan batuan gamping dan aliran lava yang telah membeku.

Dalam kisah yang beredar di kalangan warga Purbalingga bahwa pada era Agama Islam sedang berkembang pada jaman kerajaan Majapahit, terdapat dua penyebar agama Islam bernama Ahmad dan Mohammad yang dikejar kejar oleh Ki Sutaraga, yang merupakan Senopati Majapahit.

Dikisahkan bahwa keduanya bersembunyi di dalam Goa Lawa. Setelah berhari-hari bersembunyi, keduanya keluar Goa dan bertemu dengan Ki Sutaraga. Ki Sutaraga yang sebelumnya belum pernah bertemu dengan Ahmad dan Mohammad tertipu oleh mereka. Dia tidak mengetahui wajah asli dari buronan yang dia cari. Makanya, dengan mudahnya Ki Sutarga ditipu dan dibuat cerita fiktif seakan Ahmad dan Mohammad sudah mati dimakan oleh harimau.

Fakta Menarik Wisata Goa Lawa Purbalingga

Saat berkunjung ke Goa Lawa ada banyak hal yang ditawarkan kepada Anda, sehingga Anda tidak hanya sekedar menyaksikan bebatuan goa, namun juga ada objek menarik lainnya yang dikelola oleh masyarakat:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement