Mengenal Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Image title
31 Desember 2021, 17:17
Ilustrasi lidah buaya sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering
Pixabay/endriqstudio
Ilustrasi lidah buaya

Kulit kering adalah kondisi kulit yang terlihat pecah-pecah dan memiliki tekstur agak kasar. Dalam beberapa kasus, situasi ini bisa mengakibatkan beberapa bagian luar kulit terkelupas. Selain itu, kulit kering sangat rentan terhadap serangan mikroorganisme yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Pada umumnya cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan dua metode. Pertama memakai pengobatan medis dan yang kedua menggunakan bahan alami.

Di sekitar kita banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan tersebut cenderung sedikit memiliki efek samping.

Dihimpun dari Medical News Today, Healthline, dan sumber lainnya, berikut cara mengatasi kulit kering menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Bahan Alami

Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit kering yang pertama yaitu memakai minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki asam lemak jenuh yang terjadi secara alami. Asam ini bersifat emolien. Emolien dapat mengisi ruang di antara sel-sel kulit dan menciptakan permukaan yang halus.

Minyak nabati ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk cara mengatasi kulit kering. Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari bahkan pada bagian paling sensitif dari tubuh Anda.

Madu

Dalam sebuah jurnal berjudul Medicinal and cosmetic uses of Bee’s Honey yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2012 lalu, ditemukan fakta bahwa madu bermanfaat untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Termasuk cara mengatasi kulit kering.

Madu bersifat melembabkan dan antiinflamasi. Manfaat madu ini bisa Anda peroleh dengan mengoleskannya pada bagian kulit kering.

Lidah Buaya

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2003, gel lidah buaya ternyata dapat membantu meredakan kulit kering. Penelitian lain menunjukan kalau seseorang dengan kulit kering di tangan atau kaki mereka sering mengoleskan gel lidah buaya. Hasilnya, metode itu menjadi cara mengatasi kulit kering yang cukup ampuh.

Oatmeal

Oatmeal adalah obat tradisional yang bisa meringankan gejala iritasi pada kulit. Selain itu, oatmeal memiliki antioksidan dan sifat antiinflamasi. Obat ini sangat efektif jika Anda ingin menghilangkan rasa gatal karena kulit kering.

Minyak Biji Matahari

Minyak biji bunga matahari adalah olahan bahan nabati yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelembab. Minyak ini mengandung asam linoleat yang menghidrasi kulit Anda dan memperkuat penghalang kulit.

Perlu diperhatikan, tidak semua minyak nabati bisa dipakai sebagai cara mengatasi kulit kering. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013, menemukan bahwa minyak zaitun dapat merusak penghalang kulit. Dengan begitu, Anda disarankan agar memakai minyak biji matahari untuk mengatasi masalah kulit kering.

Susu Segar

Sejumlah studi menyebutkan bahwa susu murni tanpa gula di dalamnya, mengandung asam laktat yang berfungsi untuk melembabkan dan menjadi perisai kulit. Anda bisa memakai bahan ini sebagai pelembab.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...