Penjelasan dan Contoh Latar Belakang Makalah yang Sesuai Kaidah

Image title
29 Desember 2021, 10:28
Ilustrasi seorang siswi dalam membuat contoh latar belakang makalah di tengah situasi belajar daring
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wsj.
Seorang mahasiswa jurusan manajemen Universitas Muhammadiyah Magelang Teara Noviani (kiri) mengerjakan Ujian Tengah Semester secara daring di pinggir jalan kawasan pegunungan Menoreh di Desa Kenalan, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/7/2020). Teara mengaku kesulitan mendapatkan sinyal internet di wilayahnya, sehingga setiap hari terpaksa mengerjakan tugas kuliah dan ujian di pinggir jalan yang sinyal internetnya kuat.

Dalam kegiatan akademik, karya tulis ilmiah menjadi hal yang sangat lazim. Untuk membuatnya ada beberapa elemen yang harus dipersiapkan dari pendahuluan, isi dan penutup. Dalam proses penulisan sebuah karya ilmiah haruslah sistematis, yang paling penting Anda harus mengetahui masalah apa yang ingin Anda tulis dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Salah satu komponen paling penting di dalam sebuah karya ilmiah adalah keberadaan latar belakang. Dengan menuliskan latar belakang yang kuat, karya tulis ilmiah mu akan lebih kompeten dan tidak mudah terbantahkan. Keberadaannya diperlukan ketika kamu ingin menulis makalah, jurnal, skripsi, bahkan proposal.

Advertisement

Fungsi dari latar belakang masalah sendiri untuk menjelaskan topik penelitian yang ingin kamu bahas dan mengapa kamu memilih topik itu. Dengan begitu, para pembaca akan paham dengan maksud dan tujuan kamu menulis karya ilmiah. Selain itu tulis latar belakang dengan sebaik mungkin sehingga meningkatkan minat pembaca karya ilmiah Anda.

Komponen Penting Dalam Latar Belakang Masalah

Apabila dibedah secara mendalam, isi dari latar belakang dalam karya tulis ilmiah terdiri atas:

1. Data atau Fakta yang Ada
Komponen ini akan menjadi acuan dalam penulisan latar belakang. Dengan data atau fakta yang kamu peroleh, kamu harus menjabarkan secara rinci masalah apa yang akan kamu bahas. Tentu saja data ini nantinya akan dibandingkan dengan teori-teori yang ada atau standar keilmuan. Apabila berbeda, disitulah letak permasalahannya.

2. Analisis
Berisi analisis terhadap permasalahan yang ada sampai jelas.

3. Mengapa harus diteliti?
Dari analisis tersebut seharusnya bisa menghasilkan sebuah kesimpulan awal mengapa proyek tersebut bisa dan harus diteliti lagi.

Setelah membaca tiga komponen tersebut Anda masih merasa bingung, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan.

  • Observasi: coba lihat di sekelilingmu, atau coba telusuri media sosial. Dari situ kamu bisa menemukan sebuah masalah yang mungkin menarik minat kamu.
  • Identifikasi: setelah menemukan masalah tersebut, coba cari tahu lebih dalam. Apakah masalah tersebut memiliki dampak yang besar atau kecil, dan sebagainya.
  • Analisis: selanjutnya, cari tahu bagaimana permasalahan tersebut, apakah kamu menemukan solusinya atau tidak.
  • Kesimpulan: buatlah kesimpulan dari masalah yang kamu temukan, tulis juga hipotesismu secara singkat dan jelas.

Apabila masih belum memahami mengenai proses pembuatan latar belakang makalah, berikut cotoh latar belakang makalah yang bisa menjadi contoh serta panduan saat penulisan karya ilmiah.

Contoh Latar Belakang Makalah 1

Judul: Pemanfaatan Internet untuk Transaksi Jual Beli

Pada era modern saat ini, perkembangan teknologi dan internet sudah semakin canggih. Dengan adanya internet, hampir semua aktivitas bisa dilakukan, seperti bercengkrama dengan teman yang ada di benua lain, memesan taksi, hingga melakukan jual beli. Tidak hanya jual beli antar kota saja, namun bisa sampai mencakup antar negara dengan cara yang mudah dan biaya yang murah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement