10 Nama-nama Sayuran dan Nama Sayur dalam Bahasa Inggris

Image title
1 Desember 2021, 08:54
Mengenali nama-nama sayuran, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.
Pixabay
Ragam Sayuran.

Sejak pandemi Covid-19, banyak orang mulai rajin memasak dan dari kebiasaan itu, orang-orang mulai mengenal beraneka ragam nama-nama sayuran. Mencari menu atau resep masakan pun semakin mudah di era internet seperti saat ini, namun ada sedikit tantangan bagi orang Indonesia, karena ada beberapa nama sayuran dalam bahasa Inggris, sehingga butuh waktu ekstra untuk mencari tahu lebih lanjut.

Melansir dari Frontier in Nutrition, sebuah survey di Amerika Serikat yang melibatkan 1.042 peserta, 995 di antaranya melaporkan secara rinci tentang konsumsi sayuran mereka. Dari jumlah tersebut, sebanyak 27% partisipan mengubah pola konsumsi sayuran setiap harinya.

Di Indonesia sayuran sudah menjadi salah satu bahan makanan, yang cukup mudah ditemukan, tapi memang ada beberapa miskonsepsi, antara nama sayuran dan nama buah-buahan. Ambil saja contoh paprika, timun atau bahkan terong, yang kita kenal sebagai nama-nama sayuran, padahal secara jenisnya adalah buah-buahan.

Belum lagi soal nama tanaman sayuran dalam bahasa Inggris, yang membuat beberapa orang jadi salah mengartikan. Memang ada beberapa nama-nama sayuran dalam bahasa Inggris yang mudah kita kenal, karena memang sudah umum seperti broccoli atau brokoli dan carrot atau wortel.

Nama-nama Sayuran dalam Bahasa Inggris

Selain mempelajari nama-nama sayuran, manfaat dan cara mengolahnya menjadi sebuah masakan, mengerti atau memahami nama sayuran dalam bahasa Inggris juga bisa jadi nilai plus. Karena dengan mengetahui nama-nama sayuran dalam bahasa Inggris, kita bisa menemukan berbagai resep masakan dengan bahan sayur dari berbagai belahan dunia.

Di bawah ini adalah 10 nama-nama sayuran dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

1. Bayam Hijau (Spinach)

Nama tanaman sayuran yang pertama adalah bayam hijau, atau yang juga sering disebut sebagai bayam. Nama sayuran yang satu ini juga banyak dikenal di kalangan anak-anak karena tokoh kartun Popeye, yang dikenal gemar mengonsumsi bayam.

Di Indonesia, nama tanaman sayuran yang satu ini sering jadi olahan makanan, mulai dari sayur bayam, pecel hingga kripik bayam dan peyek bayam.

2. Bayam Merah (Red spinach)

Masih dari keluarga bayam, nama sayuran yang berikut ini adalah bayam merah. Dibandingkan bayam hijau, bayam merah memang masih terbilang jarang digunakan di olahan masakan di Indonesia. Namun pada umumnya, bayam merah atau dalam bahasa Inggris bernama Red spinach ini digunakan sebagai olahan makanan lalap dan juga sayur bening.

3. Kangkung (Water spinach)

Di Indonesia, kangkung jadi salah satu jenis sayuran yang cukup banyak ragam olahannya, dan ternyata nama sayuran kangkung dalam bahasa Inggris adalah Water spinach, yang artinya masih satu keluarga dengan sayuran bayam. Kangkung biasanya diolah dengan cara ditumis, dijadikan campuran pecel, urap dan juga plecing kangkung khas Lombok.

4. Kol (Cabbage)

Kol jadi salah satu jenis sayuran, yang bisa dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Nama sayuran dalam bahasa Inggris untuk kol adalah cabbage, dan di Indonesia sendiri kol juga memiliki nama lain yaitu kubis.

Karena bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah, kol jadi salah satu nama sayuran yang kerap ditemukan di olahan lalapan. Selain itu, kol juga biasanya diolah dengan cara ditumis, sebagai campuran sop dan juga pecel.

5. Brokoli (Broccoli)

Nama sayuran yang berikutnya adalah brokoli atau broccoli dalam bahasa Inggris. Sayuran brokoli tidak hanya bisa ditemukan di olahan masakan, tapi juga kerap dibuat minuman jus. Uniknya, sayuran brokoli ini memiliki saudara kembar bernama kembang kol.

6. Kembang Kol (Cauliflower)

Ini dia sayuran yang menjadi saudara kembar brokoli, kembang kol atau dalam bahasa Inggris bernama Cauliflower. Meskipun mirip secara bentuk, tapi brokoli dan kembang kol berasal dari jenis yang berbeda.

Nama sayuran yang satu ini banyak digunakan sebagai campuran pada sop, ditumis, campuran pada capcay dan digoreng dengan tepung.

7. Daun Singkong (Cassava leaves)

Daun singkong merupakan nama sayuran, yang diambil dari tanaman singkong. Dalam bahasa Inggris daun singkong memiliki nama Cassava leaves. Nama sayuran yang satu ini juga banyak ditemukan di berbagai olahan masakan.

Umumnya, daun singkong digunakan sebagai sayur yang menemani nasi Padang. Daun singkong juga kerap diolah dengan cara direbus dan juga ditumis.

8. Kacang Panjang (Yardlong bean)

Nama sayuran kacang panjang dalam bahasa Inggris adalah Yardlong bean. Kacang panjang banyak diolah di berbagai jenis masakan, baik dengan cara ditumis, untuk lalapan hingga campuran sop.

9. Pare (Bitter melon)

Sayuran ini terkenal dengan rasanya yang sangat pahit, sehingga tak begitu banyak orang yang suka. Nama sayuran pare dalam bahasa Inggris adalah Bitter melon, yang sangat menggambarkan rasa dari sayuran yang bentuknya menyerupai timun.

Pare tak hanya diolah dengan cara ditumis, atau menjadi campuran sop. Sayuran bercita rasa pahit ini juga lazim digunakan pada makanan somay, atau digoreng dengan tepung.

10. Tauge (Bean Sprouts)

Terakhir ada sayuran tauge atau juga disebut kecambah. Nama sayuran tauge dalam bahasa Inggris adalah Bean Sprouts, karena memang tauge tumbuh dari kacang hijau.

Tauge menjadi sayuran yang banyak sekali digunakan di berbagai olahan masakan, karena memang cara mengolahnya yang cukup mudah. Seperti pada hidangan bakso, tauge hanya perlu direbus sebentar saja untuk bisa dinikmati.

Selain jadi campuran bakso, tauge juga bisa diolah dengan cara ditumis, jadi campuran soto, rawon atau dibuat menjadi tauge goreng.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait