8 Jenis Ikan Koi yang Bisa Dirawat di Rumah Beserta Daftar Harganya

Image title
4 Januari 2022, 09:35
Salah satu jenis ikan koi yang paling banyak ditemukan di pasar dengan beragam harga.
Unsplash/Jason Leung
Salah satu jenis ikan koi yang paling banyak ditemukan di pasar dengan beragam harga.

Memelihara ikan koi bisa menjadi hobi baru yang menyenangkan dan menenangkan pikiran saat merawat dan melihatnya. Ikan koi masuk dalam kategori yang sejenis dengan ikan badut hingga ikan berta.

Adapun ikan koi sendiri jenisnya juga amat beragam. Dari macam-macam ikan koi, setiap jenisnya menggunakan nama-nama dalam istilah Jepang. Konon karena ikan ini pada mulanya memang populer di sana.

Padahal, faktanya ikan koi tidak berasal dari Jepang. Telah di temukan sebuah buku kuno yang membahas tentang sejarah ikan koi, dan ini menjadi temuan arkeologis bahwa koi justru berasal dari daratan Cina.

Habitat asli ikan koi terletak di perairan tawar Cina. Oleh karenanya dapat diambil kesimpulan selama ini masyarakat telah salah kaprah menganggap koi sebagai jenis ikan yang berasal dari Jepang. Meski nama ikan koi diambil dari bahasa Jepang

Adapun nama-nama ikan koi pada umumnya sengaja dirancang dengan teknik fusion yang merupakan kombinasi dari dua nama indukannya. Untuk harganya sendiri, masing-masing membawa nominal berbeda dari jenis-jenis Ikan Koi ini. Berikut adalah beragam jenis ikan koi yang dilansir dari situs jual beli, Jualikankoi.co.id:

1. Koi Taisho Sanke

Jenis ikan koi yang pertama adalah Koi Taisho Sanke. Pada jenis taisho sanke ini lebih mengandalkan cantiknya corak hitam yang di milikinya pada bagian atas. Adapun ketiga warna yang dimiliki pada jenis ini adalah hitam, merah dan hitam kombinasi. Ciri-ciri dari jenis koi ini mudah di temukan. Hal itu karena taisho sanke sendiri sangat mudah untuk dipijahkan. Untuk membeli satu ekornya, harus menyiapkan kocek Rp300.000.

2. Koi Kawarimono

Jenis ikan koi kedua yang cukup banyak dicari di pasaran adalah Koi Kawarimono, yang merupakan spesies hibrid atau persilangan. Ciri-cirinya mempunyai warna tubuh yang malah aneh, tidak seperti Koi pada umumnya.

Berbeda pada jenis ikan koi yang sering ditemukan di pasaran, Koi yang satu ini tidak memiliki warna tubuh merah khas Koi. Akan tetapi warna tubuhnya justru warna-warna lain seperti ungu polos, hijau polos, biru polos, coklat polos dan lain sebagainya. Kisaran harga yang di tawarkan juga lebih murah dari jenis yang sebelumnya telah di bahas yakni hanya Rp200.000 per ekor.

3. Koi Goromo

Varian ikan Koi Goromo memiliki nama lain yang eksentreik yaitu Koromo. Ikan ini merupakan hasil persilangan antara jenis koi Kohaku dengan jenis Asagi. Pada bagian atas tubuhnya terdapat corak bulatan-bulatan hitam keunguan bagaikan buah anggur. Ciri-ciri ikan Koi Goromo memiliki 4 varian warna corak, yaitu: indigo, ungu, biru dan hitam. Harga Ikan Koi jenis Koromo atau goromo mencapai Rp400.000 setiap ekor.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...