Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Berikut panduan mudah dalam membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris yang bisa dikirimkan kepada rekruter atau HRD perusahaan
Image title
9 Desember 2021, 17:32
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.

Di era globalisasi saat ini, pekerjaan sudah banyak yang memerlukan Bahasa Inggris. Kebutuhan perusahaan terhadap karyawan juga semakin meningkat dengan keahlian untuk bisa berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Kecakapan dalam Bahasa Inggris tersebut harus dimulai saat akan melamar kerja. Para pelamar harus menunjukkan dirinya mampu berbahasa Inggris dengan melampirkan, sertifikat kecakapan Bahasa Inggirs bisa berupa TOEFL atau IELTS serta CV dan surat lamaran Kerja berbahasa Inggris.

Untuk membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris ada beberapa kiat yang bisa dilakukan agar memiliki tampilan menarik dan membuat rekruter mau membaca dan membuka kesempatan agar bisa diterima kerja. Berikut tips membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris:

1. Melakukan Riset Terhadap Perusahaan yang Dituju

Sebelum melamar pekerjaan perlu dilakukan riset mendalam mengenai perusahaan yang dituju. Karena dalam kaidah penulisan cover letter atau surat lamaran kerja berbahasa inggris, penulisan nama perekrut dapat menggunakan nama belakang dari orang tersebut. Sebagai contoh, apabila nama perekrut tersebut adalah Nora Subekti, penulisan pada surat lamaran kerja yang berbahasa inggris dapat ditulis dengan “Dear Ms. Nora”.

Advertisement

Riset yang dalam berguna untuk mencari penyebutan nama perekrut secara spesifik, surat lamaran kerja kamu akan memberikan kesan yang lebih baik jika dibandingkan dengan cover letter yang hanya mengikuti template yang sudah dibuat saja.

2. Mengetahui Tujuan dari Penulisan Surat Lamaran Kerja

Setiap surat lamaran kerja, perkenalan diri bukanlah suatu hal yang menjadi kewajiban. Karena perekrut dari perusahaan dapat melihat identitas diri kita melalui resume maupun subjek email yang dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Dalam paragraf awal di surat lamaran kerja, kamu dapat langsung mengutarakan tujuan dari penulisan email tersebut. Bagaimana kamu tertarik dan memiliki minat akan posisi yang ditawarkan, jelaskan mengapa kamu memilih untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

3. Menggunakan Bahasa Inggris Formal

Sudah menjadi hal yang mutlak dalam pembuatan cover letter atau surat lamaran kerja penting untuk menggunakan bahasa formal agar terlihat profesional di mata perekrut. Meski demikian, kita tidak ingin bahasa tersebut terlalu kaku dan terkesan seperti robot sehingga memberikan gambar kurang ramah ataupun dapat bekerja sama dengan orang lain.

Cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan kata-kata yang lebih ekspresif dalam bahasa Inggris yang menggambarkan atau mengekspresikan diri kamu yang sebenarnya tanpa melanggar aturan tata bahasa yang ada.

4. Singkat, Runtut, dan Memiliki Alur Logika yang Jelas

Dalam membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, lazimnya tidak lebih dari satu halaman agar pesan dapat tersampaikan dengan baik pada perekrut ataupun perusahaan yang dilamar.

Hal itu dikarenakan surat lamaran kerja yang hanya terdiri dari sekitar 250 kata atau setengah halaman. Karena perekrut harus melihat berbagai cover letter yang diajukan oleh ratusan pelamar, akan lebih baik jika surat lamaran kerja sesingkat dan sepadat mungkin.

5. Tutup Surat dengan Kalimat Penutup yang Baik

Setelah berpanjang lebar dengan kaidah sebelumnya, Anda dapat mengakhir kalimat dengan kesan yang dalam. Jangan lupa untuk memasukkan visi maupun misi yang dimiliki perusahaan tersebut yang berhubungan dengan kemampuan diri sendiri!

Agar lebih jelas dalam penulisan surat lamaran kerja berbahasa Inggris, berikut contoh yang bisa menjadi panduan yang dikutip dari situs Gramedia.com:

Dear Ms. Nora,

With a formal background in marketing, paired with my proven success in retail sales, I am looking to transition into public relations, I believe my skills and background make me an excellent fit for the position of Public Relations Specialist at your PR Firm in the department of consumer goods.

Having used your products, I am already knowledgeable about your brand and your offerings. I haven followed with excitement as you launched new fragrances for various celebrities and have introduced an edgy personality to your branding and product lines. I would bring both passion and knowledge to promoting your brands to the press and public.

Already trained in creating buzz, I was responsible for the social media content at my previous company. When my team decided to participate in the polar plunge two years ago, we used social media to create interest in donating to our cause, and we raised more than 25.000 dollars for the event.

I am confident that the skills I homed in previous positions have prepared me for this opportunity with your firm. My expertise in your products and my experience in customer service and retail sales make me a great candidate for this opening. I would love to meet you and share more about my previous experience. If you have any questions, please give me a call at 123-456-6979 or email me at jeddie@lexia.com

Thank you for your consideration.

Sincerely,
Jeddie William

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait