6 Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Prosedur Medis

Image title
31 Desember 2021, 12:26
Ilustrasi cara mengencangkan kulit wajah dengan botox
Freepik.com
Ilustrasi cara mengencangkan kulit wajah dengan botox

Wajah cantik dan rupawan menjadi idaman banyak orang terutama dari kaum hawa. Namun seiring berjalannya waktu, kulit wajah bisa mengendur dan membuatnya terlihat lebih tua. Makanya, banyak wanita melakukan berbagai cara mengencangkan kulit wajah agar tampak lebih awet muda. Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan.

Kulit wajah mengendur pasti terjadi, terutama seiring bertambahnya usia. Namun ada beberapa cara agar penuaan tersebut tudak berpengaruh banyak. Dalam praktiknya dapat dilakukan pada wajah, terutama pada sisi-sisi kantong-kantong lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti dahi, pelipis, pipi, bibir, serta area wajah lainnya.

Selain usia, penyebab kulit wajah mengendur juga diakibatkan paparan sinar matahari, polutan, atau bahan kimia dalam produk perawatan kulit secara berlebihan, hingga pola hidup yang tidak sehat. Orang yang banyak bekerja di luar ruangan dan rentan terpapar sinar matahari harus melakukan kerja ekstra agar proses penuaan itu tidak lekas menghampiri.

Ada banyak cara mengencangkan kulit wajah baik secara alami ataupun menggunakan teknologi. Tentunya, untuk menggunakan teknologi Anda harus melakukan perawatan ke dokter kulit. Berikut beberapa prosedur pilihan cara mengencangkan kulit wajah yang menggunakan teknologi prosedur medis:

1. Terapi Ultrasound

Cara mengencangkan kulit wajah dengan prosedur medis yang pertama adalah dengan terapi ultrasound. Adpaun yang dilakukan dengan menargetkan area bawah dagu dan leher. Tindakan ini melibatkan penggunaan gelombang ultrasonik yang akan menembus jauh ke dalam kulit untuk merangsang produksi kolagen.

Sebagian orang mungkin hanya memerlukan terapi ultrasound satu kali, tetapi sebagian orang lainnya bisa saja melakukannya beberapa kali untuk memperoleh hasil yang optimal.

2. Radiofrequency

Selanjutnya dalam cara kulit wajah adalah dengan menggunakan Radiofrequency. Cara ini mampu membuat wajah awet muda dan kencang yang disebut sama atau lebih efektif dibandingkan menggunakan krim antipenuaan.

Perawatan ini dapat merangsang produksi protein di lapisan kulit yang lebih dalam untuk membuatnya lebih kencang. Meski demikian, Anda perlu melakukannya secara berulang dalam beberapa tahun agar kulit bisa tetap kencang dan awet muda.

3. Laser Resurfacing

Di nomor tiga ada cara mengencangkan kulit wajah dengan prosedur medis yaitu laser resurfacing. Tindakan medis ini memiliki tujuan ntuk meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit lebih dalam sekaligus mengikis lapisan kulit teratas guna memperbaiki tekstur serta warnanya.

Walaupun kulit bisa lebih kencang setelahnya, tindakan laser resurfacing tidak permanen. Bagi Anda yang hendak menggunakan metode ini, disarankan untuk melakukan laser resurfacing secara berulang guna mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Microneeding

Prosedur perawatan kulit berikutnya adalah microneeding. Cara mengencangkan kulit wajah dengan metode ini memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi kolagen dan jaringan kulit baru sehingga proses peremajaan kulit bisa terjadi.

Sesuai dengan namanya, microneedling melibatkan penggunaan jarum kecil yang akan ditusukkan pada kulit. Melalui prosedur ini, kulit dapat menjadi lebih halus, kenyal dan lebih kencang. Microneedling perlu dilakukan beberapa sesi selama 3-4 bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pada umumnya proses perawatan ini tidak permanen sehingga Anda perlu melakukan tindakan medis ini secara berulang.

Advertisement

5. Botox

Metode ini kerap didengar oleh banyak masyarakat. Suntik botox atau botulinum toxin umum digunakan untuk mengatasi atau mengurangi kerutan yang muncul di wajah. Perawatan ini diberikan melalui suntikan tanpa perlu pembedahan besar (minimal invasif).
Nantinya, tampilan kulit wajah Anda akan tampak lebih kenyal dan awet muda. Hasil dari perawatan ini bisa bertahan tiga hingga empat bulan.

6. Face Lift

Cara mengencangkan kulit wajah dengan prosedur medis yang terakhir adalah dengan face lift. Prosedur ini mampu mengencangkan lipatan kulit dan kulit kendur di pipi maupun rahang, serta memperbaiki kerutan dan perubahan wajah karena proses penuaan.

Apabila Anda mencoba tindakan ini maka akan dibutuhkan sayatan panjang atau lebih pendek, tergantung pada banyaknya perbaikan masalah kulit yang dibutuhkan. Karena pada pada dasarnya, metode medis face lift akan membentuk ulang wajah bagian bawah dengan cara mengangkat kulit yang berlebih.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Alami

Selain dengan menggunakan prosedur medis, ada juga cara mengencangkan kulit wajah agar tidak penuh kendur dengan bahan alami. Berikut tiga caranya:

1. Pijat Wajah

Cara mengencangkan kulit wajah yang pertama secara alami adalah dengan menggunakan pijatan. Manfaat dari pijat wajah dapat merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan aliran darah sehingga membantu memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk mempraktikannya, bisa dengan memulai pijat wajah Anda secara lembut dan perlahan selama lima hingga enam menit setiap hari.

2. Meminum Air Putih

Kebiasaan rutin meminum air putih yang cukup dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan. Minum air putih juga perlu diimbangi dengan kebiasaan baik lainnya seperti banyak memakan asupan makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

3. Menggunakan Masker Wajah Alami

Ada beberapa bahan dan cara mengencangkan kulit wajah dengan masker, antara lain:

A. Madu

Cara mengencangkan kulit wajah dengan madu dapat dilakukan dengan olesan pada bagian permukaan wajah yang sudah bersih, secara merata. Diamkan 5-10 menit, lalu bilas wajah dengan air.

B. Minyak Zaitun

Kegunaan minyak zaitun untuk wajah salah satunya adalah memberikan ekstra kelembapan. Minyak zaitun juga kaya vitamin E yang mampu mengencangkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah setelah cuci muka.

C. Kulit Jeruk

Memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker untuk mengencangkan wajah secara alami. Caranya mudah, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu, tumbuk kulit jeruk sampai halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

D. Masker Lidah Buaya

Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya, Anda dapat mengoleskannya langsung dari tanamannya atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran, pada area wajah secara merata.

E. Masker Teh Hijau

Kandungan vitamin B2 dalam teh hijau berkhasiat untuk dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Dengan adanya vitamin B2, kulit kencang dapat terjaga sehingga membuatnya lebih awet muda.

F. Masker Pisang

Selain kandungan nutrisi buahnya yang kaya manfaat namun juga kulitnya yang memiliki kandungan vitamin A dan E di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas sekaligus menjaga kulit tetap kencang. Caranya mudah, haluskan 1 buah pisang dan campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Demikianlah enam cara mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan prosedur medis dan alami yang bisa Anda gunakan sebagai perawatan wajah. Apabila belum cocok, Anda juga bisa mencoba dengan menggunakan metode alami yang bisa didapatkan dari bahan sekitar lingkungan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait