5 Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Image title
25 November 2021, 16:01
5 Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah
Kevin Laminto/Unsplash
Ilustrasi seorang wanita menerapkan minyak zaitun untuk wajah

Minyak zaitun merupakan obat herbal yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, terdapat banyak khasiat serta kandungan minyak ini didapat dari buah zaitun yang memiliki nama latin Olea europaea. Pohon zaitun sendiri dikenal tumbuh subur di sejumlah daratan Mediterania.

Bila merunut secara akar biologis , keberadaan minyak zaitun muncul dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu selama lebih dari 500 tahun. 

Tekstur buah ini bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Proses mendapatkan setetes minyak zaitun ada serangkaian proses yang harus dilalui. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Salah satu kandungan dari minyak zaitun adalah lemak baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Setiap tetes minyak zaitun juga dilengkapi dengan kandungan omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72% kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75% kebutuhan harian tubuh. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah

Dari beragam kandungan zat bermanfaat dalam minyak zaitun tersebut sangat baik apabila digunakan untuk wajah. Berikut berbagai macam manfaat minyak zaitun untuk wajah yang dilansir dari Hellosehat.com:

1. Menjadi Pelembap Kulit

Salah satu sifat minyak zaitun adalah meningkatkan kelembapan kulit. Ditambah lagi bila Anda memiliki kulit wajah kering mengelupas, Anda bisa oleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun di bagian wajah yang kering.

Anda juga bisa mengakali manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan cara mencampur produk pelembap wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun guna menghidrasi kulit agar tetap lembap dan halus.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...