7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Sehat dan Tidak Mudah Rontok

Cara meluruskan rambut secara alami bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Simak daftar lengkapnya di bawah ini.
Image title
23 November 2021, 10:38
7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Sehat dan Tidak Mudah Rontok
pixabay.com

Wanita dengan rambut keriting panjang atau ikal bisa memakai beberapa gaya rambut yang sesuai dengan jenis rambutnya. Akan tetapi, sebagian dari mereka ada yang merasa kurang percaya diri, dan memilih untuk meluruskan rambut ikalnya. Metode yang bisa digunakan salah satunya dengan cara meluruskan rambut secara alami.

Meluruskan rambut secara alami, tentunya tidak bisa memberikan hasil instan. Prosesnya cukup panjang sampai rambut ikal itu benar-benar lurus. Sebetulnya, kebanyakan wanita berambut keriting sering menggunakan metode smoothing atau rebonding. Akan tetapi, cara ini kerap membuat rambut jadi rusak, sehingga harus dibarengi dengan perawatan ekstra.

Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Jika dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan terlihat. Dilansir dari Tresemme dan The Daily Star, berikut cara meluruskan rambut secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

1. Meluruskan Rambut dengan Pisang

Bahan pertama yang bisa digunakan sebagai salah satu cara meluruskan rambut secara alami adalah pisang. Kandungan vitamin B dan potassium di dalam buah pisang dapat dipakai untuk menutrisi kulit kepala.

Advertisement

Penggunaan buah pisang sebagai bahan alami pelurus rambut ikal cukup jarang. Sebab, kebanyakan wanita berambut ikal belum mengetahui manfaat pisang untuk rambut mereka.

Untuk meluruskan rambut ikal, buah pisang terlebih dahulu dibuat atau ditumbuk hingga halus dan dicampurkan dengan minyak zaitun. Kemudian campuran tersebut bisa dioleskan pada bagian rambut yang ingin terlihat lurus. Gunakan campuran pisang dan minyak zaitun secara teratur. Supaya hasilnya bisa maksimal.

2. Meluruskan Rambut dengan Minyak Zaitun

Meluruskan rambut ikal dengan metode rebonding secara berlebihan, akan menyebabkan rambut mudah rontok dan rusak. Oleh sebab itu, cara meluruskan rambut secara alami bisa jadi pilihan alternatifnya.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk meluruskan rambut ikal. Kandungan vitamin E serta omega 3 pada minyak zaitun, bisa membantu menjaga kesehatan rambut.

Untuk meluruskan rambut ikal, gunakan campuran dua buah pisang, madu, dan minyak zaitun. Ketiga bahan ini disatukan dan dibuat seperti masker. Oleskan minyak zaitun pada rambut ikal selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Penggunaan minyak zaitun ini harus dilakukan secara rutin, agar hasilnya dapat memuaskan. 

3. Meluruskan Rambut dengan Jojoba Oil

Cara meluruskan rambut secara alami berikutnya, bisa menggunakan minyak esensial seperti jojoba oil. Minyak yang kerap dipakai untuk proses pijat ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan rambut.

Jojoba oil berkhasiat untuk meluruskan rambut ikal. Minyak ini bisa dioleskan pada beberapa bagian rambut yang ingin diluruskan. Jojoba oil dapat dicampur dengan argan oil, dan bahan yang mengandung vitamin E serta keratin.

4. Meluruskan Rambut dengan Santan Kelapa

Santan kelapa sangat bermanfaat untuk rambut. Bahan alami ini bisa menutrisi dan melembutkan rambut. Selain itu, kandungan gizinya dapat menyeimbangkan kondisi serta menyehatkan kulit kepala.

Santan kelapa dapat dicampur dengan jeruk lemon atau perasan jeruk nipis. Kemudian dimasukkan ke dalam pendingin. Tunggu sampai berubah jadi agak mengental.

Penggunaannya yaitu, oleskan santan ke bagian kepala dan rambut ikal. Diamkan beberapa saat, lalu pijat kulit kepala secara perlahan. Setelah itu, tunggu selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Metode ini termasuk ke dalam salah satu cara meluruskan rambut secara alami.

5. Meluruskan Rambut dengan  Daun Seledri

Meluruskan rambut secara alami, bisa menggunakan bahan-bahan seperti daun seledri. Kandungan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan rambut.

Sebelum digunakan, daun seledri harus dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian tambah sedikit air, dan diremas-remas. Gunakan penyaring agar sari daun seledri tidak tercampur dengan ampasnya.

Sari daun seledri sebaiknya digunakan pada pagi hari. Oleskan bahan ini pada bagian rambut yang ingin diluruskan. Cara meluruskan rambut secara alami ini harus dilakukan rutin.

6. Meluruskan Rambut dengan Lidah Buaya

Sejak dulu, tanaman lidah buaya dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk rambut. Contohnya seperti meluruskan rambut keriting panjang secara alami.

Bagian daging buah lidah buaya, yang mirip seperti gel bisa dioleskan pada rambut ikal yang ingin diluruskan. Cara meluruskan rambut secara alami ini bisa jadi solusi terbaik, jika ingin membuat rambut keriting jadi lurus.

7. Meluruskan Rambut dengan Susu dan Madu

Susu yang kaya akan kandungan protein bermanfaat untuk pertumbuhan serta menguatkan rambut. Hal ini karena rambut terdiri dari protein yang disebut keratin. Tidak hanya itu, kandungan lemak pada susu dapat membantu melembutkan dan menghaluskan rambut.

Susu yang digunakan dalam proses meluruskan rambut ikal ini, yaitu susu murni. Bahan tersebut bisa dicampurkan dengan madu, yang berfungsi sebagai pelembab alami dan bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau. Masukan kedua bahan yang sudah dicampurkan ini ke dalam botol.

Untuk penggunaannya, semprotkan campuran susu dan madu tersebut pada bagian-bagian rambut yang ingin diluruskan. Kemudian diamkan selama 30 menit, jika sudah bisa langsung dibilas memakai air bersih.

Cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini, harus dilakukan dengan rutin dan telaten. Sehingga, nantinya rambut ikal itu akan lurus alami.

Demikian ulasan tentang cara meluruskan rambut secara alami. Langkah-langkah tersebut dapat dicoba di rumah secara rutin. Sebenarnya, rambut ikal atau keriting pun tetap terlihat bagus. Beberapa gaya rambut terkini bahkan cocok diterapkan pada rambut ikal.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait