Penjelasan dan Contoh Latar Belakang Makalah yang Sesuai Kaidah

Berikut penjelasan serta contoh latar belakang makalah yang bisa menjadi panduan dalam proses penulisan karya ilmiah
Image title
29 Desember 2021, 10:28
Ilustrasi seorang siswi dalam membuat contoh latar belakang makalah di tengah situasi belajar daring
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wsj.
Seorang mahasiswa jurusan manajemen Universitas Muhammadiyah Magelang Teara Noviani (kiri) mengerjakan Ujian Tengah Semester secara daring di pinggir jalan kawasan pegunungan Menoreh di Desa Kenalan, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/7/2020). Teara mengaku kesulitan mendapatkan sinyal internet di wilayahnya, sehingga setiap hari terpaksa mengerjakan tugas kuliah dan ujian di pinggir jalan yang sinyal internetnya kuat.

Dalam kegiatan akademik, karya tulis ilmiah menjadi hal yang sangat lazim. Untuk membuatnya ada beberapa elemen yang harus dipersiapkan dari pendahuluan, isi dan penutup. Dalam proses penulisan sebuah karya ilmiah haruslah sistematis, yang paling penting Anda harus mengetahui masalah apa yang ingin Anda tulis dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Salah satu komponen paling penting di dalam sebuah karya ilmiah adalah keberadaan latar belakang. Dengan menuliskan latar belakang yang kuat, karya tulis ilmiah mu akan lebih kompeten dan tidak mudah terbantahkan. Keberadaannya diperlukan ketika kamu ingin menulis makalah, jurnal, skripsi, bahkan proposal.

Fungsi dari latar belakang masalah sendiri untuk menjelaskan topik penelitian yang ingin kamu bahas dan mengapa kamu memilih topik itu. Dengan begitu, para pembaca akan paham dengan maksud dan tujuan kamu menulis karya ilmiah. Selain itu tulis latar belakang dengan sebaik mungkin sehingga meningkatkan minat pembaca karya ilmiah Anda.

Komponen Penting Dalam Latar Belakang Masalah

Apabila dibedah secara mendalam, isi dari latar belakang dalam karya tulis ilmiah terdiri atas:

1. Data atau Fakta yang Ada
Komponen ini akan menjadi acuan dalam penulisan latar belakang. Dengan data atau fakta yang kamu peroleh, kamu harus menjabarkan secara rinci masalah apa yang akan kamu bahas. Tentu saja data ini nantinya akan dibandingkan dengan teori-teori yang ada atau standar keilmuan. Apabila berbeda, disitulah letak permasalahannya.

2. Analisis
Berisi analisis terhadap permasalahan yang ada sampai jelas.

3. Mengapa harus diteliti?
Dari analisis tersebut seharusnya bisa menghasilkan sebuah kesimpulan awal mengapa proyek tersebut bisa dan harus diteliti lagi.

Setelah membaca tiga komponen tersebut Anda masih merasa bingung, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan.

  • Observasi: coba lihat di sekelilingmu, atau coba telusuri media sosial. Dari situ kamu bisa menemukan sebuah masalah yang mungkin menarik minat kamu.
  • Identifikasi: setelah menemukan masalah tersebut, coba cari tahu lebih dalam. Apakah masalah tersebut memiliki dampak yang besar atau kecil, dan sebagainya.
  • Analisis: selanjutnya, cari tahu bagaimana permasalahan tersebut, apakah kamu menemukan solusinya atau tidak.
  • Kesimpulan: buatlah kesimpulan dari masalah yang kamu temukan, tulis juga hipotesismu secara singkat dan jelas.

Apabila masih belum memahami mengenai proses pembuatan latar belakang makalah, berikut cotoh latar belakang makalah yang bisa menjadi contoh serta panduan saat penulisan karya ilmiah.

Contoh Latar Belakang Makalah 1

Judul: Pemanfaatan Internet untuk Transaksi Jual Beli

Pada era modern saat ini, perkembangan teknologi dan internet sudah semakin canggih. Dengan adanya internet, hampir semua aktivitas bisa dilakukan, seperti bercengkrama dengan teman yang ada di benua lain, memesan taksi, hingga melakukan jual beli. Tidak hanya jual beli antar kota saja, namun bisa sampai mencakup antar negara dengan cara yang mudah dan biaya yang murah.

Dengan begitu, tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang turut menawarkan berbagai produk dan jasanya lewat internet. Mulai dari menyediakan jasa pengiriman barang, kebutuhan sandang pangan, dan sebagainya. Ketika sebuah barang atau jasa sudah dipasarkan melalui internet, maka semua pengguna internet di dunia bisa melihat produk tersebut.

Dalam melakukan transaksi jual beli ini, sudah ada platform yang bernama E-Commerce. Di Indonesia sendiri, E-Commerce sudah merebak sejak tahun 2010. Bahkan, Indonesia telah dinobatkan sebagai negara dengan adopsi E-Commerce tertinggi di dunia pada tahun 2019.

Pengguna internet mulai dari usia 16-65 tahun pernah bertransaksi melalui E-Commerce. Hingga saat ini, sudah banyak sekali pilihan E-Commerce di Indonesia, mulai dari Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada. Dsb. Bertransaksi melalui E-Commerce jadi lebih mudah bagi kedua belah pihak, pihak pembeli maupun penjual.

Dengan adanya E-Commerce, para penjual tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak seperti yang biaya sewa toko, pegawai, dll. Dari sisi pembeli, pembeli tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk berbelanja. Melalui E-Commerce, transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan cepat untuk para pengguna internet di seluruh dunia.

Contoh Latar Belakang Makalah 2

Judul: Proposal Kegiatan dalam Memperingati 17 Agustus di RW 13

17 Agustus adalah hari kemerdekaan negara kita, negara Indonesia. Sudah sepatutnya, sebagai warga negara Indonesia kita turut berbangga dan memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Dengan ikut meramaikan hari kemerdekaan Indonesia, diharapkan semakin besar rasa nasionalisme untuk negeri ini. Hal ini akan membangkitkan ingatan kita akan besarnya jasa para pahlawan yang bersatu melawan penjajah tanpa memandang suku, ras, maupun agama yang dianut.

Maka dari itu, sangat diharapkan bagi warga RW 13 untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Mengingat bahwa acara 17 Agustus memang diadakan setiap tahunnya di RW 13.

Berbagai acara akan digelar dalam memperingati hari kemerdekaan ini seperti, gotong royong, upacara bendera, dan juga lomba-lomba untuk anak-anak hingga orang dewasa. Dari acara ini diharapkan bisa semakin mempererat hubungan antar warga RW 13.

Demikianlah pembahasan dan contoh latar belakang makalah yang disadur dari website Gramedia.com dan bisa menjadi panduan dan dipraktikkan di rumah. Karya ilmiah harus ditulis secara sistematis dan runtut agar bisa menghasilkan kualitas karya yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait