Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bisa Menjadi Pendamping CV

Image title
9 Desember 2021, 14:21
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja
Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja

Melamar pekerjaan tentu memerlukan persiapan yang matang, dari persiapan ilmu dan aplikasi yang akan diajukan kepada perusahaan yang dituju. Selain Curriculum Vitae atau ringkasan riwayat hidup menjadi hal yang utama, ada juga surat lamaran yang perlu dipersiapkan.

Surat lamaran kerja sendiri merupakan surat pengantar yang melekat atau menyertai dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae. Umumnya, para pencari kerja sering mengirim surat lamaran beserta curriculum vitae untuk melamar pekerjaan sebagai cara untuk memperkenalkan diri mereka kepada calon pimpinan dan menjelaskan kesesuaian mereka untuk posisi yang diinginkan.

Dalam praktiknya, surat pengantar yang digunakan dalam koneksi dengan banyak dokumen bisnis seperti aplikasi pinjaman, draf kontrak dan proposal, dan dokumen eksekutif. Surat lamaran dapat menjadi percobaan untuk menangkap minat pembaca yang merupakan perwakilan dari HRD atau rekruter.

Selain itu membujuk pembaca tentang sesuatu, atau mereka mungkin hanya menjadi persediaan atau ringkasan dari dokumen-dokumen yang disertakan bersama dengan diskusi tentang masa depan yang diharapkan tindakan pengirim atau penerima akan mengambil sehubungan dengan dokumen.

Agar bisa mendapat pekerjaan impian, tentunya perlu dipersiapkan berkas surat lamaran yang baik. Berikut contoh surat lamaran kerja yang baik yang dilansir dari Jobstreet.com:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Versi Cetak

(Alamat Anda)

(Tanggal)

(Nama Penerima)

(Judul Pekerjaan)

(Alamat)

Yang Terhormat (Salam dan Nama)

Saya menulis untuk melamar posisi Asisten Perekrutan di perusahaan Anda yang terhormat.

Saya telah menyelesaikan pendidikan S1 di bidang Administrasi Bisnis, dengan jurusan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas ABC. Saya berharap dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk mengembangkan perusahaan Anda yang inovatif.

Sebagai seorang mahasiswa administrasi bisnis, jurusan manajemen sumber daya manusia, saya telah dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang posisi dalam perusahaan termasuk perekrutan tenaga kerja, organisasi tenaga kerja, pelatihan personil dan kompensasi serta ketentuan hukum dan masalah ketenagakerjaan lainnya.

Dalam masa magang saya di Perusahaan ABC telah memberi saya keterampilan penting untuk bekerja dengan beberapa profesional terbaik di industri perekrutan dan sumber daya manusia. Selama magang empat bulan, saya juga mengembangkan antusiasme dan semangat untuk sumber daya manusia dan masa magang tersebut meyakinkan saya bahwa manajemen sumber daya manusia adalah panggilan saya yang sesungguhnya.

Beberapa prestasi saya selama magang termasuk menjadi pemimpin proyek untuk kegiatan olahraga perusahaan. Saya bekerja sama dengan pemagang lainnya dan kami berhasil menyelenggarakan outing untuk 100 karyawan. Kami menerima skala 95% ‘bagus ke terbaik’ dari umpan balik survei yang kami lakukan di antara karyawan setelah acara tersebut.

Untuk tambahan rinci mengenai kualifikasi dan keahlian, silahkan review resume yang saya lampirkan bersama dengan surat lamaran ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya menunggu kabar dari Anda..

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...