9 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Praktis

Berikut sembilan cara belajar Bahasa Inggris yang sangat mudah untuk dipraktikkan dalam kehidupan keseharian. Kebutuhan Bahasa Inggris di era saat ini menjadi sangat penting.
Image title
30 Desember 2021, 16:48
Ilustrasi cara belajar Bahasa Inggris yang sangat penting untuk membantu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto
Ilustrasi cara belajar Bahasa Inggris yang sangat penting untuk membantu komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan Berbahasa Inggris di era modern saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar yang hampir menjadi kewajiban bagi setiap orang. Hal itu disebabkan terbukanya komunikasi antar masyarakat yang telah menembus batas negara dan waktu. Sehingga kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan saat bercakap-cakap dengan berbagai komunitas dari berbagai negara.

Bagi Anda yang menyadari kemampuan bahasa Inggrisnya masih berantakan, tetapi ingin bisa belajar bahasa Inggris. Tenang, karena Anda masih berkesempatan untuk bisa belajar sendiri dan mahir berbahasa Inggris.

Berikut 9 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan praktis yang bisa dipraktikkan di rumah yang dilansir dari situs Penerbitbukudeepublishing.com. Melalui tips dan trik ini Anda bisa belajar Bahasa Bahasa Inggris dengan mudah, murah dimanapun dan kapanpun.

1. Rajin Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris yang pertama adalah dengan memperbanyak mendengarkan lagu Berbahasa Inggris. Apabila dilihat secara singkat tips ini nampaknya remeh, akan tetapi sangat efektif membantu kamu menguasai bahasa. 

Advertisement

Dalam belajar Anda bisa menambahkan variasi dengan melihat teks lirik musik. Dengan mengamati teks lirik akan sangat membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Cara belajar bahasa inggris seperti ini menyenangkan dan dijamin tidak membosankan. Karena dengan mendengarkan musik sambil bernyanyi, Anda bisa sambil belajar dan menguasai salah satu cabang bahasa dan sastra ini.

2. Memperbanyak Tontonan Film Berbahasa Inggris

Selanjutnya cara belajar Bahasa Inggris adalah dengan memperbanyak tontonan yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Selain menghibur, setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan banyak kosakata yang akan terus diulang-ulang. Pengulangan-pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

3. Membaca Literasi Berbahasa Inggris

Salah satu metode efektif dalam cara belajar Bahasa Inggris adalah dengan membaca. Salah satu bacaan yang bisa menjadi rekomendasi adalah membaca buku novel berbahasa inggris. Misalnya buku novel keluaran dari luar negeri. Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosakata baru.

4. Rajin Menulis Perbendaharaan Kosakata Baru

Mencatat kosakata baru bisa menjadi cara belajar Bahasa Inggris yang sangat efektif. Catatan itu bisa Anda dapatkan dari bacaan, tontonan, atau siniar yang Anda dengarkan secara rutin. Selain itu pastikan kosakata yang kamu catat adalah kosakata yang belum kamu pahami. Jika ada kosakata yang sudah familiar dan sudah kamu ketahui, kamu tidak perlu melakukannya lagi.

5. Berani Mencoba Menulis Dalam Bahasa Inggris

Semakin beani Anda mencoba mepraktikkan kemampuan Anda dalam Berbahasa Inggris maka semakn cepat Anda dalam berkembang. Hal itu sebagai implementasi setelah Anda mempelajari pelafalan bahasa inggris lewat nonton film dan mendengar musik. Kemudian sudah memperbanyak kosakata. Maka langkah selanjutnya adalah, mencoba untuk menulis menggunakan kalimat inggris.

Anda dapat mengawali dengan menulis kalimat sederhana dan mudah menggunakan bahasa inggris. Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk lebih familiar dan akrab menggunakan bahasa Inggris.

6. Perluas Pergaulan dengan Penutur Asli Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah dengan berteman dengan orang asing. Sebenarnya tidak harus berteman dengan orang asing. Tetapi berteman dengan orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa asing mahir.

Salah satu manfaat besar dari belajar berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa asing. Semisal kamu melakukan dialog yang salah dan kurang, kamu pun tidak terlalu malu setengah mati. Karena kamu pun berkomunikasi dengan teman sendiri. Salah pun bisa dimaklumi. Lain cerita jika misal berbicara langsung di depan umum, kemudian mengalami kesalahan ucap, pastinya membuat malu.

7. Mengikuti Kelas Kursus Bahasa Inggris

Dengan mengikuti kelas kursus Bahasa Inggris Anda akan langsung di tangani atau dibimbing langsung oleh tim. Kelebihan mengikuti kursus, kamu dapat belajar lebih intens. Saat kamu tidak tahu, bisa langsung bertanya dan tentu saja bisa langsung dijawab atau dijelaskan.

Cara belajar Bahasa Inggris dengan kursus ini sangat pas bagi Anda ang hasil akhirnya lebih formal. Misalnya ingin mendapatkan sertifikat kursus bahasa inggris, ingin mendapatkan hasil ujian toefel yang lebih baik dan akan melamar mahasiswa di luar negeri.

8. Ubah Pengaturan di Gawai Dalam Bahasa Inggris

Dalam setiap gawai yang kita miliki hingga perabotan elektronik lainnya ada pengaturan bahasa. Anda dapat mengubahnya dengan Bahasa Inggris. Hal itu untuk membantu kita dalam belajar bahasa inggris kita bisa mengaturnya agar dalam mode bahasa inggris.

Oleh karenanya Anda dapat mudah akrab dengan kata-kata dalam bahasa inggris. Kata-kata seperi nama-nama hari, jam, emergency call, search, reorder dan masih banyak lagi.

9. Tantang Diri Sendiri Untuk Berani Berbahasa Inggris

Dalam menantang diri sendiri Anda bisa menghafalkan lima kata dalam tiap hari, kata bisa diperoleh dari membaca buku, artikel atau berita dalam bahasa inggris. Selain itu Anda bisa membaca satu artikel perhari dalam bahasa inggris. Artikel bisa didapat dari berita atau majalah luar negeri.

Demikianlah sembilan cara belajar Bahasa Inggris yang dapat menggunakan teknologi atau pun guru dengan mudah dan praktis. Metode ini bisa dipraktikkan selama Anda memiliki kemauan yang tinggi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait