5 Manfaat Ikan Gabus untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Berikut lima manfaat ikan gabus untuk kesehatan badan yang bisa diolah dalam berbagai makanan dari sayur hingga abon.
Image title
4 Januari 2022, 15:35
Ilustrasi lima manfaat ikan gabus untuk kesehatan badan yang bisa diolah dalam berbagai makanan dari sayur hingga abon.
Shutterstock
Ilustrasi lima manfaat ikan gabus untuk kesehatan badan yang bisa diolah dalam berbagai makanan dari sayur hingga abon.

Apabila Anda hendak memasak makanan bagi keluarga, tak ada salahnya untuk menjadikan ikan gabus sebagai pilihan menu. Karena dengan rutin mengonsumsi ikan gabus menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan protein setiap hari.

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang umum dijumpai di Indonesia. Penampilannya memang agak menyeramkan, tapi jangan ragukan kandungan gizi dari ikan gabus yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Aneka Kandungan Nutrisi dalam Ikan Gabus

Keberadaan ikan gabus di Indonesia sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Pasalnya, ikan gabus termasuk spesies ikan air tawar yang sebagian besar bisa ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Spesies ikan dengan nama Latin Channa striata dikenal sebagai ikan predator yang memangsa ikan, serangga, dan hewan air kecil di habitat aslinya. Di Indonesia, ikan gabus juga dikenal dengan berbagai sebutan, seperti bocek, aruan/haruan, kutuk, kabos, dan lain-lain.

Advertisement

Bila diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, ikan gabus disebut dengan istilah snakehead. Hal ini didasari oleh ikan gabus yang memiliki bentuk kepala yang mirip ular, tubuh memanjang, dan warna yang gelap.

Manfaat ikan gabus sendiri sangat beragam. Hal itu didukung dengan kandungan nutrisi. Sebagaimana yang dilansir oleh Hellosehat.com, bahwa ikan gabus setiap 100 gramnya mengandung gizi, antara lain:

  • Tembaga: 0,3 miligram
  • Seng: 0,4 miligram
  • Retinol (Vit. A): 335 mikrogram
  • Thiamin (Vit. B1): 0,4 miligram
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,2 miligram
  • Niacin (Vit. B3): 0,1 miligram
  • Air: 79,6 gram
  • Kalori: 80 kkal
  • Protein: 16,2 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 2,6 gram
  • Serat: 0,0 gram
  • Kalsium: 170 miligram
  • Fosfor: 139 milligram
  • Zat besi: 0,1 miligram
  • Natrium: 65 miligram
  • Kalium: 254 miligram

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Badan

Manfaat ikan gabus bisa didapatkan karena kekayaan kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan yang terdapat jenis ikan air tawar lain, seperti ikan lele, ikan mas, atau ikan nila. Bahkan kadar proteinnya bisa menyaingi sumber protein hewani lain, seperti daging sapi, ayam, atau telur.

Ikan gabus memiliki kandungan protein sekitar 25,5%. Jumlah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan mas (16%), ikan bandeng (20%), ikan kakap (20%), atau ikan sarden (21,1%).

Berikut manfaat ikan gabus yang dilansir dari situs Klikdokter.com:

1. Membantu Keseimbangan Cairan Tubuh

Manfaat ikan gabus yang pertama adalah untuk mejaga keseimbangan tubuh. Hal itu disebabkan oleh ikan gabus memiliki kandungan protein tinggi, terlebih kandungan albuminnya. Albumin berperan untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Kondisi orang yang mengalami kekurangan albumin adalah asites atau berlebihnya cairan di rongga perut, seperti pada pasien gangguan hati.

2. Menjaga Metabolisme Pencernaan

Dalam setiap daging ikan gabus, terdapat kandungan struktur daging yang lebih mudah dicerna dibandingkan sumber protein lain seperti daging. Oleh karena itu, makan ikan gabus tidak akan memperberat proses pencernaan.

Ikan gabus hanya memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging, yaitu sekitar 3-5% dari total kandungan protein kolagen.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka di Kulit

Manfaat ikan gabus untuk penyembuhan luka sudah dikenal sejak lama. Pasalnya, untuk mempercepat penyembuhan luka, diperlukan kadar albumin yang cukup pada tubuh. Kadar albumin pada daging ikan gabus cukup tinggi, sehingga membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

4. Menjaga Gizi Badan

Manfaat ikan gabus lainnya dapat memperbaiki kondisi gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak-anak, maupun ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh kekurangan albumin dalam tubuh (hipoalbuminemia) yang menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Oleh karenanya, salah satu risiko apabila tubuh kekurangan albumin adalah malnutrisi atau gangguan gizi, terutama pada bayi dan anak-anak. Nah, konsumsi ikan gabus secara rutin bisa memperbaiki gangguan ini.

5. Merawat Kesehatan Pencernaan

Tekstur daging ikan gabus yang empuk, baik untuk sistem pencernaan Anda. Dagingnya mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan gabus hanya memiliki sekitar 3-5% dari total kandungan protein kolagen.

Demikian lima manfaat ikan gabus untuk kesehatan badan. Ikan ini bisa dijadikan berbagai produk olahan, seperti abon, nugget, otak-otak, dan hidangan lainnya.

Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam mengolah atau memasaknya agar kandungan nutrisi dalam ikan gabus tetap terjaga. Perlu teknik pemasakan yang tepat guna menjaga gizi di dalamya tidak terbuang sia-sia.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait