Pengertian Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat yang Benar

Dwi Latifatul Fajri
3 Desember 2021, 14:45
Kalimat Efektif
Alexis Brown/Unsplash

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang menjadi kesatuan pikiran. Susunan kalimat biasanya terdiri dari kata, frasa, dan klausa. Dalam sebuah kalimat, ada kalimat efektif yang bisa dipahami pembaca dan mendekati pemikiran penulis.

Kalimat efektif adalah kalimat yang memberikan pemikiran yang bisa dibaca jelas oleh pembaca. Kalimat ini biasanya dipakai dalam karya tulis ilmiah. Kalimat efektif membuat proses penyampaian dan penerimaan pesan dapat dipahami oleh pembaca.

Kalimat efektif mengembangkan gagasan, memakai kata yang penting dan seperlunya, serta ada bagian pemusatan perhatian tertentu. Kalimat efektif ini bisa menyelaraskan pemikiran penulis.

Struktur kalimat efektif ini memakai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika struktur kalimat kacau, bisa membuat pembaca kesulitan memahami bacaan.

Kalimat ini biasanya dipakai dalam penulisan ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi, dan laporan penelitian. Kalimat efektif berbeda dengan pola kalimat yang ada dalam majalah, novel, atau tulisan wartawan.

Dalam sebuah kalimat ada dua unsur yang penting yaitu subjek dan predikat. Dalam kalimat inti subjek menjadi unsur penting dalam kalimat selain predikat. Bagian subjek bisa berupa nomina, frasa nominal, atau klausa.

Sedangkan predikat dalam kalimat memakai kata kerja transitif. Unsur objek bisa ditambahkan untuk memberi kejelasan. Predikat bisa menjadi verba, frasa verbal, dan frasa adjektival.

Dalam sebuah kalimat, predikat digunakan untuk memberitahu dan bagaimana subjek itu. Jika tidak ada predikat, maka kalimat tidak menjelaskan mengapa dan bagaimana subjek.

Syarat Kalimat Efektif

Kalimat efektif harus memenuhi persyaratan penulisan. Kalimat ini memakai ejaan yang disempurnakan (EYD), pesan yang diberikan jelas, dan kalimatnya tidak bertele-tele. Berikut syarat membuat kalimat efektif supaya tulisan mudah dipahami oleh pembaca:

  • Logis

Kalimat efektif terdiri dari kalimat pasif dan aktif yang jelas. Kalimat ini terdiri dari subjek, predikat, dan keterangan yang jelas. Antara induk dan anak kalimat saling berhubungan.

Syarat kalimat efektif lainnya yaitu tidak memiliki subjek ganda, serta predikatnya tidak boleh didahulu kata yang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...