9 Penyebab Sariawan yang Patut Diwaspadai

Image title
7 Januari 2022, 10:58
Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit gigi dan menjadi salah satu penyebab sariawan
shironosov/iStockphoto
Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit gigi dan menjadi salah satu penyebab sariawan

Sariawan menjadi salah satu penyakit yang cukup sering dialami masyarakat. Hampir setiap orang telah mengalami penyakit di bagian mulut tersebut. Sariawan merupakan luka terbuka yang muncul di sekitar jaringan lunak dalam mulut, seperti lidah, gusi, pipi, dan langit-langit mulut.

Jika diamati, sariawan memiliki bentuk bulat atau oval. Bagian tengahnya biasanya berwarna keputihan atau kekuningan, sementara tepiannya berwarna kemerahan. Walaupun tidak menular, rasa sakitnya bisa membuat Anda sulit makan dan berbicara.

Letak sariawan sendiri bisa di beberapa lokasi di bagian tubuh secara sekaligus. Namun yang perlu menjadi catatan bahwa sariawan tidak serupa dengan herpes mulut, sariawan bukanlah penyakit yang menular dan cenderung mudah diobati.

Umumnya pengalaman sariawan muncul akibat lidah dan pipi yang tidak sengaja tergigit. Namun, ternyata ada banyak hal lain yang tanpa disadari dapat menyebabkan sariawan. 

Agar tidak mengalami sariawan, ada hal yang harus diperhatikan dan dihindari. Berikut rangkumannya yang dilansir dari situs informasi kesehatan Hellosehat.com:

1. Muncul Sariawan Setelah Pemasangan Kawat Gigi

Penyebab sariawan bisa terjadi setelah tindakan pemasangan gigi. Prosedur medis pemasangan kawat gigi menimbulkan efek samping dan sariawan salah satu dampaknya. Umumnya dampak ini akan muncul di minggu awal pemakaian atau setelah kawat gigi dikencangkan.

Efek samping ini muncul akibat terjadinya gesekan antar kawat atau bracket dengan sisi dalam pipi, gusi, lidah, atau bibir dapat menyebabkan luka. Luka inilah yang menjadi penyebab sariawan.

Rasa sakit sariawan akibat pemasangan kawat gigi dapat dikurangi dengan berkumur air dingin. Mengompreskan es batu di bagian mulut yang bermasalah juga dapat mengurangi nyeri dan peradangan di mulut.

2. Mulut Kering

Kondisi mulut kering ternyata tidak hanya menimbulkan napas bau, namun juga bisa jadi penyebab  sariawan. Karena bakteri dan kuman akan lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang di sana. Pertumbuhan bakteri dan kuman yang tidak terkendali membuat lebih rentan mengalami peradangan atau infeksi di mulut.

Supaya mulut tidak menjadi kering, Anda harus memperbanyak minum air putih setiap hari. Tidak ada takaran pasti seberapa banyak asupan air yang harus diminum. Pada prinsipnya, minumlah setiap kali Anda merasa haus.

3. Terlalu Keras Saat Menyikat Gigi

Jangan terlalu keras saat menyikat gigi! Karena semakin keras malah dapat menyebabkan gusi dan jaringan lunak di dalam mulut terluka hingga mungin berdarah. Hal ini lah yang menjadi penyebab Anda sering mengalami sariawan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...