4 Ide Membuat Kliping Kreatif yang Unik dan Menarik

Image title
10 Desember 2021, 18:06
Ilustrasi menyusun kliping
unspalsh.com
Ilustrasi menyusun kliping

Saat duduk di bangku sekolah, Anda mungkin pernah membuat kliping untuk tugas salah satu mata pelajaran. Dahulu, kegiatan menyusun kliping menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh siswa sekolah. Biasanya mereka akan membeli suatu koran atau majalah lama, kemudian menggunting beberapa halamannya. Bagian ini nantinya diletakan pada sebuah kertas atau buku kosong.

Kegiatan kliping merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan. Sebab, kliping bisa mengeksplorasi sisi kreativitas diri Anda. Di luar negeri, kliping dikenal dengan istilah scrapbook.

Membuat kliping bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengisi waktu luang Anda. Tumpukan koran lama atau buku novel yang sudah terkoyak rayap dapat Anda buat sebagai kliping. Kalimat unik maupun informasi penting di dalamnya dapat dirangkai sedemikian rupa hingga kliping buatan Anda tambah menarik.

Pada artikel kali ini, Anda bisa menemukan berbagai ide menarik untuk membuat sebuah kliping. Simak sampai tuntas penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Kliping dan Fungsinya

FESTIVAL PERS NASIONAL
FESTIVAL PERS NASIONAL (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah kliping adalah guntingan atau potongan bagian tertentu dari surat kabar, majalah, dan sebagainya. Kemudian disusun dengan sistem tertentu.

Membuat kliping perlu sistem penyusunan yang rapi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk merinci bagian-bagian penting yang diambil dari beragam media cetak untuk diubah menjadi kliping.

Dikutip dari buku berjudul Seni Budaya Keterampilan karya Drs. Sri Murtono, M.Pd. dkk., definisi kliping lebih luas lagi. Kliping adalah suatu aktivitas mengumpulkan benda atau gambar, yang diatur sekreatif mungkin. Kemudian ditempelkan pada permukaan kertas buku maupun media lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kliping dapat diartikan sebagai segala aktivitas yang mengumpulkan bahan berupa informasi, gambar, hingga benda. Lalu disusun serta diletakan pada bidang tertentu.

Sebelum internet sepopuler sekarang, kegiatan kliping sangat banyak dilakukan. Khususnya oleh siswa sampai mahasiswa yang diberikan tugas dari gurunya. Meski begitu, karena kemajuan pesat inilah aktivitas kliping saat ini dapat dilakukan secara digital. Selain itu, beragam aplikasi editing gambar sudah mendukung Anda untuk mengerjakan kegiatan tersebut.

Jika mengacu pada pengertiannya, fungsi kliping adalah untuk mengemas ulang sebuah bacaan. Bahan bacaan tersebut bisa berupa artikel, berita, hingga foto. Cara membuat kliping memang tidak ada standar bakunya. Namun demikian, kalau kliping dibuat guna memenuhi tugas sekolah maka sistem penyusunannya bisa meniru format penulisan buku, makalah, serta tulisan ilmiah lainnya.

Salah satu penulis luar negeri bernama Bob Losyk dalam bukunya berjudul Kendalikan Stres Anda, menjelaskan kalau mengoleksi dan membuat sebuah kliping akan membantu meringankan stres yang diderita. Kliping membuat Anda mengalihkan pikiran negatif atau semacamnya.

Selain bisa mengisi waktu luang, membuat kliping akan bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas Anda. Misalnya, Anda dapat menyusun kliping dari sebuah majalah lama dengan menyisipkan ilustrasi komik sebagai penghiasnya. Kliping memungkinkan Anda mengingat kembali serta bernostalgia pada kenangan menyenangkan di bangku sekolah dulu.

Beragam Ide Kliping Kreatif

Buku
Buku (Unsplash/Gülfer ERG?N)

Mencari ide unik untuk membuat kliping bisa Anda lakukan dengan berselancar di internet. Anda bisa memasukan kata kunci seperti “Membuat Kliping Kreatif” atau “Scrapbooks Ideas” pada mesin pencari Google.com.

Dengan kemajuan teknologi, Anda bisa membuat kliping digital. Namun, pada artikel ini Anda akan diberikan beragam ide kliping kreatif yang bisa Anda buat secara manual. Manfaat utamanya tentu akan menambah sisi kreativitas Anda.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut beragam ide kliping kreatif untuk Anda:

1. Kliping Sekolah

Ilustrasi contoh teks editorial.
Ilustrasi contoh teks editorial. (Pexels.com/Cottonbro)

Ya, ide kliping kreatif pertama adalah kliping sekolah. Ini akan membawa Anda untuk kembali mengingat kenangan menyenangkan di bangku sekolah. Anda bisa dapat merangkai foto, tulisan, atau penghargaan yang Anda raih semasa sekolah.

Cara membuat kliping seperti ini cukup mudah. Berikut saran penyusunanya untuk Anda:

  • Pertama siapkan beberapa lembar kertas notebook standar.
  • Kemudian siapkan bahan-bahannya. Ambil contoh, kalau Anda bisa menggunting beberapa bagian pada dokumen album foto semasa sekolah.
  • Setelah itu, Anda bisa membuat bingkai dari kertas warna-warni sebagai penghias.
  • Berikutnya, tempelkan potongan-potongan tersebut pada lembaran kertas notebook tadi.
  • Susun sesuai kreativitas Anda.

2. Buku Mini di Dalam Kliping

Ilustrasi kliping
Ilustrasi kliping (pinterest.com)

Anda bisa memadukan buku berukuran mini pada sebuah kliping. Caranya, sediakan area pada kertas kosong (sebelum ditempel potongan lainnya) untuk menambah beberapa album foto yang sudah dibuat menjadi album mini.

Setelah itu, gunakan sampul kertas kaku bersama dengan benda lainnya (sesuai selera Anda). Ini akan memberi kesan sampul keras yang mewah pada album mini tersebut. Langkah selanjutnya, masukan potongan bagian lain sebagai pelengkap.

Anda bisa menambahkan potongan-potongan berita inspiratif atau apapun yang menarik, pada surat kabar dan majalah lama di rumah Anda.

3. Kliping Monogram

Ilustrasi membuat kliping unik
Ilustrasi membuat kliping unik (unspalsh.com)

Anda bisa memakai beberapa kertas berwarna abu-abu untuk membuat kliping monogram. Ini akan terkesan elegan. Jika Anda sedang mengerjakan tugas pekerjaan atau kuliah, cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan bahan dan potong dengan gunting. Atur bentuknya sesuai keinginan Anda.
  • Sebelum ditempel, mulailah membuat sampul kliping Anda dengan berlapis kain.
  • Sesuaikan dengan sentuhan dekoratif.  Misalnya, menutupi halaman kosong  menggunakan kertas berpola dan menambahkan monogram logam ke sampulnya.
  • Setelah itu, tampilan kliping Anda akan menjadi lebih menarik.

4. Klliping Alam

Ilustrasi membuat kliping menarik
Ilustrasi membuat kliping menarik (unspalsh.com)

 

Apabila Anda sedang mengerjakan kliping dengan tema informasi seputar lingkungan, maka sisipkan dekorasi unik memakai beberapa lembar daun kering. Hal ini akan menambah sentuhan unik pada kliping tersebut.

Begitulah ulasan tentang kliping sampai ide kreatif untuk membuatnya. Meski kegiatan kliping tak lagi populer, Anda bisa mengerjakannya guna mengisi waktu luang.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait