Mengenal Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Ada berbagai cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Ini penting karena kulit kering bisa menyebabkan gangguan kulit seperti gatal-gatal, bintik merah, dan sebagainya.
Image title
31 Desember 2021, 17:17
Ilustrasi lidah buaya sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering
Pixabay/endriqstudio
Ilustrasi lidah buaya

Kulit kering adalah kondisi kulit yang terlihat pecah-pecah dan memiliki tekstur agak kasar. Dalam beberapa kasus, situasi ini bisa mengakibatkan beberapa bagian luar kulit terkelupas. Selain itu, kulit kering sangat rentan terhadap serangan mikroorganisme yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Pada umumnya cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan dua metode. Pertama memakai pengobatan medis dan yang kedua menggunakan bahan alami.

Di sekitar kita banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan tersebut cenderung sedikit memiliki efek samping.

Dihimpun dari Medical News Today, Healthline, dan sumber lainnya, berikut cara mengatasi kulit kering menggunakan bahan-bahan alami.

Advertisement

Cara Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Bahan Alami

Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit kering yang pertama yaitu memakai minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki asam lemak jenuh yang terjadi secara alami. Asam ini bersifat emolien. Emolien dapat mengisi ruang di antara sel-sel kulit dan menciptakan permukaan yang halus.

Minyak nabati ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk cara mengatasi kulit kering. Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari bahkan pada bagian paling sensitif dari tubuh Anda.

Madu

Dalam sebuah jurnal berjudul Medicinal and cosmetic uses of Bee’s Honey yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2012 lalu, ditemukan fakta bahwa madu bermanfaat untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Termasuk cara mengatasi kulit kering.

Madu bersifat melembabkan dan antiinflamasi. Manfaat madu ini bisa Anda peroleh dengan mengoleskannya pada bagian kulit kering.

Lidah Buaya

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2003, gel lidah buaya ternyata dapat membantu meredakan kulit kering. Penelitian lain menunjukan kalau seseorang dengan kulit kering di tangan atau kaki mereka sering mengoleskan gel lidah buaya. Hasilnya, metode itu menjadi cara mengatasi kulit kering yang cukup ampuh.

Oatmeal

Oatmeal adalah obat tradisional yang bisa meringankan gejala iritasi pada kulit. Selain itu, oatmeal memiliki antioksidan dan sifat antiinflamasi. Obat ini sangat efektif jika Anda ingin menghilangkan rasa gatal karena kulit kering.

Minyak Biji Matahari

Minyak biji bunga matahari adalah olahan bahan nabati yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelembab. Minyak ini mengandung asam linoleat yang menghidrasi kulit Anda dan memperkuat penghalang kulit.

Perlu diperhatikan, tidak semua minyak nabati bisa dipakai sebagai cara mengatasi kulit kering. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013, menemukan bahwa minyak zaitun dapat merusak penghalang kulit. Dengan begitu, Anda disarankan agar memakai minyak biji matahari untuk mengatasi masalah kulit kering.

Susu Segar

Sejumlah studi menyebutkan bahwa susu murni tanpa gula di dalamnya, mengandung asam laktat yang berfungsi untuk melembabkan dan menjadi perisai kulit. Anda bisa memakai bahan ini sebagai pelembab.

Selain susu, Anda bisa memanfaatkan olahan kelopak mawar untuk cara mengatasi kulit kering. Kelopak mawar memiliki efek antiinflamasi pada kulit. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan para ahli. Selain itu, kelopak mawar dan air mawar menunjukkan efek pengencangan dan astringent pada kulit.

Gejala dan Penyebab Kulit Kering

Menurut Healthline, kulit kering merupakan kondisi umum pada kulit manusia yang bisa diderita siapa saja dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kulit kering bisa menjadi gejala yang menunjukkan diagnosis yang lebih serius. Kebanyakan kondisi semacam ini diakibatkan oleh faktor lingkungan yang menghilangkan kelembaban dari kulit.

Beberapa aktivitas sehari-hari juga bisa menimbulkan kulit kering. Contohnya seperti berkegiatan di cuaca panas, mandi air panas, dan sabun yang keras pada kulit.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari Mayoclinic.org, kulit kering biasanya bersifat sementara dan akan sembuh dengan sendirinya jika kondisi lingkungan di sekitar Anda mendukungnya. Meskipun begitu dalam beberapa kasus, kulit kering bisa timbul karena kondisi penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

Selain penyebab, gejala dan tanda kulit kering bisa dipengaruhi oleh usia, kondisi kesehatan, tempat tinggal, hingga waktu yang dihabiskan di luar ruangan. Adapun gejala kulit kering meliputi:

  • Kulit terasa kencang terutama setelah mandi atau berenang.
  • Kulit yang terasa dan terlihat kasar.
  • Gatal.
  • Pengelupasan kulit ringan hingga parah.
  • Garis-garis halus atau retakan.
  • Kulit terlihat pucat.
  • Kemerahan.
  • Retakan dalam yang mungkin berdarah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kulit kering bisa dipicu oleh kondisi lingkungan dan cuaca. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab kulit kering:

Cuaca dan Iklim

Cuaca bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit Anda. Jika tingkat kelembaban kulit berkurang, maka kulit Anda akan menjadi kering. Di luar negeri, mereka yang tinggal pada musim dingin biasanya bisa mengalami kulit kering.

Suhu Panas

Semua hal yang berkaitan dengan suhu panas bisa saja membuat kulit Anda menjadi kering. Ha ini karena tingkat kelembapan kulit Anda berkurang.

Contohnya saat Anda berendam di air panas dalam waktu yang lama, kulit Anda perlahan akan menjadi kering. Begitu juga saat Anda sering berenang, terutama di kolam yang mengandung banyak klorin.

Pemakaian Produk Kosmetik dan Sabun yang Tidak Sesuai dengan Kulit

Jenis kulit punya peran cukup besar ketika seseorang ingin membeli sabun mandi atau produk sejenisnya. Dari sejumlah studi, banyak sabun, deterjen, dan sampo di pasaran kemungkinan bisa menghilangkan kelembaban kulit Anda karena diformulasikan untuk menghilangkan minyak.

Kondisi Lainnya

Orang dengan kondisi kulit seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis rentan terhadap kulit kering. Selain itu beberapa penyakit tertentu bisa mengakibatkan kondisi serupa.

Meskipun kulit kering sifatnya hanya sementara dan tidak terlalu berbahaya, namun kondisi seperti ini mesti mendapatkan perhatian serius. Sebab, kalau kulit kering yang dialami menjadi semakin parah maka Anda perlu berobat ke dokter kulit.

Cara mengatasi kulit kering yang paling ampuh adalah dengan mencegahnya. Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait