5 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Image title
7 Januari 2022, 13:06
Ilustrasi orang yang sedang melakukan cara meredakan sakit gigi dengan bantuan dokter
Pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustrasi orang yang sedang melakukan cara meredakan sakit gigi dengan bantuan dokter

Pernahkah anda tiba-tiba merasakan sakit gigi? Tentu saat merasakan hal tersebut sangat tidak menyenangkan terutama di saat menjalankan aktivitas penting sehingga dapat mengganggu fokus yang sedang dituju.

Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan langsung berobat ke ke dokter gigi. Dokter biasanya akan memberikan obat pereda nyeri ketika gigi Anda bermasalah dan menyarankan untuk kembali lagi di lain waktu ketika rasa nyeri mereda.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, gigi mau tumbuh, atau perikonitis (peradangan jaringan gusi pada gigi geraham). Namun apa pun penyebabnya, ngilu yang dirasakan biasanya tidak hanya membuat susah makan dan minum namun juga sampai merambat ke kepala. Bahkan tak jarang, sakit gigi juga membuat orang tidak bisa tidur akibat sakit berkepanjangan.

Cara Meredakan Sakit Gigi

Cara-cara ini cukup tradisional dan dapat dilakukan sebagai alternatif saat sebelum pergi ke dokter:

1. Mengobati Sakit Gigi dengan Garam

Cara ini bisa menjadi langkah pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter gigi. Berkumur dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara gigi. Sementara larutan garam dapat menaikan keseimbangan PH dalam mulut. Selain itu, menciptakan lingkungan beralkaline yang membuat bakteri susah untuk hidup.

Sejatinya, keberadaan bakteri hanya bisa eksis dan berkembang biak di dalam kondisi lingkungan yang penuh asam dan juga lembap. Pada saat mulut kering, produksi air liur menjadi lebih sedikit, padahal air liur berfungsi untuk menetralisasi keseimbangan PH di dalam mulut.

Adapun cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda. Selain itu, cara mengobati sakit gigi tradisional ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka di area mulut

2. Mengobati Sakit Gigi dengan Cengkeh

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari Journal of Dentistry mengungkapkan bahwa ada 78-95% senyawa eugenol dalam cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Dokter gigi juga menggunakan perawatan eugenol untuk meredakan nyeri pada gigi atau gusi.

Untuk mendapat khasiat dari cengkeh sebagai salah satu cara meredakan sakit gigi secara almi juga beragam. Ada yang menyarankan menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat. Ada pula yang menyarankan pakai bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan ditempel pada gigi yang sakit.

Meski berkhasiat, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Seperti jangan samapi cengkeh mengenai mata karena dapat menyebabkan iritasi dan juga waspadai dari risiko sesak napas dan pendarahan yang dapat timbul setelah mengonsumsinya sebagai obat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...