3 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Image title
31 Desember 2021, 11:02
Ilustrasi tiga cara mengencangkan kulit wajah secara alami
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi tiga cara mengencangkan kulit wajah secara alami

Memiliki kulit indah yang tak kendur merupakan salah satu impian banyak orang. Kulit wajah yang mengendur bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Makanya, banyak orang terutama dari kaum hawa melakukan berbagai cara mengencangkan kulit wajah agar tampak lebih awet muda. Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan.

Sejatinya kulit wajah yang mengendur merupakan suatu hal yang wajar dan termasuk dalam proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada wajah, terdapat kantong-kantong lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti dahi, pelipis, pipi, bibir, serta area wajah lainnya.

Kulit wajah mengendur ditimbulkan oleh lemak alami dalam lapisan kulit bisa berkurang seiring bertambahnya usia dan dengan penurunan kadar kolagen dalam kulit. Inilah yang menjadi pemicu terciptanya ruang kosong di bawah lapisan kulit yang menjadi penyebab kulit kendur.

Kulit wajah kendur tidak hanya disebabkan oleh faktor usia. Salah satu ciri dari penuaan ini juga timbul akibat paparan sinar matahari, polutan, atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit secara berlebihan, hingga pola hidup yang tidak sehat. Oleh karenanya bagi para masyarakat yang banyak bekerja di luar ruangan dan rentan terpapar sinar matahari harus melakukan kerja ekstra agar proses penuaan itu tidak lekas menghampiri.

Berikut beberapa cara mengencangkan kulit wajah agar tidak penuh kendur dengan bahan alami yang dilansir dari situs SehatQ.com:

1. Konsumsi Air Putih Secara Rutin dan Cukup

Cara mengencangkan kulit wajah yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Kebiasaan rutin meminum air putih yang cukup dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik, sehingga tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan. Minum air putih juga perlu diimbangi dengan kebiasaan baik lainnya seperti banyak memakan asupan makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Pijat Wajah

Selanjutnya, ada cara mengencangkan kulit wajah yang menggunakan pijatan. Manfaat dari pijat wajah dapat merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan aliran darah sehingga membantu memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk mempraktikannya, bisa dengan memulai pijat wajah Anda secara lembut dan perlahan selama lima hingga enam menit setiap hari.

3. Mengenakan Masker Wajah

Agar wajah tetap kencang rutinlah menggunakan masker wajah. Masker wajah dapat menutrisi serta menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Bahkan, beberapa jenis masker wajah alami ada yang bertindak sebagai anti penuaan. Ada beberapa bahan dan cara mengencangkan kulit wajah dengan masker, antara lain:

A. Masker Putih Telur

Banyak orang yang menyebut manfaat masker putih telur serupa melakukan prosedur face lift. Setelah masker dari putih telur dibilas dari wajah pun, efek kencang ini biasanya masih akan terasa hingga satu jam setelahnya. 

B. Madu

Cara mengencangkan kulit wajah dengan madu dapat dilakukan dengan olesan pada bagian permukaan wajah yang sudah bersih, secara merata. Diamkan 5-10 menit, lalu bilas wajah dengan air.

C. Minyak Zaitun

Kegunaan minyak zaitun untuk wajah salah satunya adalah memberikan ekstra kelembapan. Minyak zaitun juga kaya vitamin E yang mampu mengencangkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah setelah cuci muka.

D. Masker Pisang

Tidak kandungan nutrisi buahnya yang kaya manfaat namun juga kulitnya yang memiliki kandungan vitamin A dan E di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas sekaligus menjaga kulit tetap kencang. Caranya mudah, haluskan 1 buah pisang dan campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

E. Kulit Jeruk

Memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker untuk mengencangkan wajah secara alami. Caranya mudah, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu, tumbuk kulit jeruk sampai halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

F. Masker Lidah Buaya

Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya, Anda dapat mengoleskannya langsung dari tanamannya atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran, pada area wajah secara merata.

G. Masker Teh Hijau

Kandungan vitamin B2 dalam teh hijau berkhasiat untuk dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Dengan adanya vitamin B2, kulit kencang dapat terjaga sehingga membuatnya lebih awet muda.

Demikianlah tiga cara mengencangkan kulit wajah secara alami dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar kita. Tentunya agar mendapatkan manfaat secara maksimal harus dilakukan secara rutin dan menyeluruh. Selain itu, apabila ada gangguan kulit dalam proses mengencangkan kulit tersebut, segera diperiksakan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait