Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bisa Menjadi Pendamping CV

Berikut dua contoh surat lamaran kerja yang harus disertakan saat melamar kerja bersama dengan CV baik melalui email atau langsung ditujukan ke kantor.
Image title
9 Desember 2021, 14:21
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja
Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja

Melamar pekerjaan tentu memerlukan persiapan yang matang, dari persiapan ilmu dan aplikasi yang akan diajukan kepada perusahaan yang dituju. Selain Curriculum Vitae atau ringkasan riwayat hidup menjadi hal yang utama, ada juga surat lamaran yang perlu dipersiapkan.

Surat lamaran kerja sendiri merupakan surat pengantar yang melekat atau menyertai dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae. Umumnya, para pencari kerja sering mengirim surat lamaran beserta curriculum vitae untuk melamar pekerjaan sebagai cara untuk memperkenalkan diri mereka kepada calon pimpinan dan menjelaskan kesesuaian mereka untuk posisi yang diinginkan.

Dalam praktiknya, surat pengantar yang digunakan dalam koneksi dengan banyak dokumen bisnis seperti aplikasi pinjaman, draf kontrak dan proposal, dan dokumen eksekutif. Surat lamaran dapat menjadi percobaan untuk menangkap minat pembaca yang merupakan perwakilan dari HRD atau rekruter.

Selain itu membujuk pembaca tentang sesuatu, atau mereka mungkin hanya menjadi persediaan atau ringkasan dari dokumen-dokumen yang disertakan bersama dengan diskusi tentang masa depan yang diharapkan tindakan pengirim atau penerima akan mengambil sehubungan dengan dokumen.

Advertisement

Agar bisa mendapat pekerjaan impian, tentunya perlu dipersiapkan berkas surat lamaran yang baik. Berikut contoh surat lamaran kerja yang baik yang dilansir dari Jobstreet.com:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Versi Cetak

(Alamat Anda)

(Tanggal)

(Nama Penerima)

(Judul Pekerjaan)

(Alamat)

Yang Terhormat (Salam dan Nama)

Saya menulis untuk melamar posisi Asisten Perekrutan di perusahaan Anda yang terhormat.

Saya telah menyelesaikan pendidikan S1 di bidang Administrasi Bisnis, dengan jurusan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas ABC. Saya berharap dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk mengembangkan perusahaan Anda yang inovatif.

Sebagai seorang mahasiswa administrasi bisnis, jurusan manajemen sumber daya manusia, saya telah dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang posisi dalam perusahaan termasuk perekrutan tenaga kerja, organisasi tenaga kerja, pelatihan personil dan kompensasi serta ketentuan hukum dan masalah ketenagakerjaan lainnya.

Dalam masa magang saya di Perusahaan ABC telah memberi saya keterampilan penting untuk bekerja dengan beberapa profesional terbaik di industri perekrutan dan sumber daya manusia. Selama magang empat bulan, saya juga mengembangkan antusiasme dan semangat untuk sumber daya manusia dan masa magang tersebut meyakinkan saya bahwa manajemen sumber daya manusia adalah panggilan saya yang sesungguhnya.

Beberapa prestasi saya selama magang termasuk menjadi pemimpin proyek untuk kegiatan olahraga perusahaan. Saya bekerja sama dengan pemagang lainnya dan kami berhasil menyelenggarakan outing untuk 100 karyawan. Kami menerima skala 95% ‘bagus ke terbaik’ dari umpan balik survei yang kami lakukan di antara karyawan setelah acara tersebut.

Untuk tambahan rinci mengenai kualifikasi dan keahlian, silahkan review resume yang saya lampirkan bersama dengan surat lamaran ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya menunggu kabar dari Anda..

Dengan hormat,

(Tanda tangan)

(Namamu)

(Alamat email & nomor kontak anda)

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Versi Email

Subjek Email: (Nama Anda) untuk (posisi)
(Catatan: Jaga agar judul email tetap pendek dan sederhana, namun sorot informasi utama untuk perhatian perekrut: misalnya nama dan posisi yang Anda lamar.)

Yang terhormat (salam & nama)

Saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar posisi Marketing Associate (bagian pemasaran) yang baru saja tersedia di perusahaan Anda.

Saya percaya bahwa gelar saya di bidang Administrasi Bisnis (BSBA) jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ telah mempersiapkan saya untuk posisi ini. Sebagai mahasiswa, saya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang efektif.

Selama enam bulan saya melakukan magang di Departemen Pemasaran Perusahaan ABC, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, bagaimana mencapai demografi target dengan bantuan alat analisis dan bagaimana menanggapi beberapa ancaman dari pesaing. Yang lebih penting lagi, saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan profesional berpengalaman yang mengajari saya cara mudah memahami konsep pemasaran yang kompleks dan pada waktu-waktu tertentu, bagaimana cara menghadapi dan mengatasi perbedaan untuk mencapai berbagai tujuan.

Saya juga mengetahui berbagai keterampilan yang memungkinkan saya berbaur dengan kebiasaan tim dan terus berusaha mencapai tujuan bersama di tengah kegagalan dan kemunduran.

Prestasi saya yang paling membanggakan saat magang adalah mengorganisir pemasaran gerilya untuk produk yang baru diluncurkan. Saya mendapat tempat di GHI Shopping Mall dan kami melakukan eksperimen sosial untuk mengenalkan produk baru tersebut. Kami mendapat tanggapan positif yang luar biasa dari para pembeli dan 50% dari mereka akhirnya membeli produk kami hari itu.

Selain itu, keterlibatan aktif saya dalam banyak kegiatan akademik dan ekstrakurikuler telah sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan saya, yang sangat penting dalam menemukan kesuksesan di dunia usaha.

Dengan surat lamaran ini, saya melampirkan resume saya untuk bahan pertimbangan Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau lamaran saya dan saya menanti balasan Anda sehingga kita dapat mendiskusikan lebih lanjut lamaran saya.

 

Dengan hormat,

(Nama Anda)

(Alamat email & nomor kontak Anda)

Demikianlah dua contoh surat lamaran kerja yang bisa diaplikasikan dalam proses lamaran kerja. Selain contoh surat lamaran kerja, Anda juga harus menyiapkan Curriculum Vitae yang baik dengan pengalaman kerja sehingga memudahkan rekruter untuk memeriksa berkas Anda.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait