Cara Cek Sertifikat Vaksin Online dengan Mudah dan Praktis

Berikut cara cek sertifikat vaksin online dengan mudah dan hanya dalam kurun waktu singkat.
Image title
26 November 2021, 16:57
Ilustrasi Cara Cek Sertifikat Vaksin Online dengan Aplikasi PeduliLindungi
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Aplikasi PeduliLindungi

Meski kegiatan vaksinasi sudah dilakukan namun ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan, yaitu mengecek sertifikat vaksin secara online. Cek sertifikat vaksin secara online menjadi penting karena nantinya akan digunakan dalam setiap lini kehidupan, dari menggunakan kendaraan umum hingga bekerja.

Karena saat ini sertifikat vaksin merupakan salah satu syarat utama untuk melakukan kegiatan di tempat umum. Sertifikat vaksin merupakan suatu bukti jika seseorang sudah melakukan vaksinasi dosis 1 atau dosis 2.

Cara mengeceknya pun kini cukup mudah hanya melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi. Dalam praktiknya, sertifikat vaksin tidak perlu dicetak dalam bentuk fisik. Sertifikat vaksin dapat dilihat melalui situs atau aplikasi PeduliLindungi.

Bagi Anda yang sedah melakukan vaksinasi dan hendak mengecek status vaksin Anda, berikut cara-caranya:

Advertisement
  • Pertama, Anda bisa mengunjungi laman situs pedulilindungi.id.
  • Setelah itu jangan lupa untuk masuk ke dalam laman website PeduliLindungi, dan silakan untuk memilih menu regsitrasi vaksin, kemudian login saat itu juga.
  • Langkah selanjutnya isi nama lengkap Anda, dan data diri berupa nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP, dan nomor ponsel Anda.
  • Kemduian masukkan enam digit kode One Time Password (OTP) yang dikirimkan ke ponsel Anda melalui pesan singkat SMS.
  • Setelah itu perhatikan pada bagian pojok kanan atas, silakan klik 'nama akun'.
  • Pilih 'Sertifikat Vaksin' dan selanjutnya Anda klin 'Nama' agar bisa melihat sertifikat vaksinasi.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Online Melalui Aplikasi

Untuk mengecek sertifikat vaksin tidak hanya bisa dilakukan melalui laman website Peduli Lindungi. Akan tetapi juga bisa dilakukan dengan aplikasi yang sama, PeduliLindungi.id. Adapun langkah-langkah untuk mengecek sertifikat vaksin melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Pertama Anda bisa membuka aplikasi PeduliLindungi via smart phone.
  • Kemudian bisa mendaftarkan diri Anda atau log ini, dengan menulis nama lengkap dan nomor handphone yang Anda tuliskan saat melakukan registrasi vaksinasi.
  • Selanjutnya cantumkan enam digit ked OTP yang telah dikirimkan melalui SMS.
  • Apabila sudah diisikan, Anda akan diminta mengisi kelengkapan identitas diri dari NIKI hingga alamat e-mail.

Jika empat langkah di atas sudah dilakukan nantinya klik sertifikat vaksin dan otomatis akan muncul.

Apabila Sertifikat Vaksin Online Belum Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda sudah melakukan panduan cara cek sertifikat vaksin online seperti yang sudah dijabarkan pada paragraf sebelumnya, namun sertifikat masih belum muncul. Satu-satunya cara adalah dengan menghubungi pusat layanan PeduliLindungi untuk mengadukan keluhan.

Adapun caranya, pertama silakan hubungi Call Center PeduliLindungi ke nomor 119 untuk mendapatkan bantuan jika sertifikat vaksin belum muncul di situs PeduliLindungi. Cara kedua, apabila Anda mengalami permasalahan yang sama bisa juga melapor lewat email [email protected]

Dalam format e-mail jangan lupa cantumkan data diri yang terdiri atas:

  • Nama Lengkap.
  • NIK.
  • Tempat dan tanggal lahir.
  • Nomor telepon.
  • Foto dan kartu vaksinasi yang Anda dapatkan pasca vaksinasi.

Dalam perkembangannya kini pemerintah telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan digital untuk penggunaan aplikasi peduli lindungi sekaligus bisa untuk mengecek sertifikat vaksin. Dari hasil kerja sama tersebut sertifikat vaksin juga bisa dicek melalui aplikasi populer.

Aplikasi populer tersebut antara lain: Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Livin' by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja, Goers, JAKI, Shopee, Loket.com, BNI Mobile, MCash. Demikianlah penjelasan mengani aplikasi Peduli Lindungi dan juga cara cek sertifikat vaksin. Diharapkan ikhtiar ini bisa melindungi kita dari persebaran virus Covid-19, sehingga roda ekonomi dan aktivitas bisa berjalan normal

Bila Anda sudah memegang sertifikat vaksinasi, jangan sekalipun Anda umbar ke hadapan publik. Karena di dalamnya sarat akan data pribadi yang rawan untuk disalahgunakan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait