Tips dan Cara Membuat Seblak untuk Pemula

Image title
6 Januari 2022, 17:14
Tampilan seblak ceker, salah satu kreasi cara membuat seblak
soses.pasuruankab.go.id
Tampilan seblak ceker, salah satu kreasi cara membuat seblak

Siapa yang tidak mengenal seblak, makanan khas dari Bandung yang memiliki cita rasa pedas. Selain enak, seblak juga biasanya dijual dengan harga cukup murah. Oleh karena itu makanan ini sangat populer di berbagai daerah, terutama di Jawa Barat.

Cara membuat seblak bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah untuk didapatkan. Namun, ketika memasaknya seseorang perlu memikirkan takaran bumbu serta penggunaan bahan lainnya yang sesuai agar menciptakan rasa lezat.

Meski makanan khas ini berasal dari Bandung, seblak sudah populer di sejumlah daerah dan menjadi jajanan kekinian yang bisa disantap di pinggir jalan. Salah satu keunikan seblak adalah rasa pedasnya yang bisa meningkatkan selera makan seseorang. Hal ini pun menjadi alasan mengapa banyak orang mencari cara membuat seblak dengan berselancar di internet.

Apabila Anda tertarik dengan seblak dan ingin tahu cara membuat seblak, maka simak artikel ini hingga tuntas. Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut kumpulan resep seblak yang bisa Anda coba masak di rumah.

Sekilas Tentang Seblak

Dilansir dari Makanan Indonesia, seblak merupakan makanan khas dari Bandung yang mulai populer sejak tahun 2000-an. Kata seblak diketahui berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti “terhenyak”. Seblak bisa juga disebut sebagai masakan yang berbahan dasar kerupuk mentah, kemudian dimasak memakai bumbu tertentu.

Dalam buku bertajuk Kumpulan Resep Hits di Instagram: 100 + Resep Andalan Dapur Bunda Nina, seblak adalah makanan khas Bandung yang berbahan dasar kerupuk aci. Ciri khas seblak terletak pada aroma kencur yang bisa menggugah selera makan seseorang dan memiliki rasa super pedas.

Tidak diketahui secara pasti siapa orang yang pertama kali membuat seblak. Meski begitu, sebagaimana dikutip dari Ayobandung.com, makanan seblak sudah menjadi jajanan hits pada era 2000-an. Seiring berjalannya waktu, bahan dasar seblak yang sebelumnya hanya kerupuk basah saat ini mulai dikolaborasikan dengan beragam toping seperti telur, macaroni, batagor, mie, kwetiau, sayuran, tulang, dan sebagainya.

Seblak bisa dibuat dengan mudah di rumah. Satu hal yang mesti Anda ketahui sebelum membuatnya, yaitu memahami bagaimana takaran bumbu yang harus digunakan. Seperti penjelasan di atas, makanan seblak identik dengan aroma khasnya serta cita rasa pedas.

Tips dan Cara Membuat Seblak yang Mudah untuk Pemula

Membuat seblak sendiri di rumah akan menjadi pengalaman menarik yang pernah Anda lakukan. Selain itu, Anda bisa memasaknya sesuai dengan selera.

Mengutip dari Selerasa.com, berikut sejumlah tips dan cara membuat seblak untuk pemula.

Jangan Takut Berinovasi

Bahan dasar seblak adalah kerupuk aci yang dimasak dan dipadukan dengan bumbu tertentu. Anda bisa memulai memasukan beragam bahan lainnya sebagai toping. Misalnya mengkombinasikan dengan kwetiau, tahu kering, batagor, aneka jenis kerupuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...