5 Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Utara yang Patut Dicoba

Image title
22 Desember 2021, 10:22
Ilustrasi Saksang makanan khas Sumatera Utara
Wikimedia
Ilustrasi Saksang makanan khas Sumatera Utara

Ciri khas Indonesia sebagai negara tropis dan kepulauan adalah memiliki beragam kekayaan alam dan budaya. Di antara kekayaan budaya ini salah satunya adalah dalam hal kuliner tradisional. Resep dan cara pembuatan kuliner tradisional biasanya bersifat turun temurun.

Kuliner nusantara juga dikenal sebagai penjaga dari cita rasa tradisional yang khas dari satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya. Itulah kenapa kuliner tradisional memiliki banyak keunikan dan kaya akan aneka rasa. Belum ada referensi khusus yang bisa menyebut jumlah pasti kuliner tradisional yang terdapat di Indonesia.

Advertisement

Makanan khas dari setiap daerah menjadi warisan dari para leluhur kerap kali menampaikan untuk jangan sampai generasi muda Indonesia lebih mengenal kuliner dari kebudayaan barat yang sekarang sudah merajalela di Indonesia. Usaha untuk memperkenalkan kuliner tradisional telah banyak dilakukan. Sebagai contohnya adalah menyajikan kuliner tradisional dalam bentuk kemasan kaleng.

Salah satu provinsi dengan kekayaan makanan khas adalah Sumatera Utara. Provinsi ini dikenal dengan keindahan pesona menakjubkan terbentang dari Danau Toba yang indah, danau terbesar di Asia Tenggara, sampai ke sebuah hutan di Bukit Lawang yang dihuni oleh sekelompok orangutan. Keindahan alam dan kebudayaan di daerah ini menarik untuk di kunjungi sanggup menyediakan tempat untuk jiwa petualang yang menantang.

Berikut adalah lima makanan khas Sumatera Utara yang bisa dicoba saat berwisata atau menjadi oleh-oleh bagi keluarga atau kolega di rumah:

1. Dali Ni Horbo

Rekomendasi makanan khas Sumatera Utara yang pertama adalah Dali Ni Horbo. Kuliner ini biasanya dikonsumsi daalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Untuk pengolahannya terbuat dari susu kerbau dijual dalam bentuk penganan setelah dibekukan dengan cara dimasak dengan cara tradisional dan tanpa bahan kimia.

Di Provinsi Sumatera Utara, makanan ini hanya dijual dengan harga Rp10.000 hingga Rp20.000. Cukup murah untuk makanan bergizi nikmat serta kaya nutrisi.

2. Dengke Mas Na Niura

Pilihan makanan khas Sumatera Utara lainnya adalah Dekke Na Niura. Penganan ini terdiri dari komposisi ikan mas yang diberi bumbu dan asam, kemudian dibiarkan menjadi lunak tanpa dimasak. Proses yang demikian memungkinkan bakteri asam laktat berkembang. Contoh dari bakteri ini adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium yang juga merupakan sumber probiotik .

Kandungan probiotik dikenal bermanfaat untuk tubuh karena mengandung mikroorganisme yang hidup yang secara aktif yang dapat meningkatkan kesehatan dengan memperbaiki mikroflora di usus besar. Selain itu bakteri baik dapat menghasilkan senyawa penghambat terhadap pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif sehingga mengendalikan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di dalam saluran pencernaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement