Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Image title
9 Desember 2021, 17:32
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.

Di era globalisasi saat ini, pekerjaan sudah banyak yang memerlukan Bahasa Inggris. Kebutuhan perusahaan terhadap karyawan juga semakin meningkat dengan keahlian untuk bisa berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Kecakapan dalam Bahasa Inggris tersebut harus dimulai saat akan melamar kerja. Para pelamar harus menunjukkan dirinya mampu berbahasa Inggris dengan melampirkan, sertifikat kecakapan Bahasa Inggirs bisa berupa TOEFL atau IELTS serta CV dan surat lamaran Kerja berbahasa Inggris.

Untuk membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris ada beberapa kiat yang bisa dilakukan agar memiliki tampilan menarik dan membuat rekruter mau membaca dan membuka kesempatan agar bisa diterima kerja. Berikut tips membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris:

1. Melakukan Riset Terhadap Perusahaan yang Dituju

Sebelum melamar pekerjaan perlu dilakukan riset mendalam mengenai perusahaan yang dituju. Karena dalam kaidah penulisan cover letter atau surat lamaran kerja berbahasa inggris, penulisan nama perekrut dapat menggunakan nama belakang dari orang tersebut. Sebagai contoh, apabila nama perekrut tersebut adalah Nora Subekti, penulisan pada surat lamaran kerja yang berbahasa inggris dapat ditulis dengan “Dear Ms. Nora”.

Riset yang dalam berguna untuk mencari penyebutan nama perekrut secara spesifik, surat lamaran kerja kamu akan memberikan kesan yang lebih baik jika dibandingkan dengan cover letter yang hanya mengikuti template yang sudah dibuat saja.

2. Mengetahui Tujuan dari Penulisan Surat Lamaran Kerja

Setiap surat lamaran kerja, perkenalan diri bukanlah suatu hal yang menjadi kewajiban. Karena perekrut dari perusahaan dapat melihat identitas diri kita melalui resume maupun subjek email yang dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Dalam paragraf awal di surat lamaran kerja, kamu dapat langsung mengutarakan tujuan dari penulisan email tersebut. Bagaimana kamu tertarik dan memiliki minat akan posisi yang ditawarkan, jelaskan mengapa kamu memilih untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

3. Menggunakan Bahasa Inggris Formal

Sudah menjadi hal yang mutlak dalam pembuatan cover letter atau surat lamaran kerja penting untuk menggunakan bahasa formal agar terlihat profesional di mata perekrut. Meski demikian, kita tidak ingin bahasa tersebut terlalu kaku dan terkesan seperti robot sehingga memberikan gambar kurang ramah ataupun dapat bekerja sama dengan orang lain.

Cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan kata-kata yang lebih ekspresif dalam bahasa Inggris yang menggambarkan atau mengekspresikan diri kamu yang sebenarnya tanpa melanggar aturan tata bahasa yang ada.

4. Singkat, Runtut, dan Memiliki Alur Logika yang Jelas

Dalam membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, lazimnya tidak lebih dari satu halaman agar pesan dapat tersampaikan dengan baik pada perekrut ataupun perusahaan yang dilamar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...