Tips dan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup atau CV yang ATS Friendly

Image title
14 Desember 2021, 10:16
Ilustrasi cara membuat daftar riwayat hidup
Unsplash/Bram Naus
Ilustrasi cara membuat daftar riwayat hidup

Penolakan adalah bagian yang lumrah dalam proses rekrutmen calon tenaga kerja baru. Meski sudah masuk tahap wawancara, calon pekerja belum tentu langsung diterima. Namun demikian, tahap ini sudah terbilang bagus, karena itu artinya dokumen daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) miliknya telah dibaca oleh pihak rekrtuter.

Daftar riwayat hidup secara umum memuat informasi berupa identitas diri, alamat, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja. Berkas ini perlu dilampirkan saat melamar sebuah pekerjaan. Supaya pihak HRD (human resources development) mengetahui gambaran dari calon pelamar kerja.

Advertisement

Bagi para pencari kerja (jobseeker), saat ini rata-rata memakai template dari beberapa situs di internet terkait cara membuat daftar riwayat hidup. Hal ini bukan suatu kesalahan, namun template yang diunduh biasanya punya layout cukup beragam.

Ilustrasi Kerja Sama
Ilustrasi Kerja Sama (Unsplash/Hannah Busing)
 

Desain layout daftar riwayat hidup sebenarnya tidak memiliki aturan baku. Akan tetapi, sebaiknya disusun dengan sederhana agar mudah dibaca oleh HRD. Tidak hanya itu, sekarang proses rekrutmen juga sudah melibatkan sebuah sistem bernama Applicant Tracking System (ATS).

Sistem ini akan membantu pihak rekruter memilih dan menyeleksi dokumen daftar riwayat hidup yang sesuai dengan posisi lowongan kerja. Jika desain atau template CV yang dipakai punya layout begitu rumit, maka kemungkinan CV tersebut tidak lolos scan.

Lebih lanjut, berikut uraian lengkap tentang tips membuat daftar riwayat hidup atau CV yang ATS friendly. Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Sekilas Tentang Sistem ATS

Ilustrasi contoh surat lamaran kerja
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

 

ATS merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak untuk membantu pihak rekruter dalam menyeleksi dokumen CV atau daftar riwayat hidup yang dikirim calon pelamar kerja.  Aplikasi ini sangat memudahkan kerja HRD, karena lamaran yang masuk jumlahnya bisa sampai puluhan hingga ribuan.

Menurut The Muse, sistem ATS tidak hanya sekadar melacak lamaran berupa daftar riwayat hidup saja. Sistem ATS juga dapat bertindak sebagai filter, menguraikan setiap resume yang dikirimkan. Hanya calon kandidat pekerja yang paling relevan dan memenuhi syarat, yang akan lolos scan ATS ini ke manajer HRD atau pihak rekruter.

Sejumlah laporan dan studi di luar negeri menunjukan, kalau sejak tahun 2008 sistem ATS sudah mulai digunakan oleh perusahan besar terutama di Amerika Serikat. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jobscan, jika Anda melamar pekerjaan di situs pencari kerja atau aplikasi semacam ini, maka dokumen daftar riwayat hidup milik Anda akan masuk ke sistem ATS.

Dihimpun dari sejumlah sumber, ada dua alasan mengapa banyak memakai sistem ini. Alasan tersebut meliputi:

  • Menggunakan ATS sangat produktif bagi perusahaan: Sistem mempersempit berkas pelamar yang tidak sesuai, menghemat waktu dan sumber daya . Alih-alih melalui tumpukan kertas, sistem online ini membuat segala sesuatunya teratur.
  • Sistemnya juga non-diskriminatif, artinya tidak melihat faktor usia, jenis kelamin, atau ras. Pada akhirnya, mesin tidak bisa bias dan mencari pelamar yang sesuai kriteria.

Itulah gambaran singkat tentang sistem ATS dan mengapa Anda perlu membuat CV yang ATS Friendly. Untungnya, untuk lolos dari sistem ATS ini caranya jauh lebih mudah dari yang Anda kira. Penjelasan lengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Tips dan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup atau CV yang ATS Friendly

Ilustrasi penggunaan komputer
Ilustrasi penggunaan komputer (pixabay.com)

 

Dalam membuat daftar riwayat hidup atau resume yang ramah sistem ATS, Anda perlu memahami beberapa hal sebelum membuatnya. Misalnya, perhatikan kata kunci yang ada pada persyaratan lowongan kerja. Anda bisa menyelesaikannya, kemudian merangkai kalimat yang mendeskripsikan kalau Anda cocok dengan posisi tersebut.

Selain itu pemakaian desain CV yang sederhana akan meningkatkan peluang dokumen daftar riwayat hidup milik Anda, lolos dari sistem ATS. Dampak baiknya, resume tersebut akan dibaca oleh pihak rekruter.

Untuk membantu Anda dalam membuat CV yang ATS friendly, berikut beberapa tips dan panduan membuatnya:

1. Pilih Format Daftar Riwayat Hidup yang Tepat

Ilustrasi mengetik menggunakan laptop
Ilustrasi mengetik menggunakan laptop ( Startup Stock Photos/Pexels)

 

Menurut Myperfectresume.com, desain CV yang sederhana memiliki peluang jauh lebih besar untuk sampai ke pihak HRD. Setelah lolos dari sistem ATS, berkas daftar riwayat hidup milik Anda dijamin akan dilirik mereka.

Berangkat dari hal tersebut, Anda disarankan memilih desain serta layout daftar riwayat hidup yang sederhana. Penggunaan font, objek, atau ikon yang terlalu banyak, akan mempersulit berkas lolos scan.

Berikut contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar untuk Anda:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement